Ikuti Jejak Apple, Xiaomi Mi 11 Tidak Dibekali Charger!

Kotak Xiaomi Mi 11
Kotak Xiaomi Mi 11 (GSMArena)

JAVASTECH.COM –¬†Seperti yang kita tahu bahwa Apple menjadi salah satu smartphone yang trend-nya telah diikuti oleh beberapa vendor. Beberapanya ada dari smartphone berbahan metal dan penghilangan port 3.5mm headphone jack.

Pada saat peluncuran iPhone 12 bulan Oktober lalu Apple sempat membuat heboh banyak orang karena pada paket penjualan pihaknya tidak memberikan adapter charger. Alasan ditiadakan adapter charger adalah untuk mengurangi limbah elektronik. Meskipun kebijakan ini tidak disukai banyak orang nampaknya hal tersebut tidak begitu dipertimbangkan untuk ke depannya. Karena baru-baru ini ada salah satu brand yang mulai mengikuti trend ini, yaitu Xiaomi.

Benar sekali, melalui akun Weibo CEO Xiaomi yaitu Lei Jun mengonfirmasi bahwa adapter charger akan dihilangkan pada paket penjualan Mi 11 yang bakal diluncurkan pada Desember ini

Akun Weibo CEO Xiaomi Soal Mi 11
Pernyataan CEO Xiaomi Soal Hilangnya Adapter Charger Mi 11 (Weibo/Lei Jun)

“Kami telah membuat sebuah keputusan penting dimana untuk menjaga lingkungan terutama untuk teknologi, kami tidak menghadirkan charger di Xiaomi Mi 11,” tulis Lei Jun di akun Weibo miliknya.

Selain membuat tulisan, Lei Jun juga memperlihatkan tampilan kotak Xiaomi Mi 11 yang terlihat tipis dan minimalis. Hanya ada angka 11, logo Xiaomi dan tulisan kecil dibawah kotak. Ukuran dan tampilan kotak ini sudah sudah sama persis seperti kotak iPhone 12.

Kotak Xiaomi Mi 11
Kotak Xiaomi Mi 11 (GSMArena)

Walau membuat keputusan seperti itu, Xiaomi tetap yakin jika penghilangan adapter charger tidak akan membuat pengguna merasa dirugikan. Karena beranggapan bahwa oran-orang tentu sudah memiliki adapter charger sendiri dan tentunya Xiaomi bisa mengajak para pengguna setianya untuk turut mengurangi limbak elektronik.

“Sekarang banyak orang yang memiliki charger, dimana itu merupakan masalah bagi banyak orang terutama untuk lingkungan. Kami mengetahui bahwa keputusan ini tidak bisa dipahami dan memunculkan banyak komplain. Tapi apakah ada cara lain untuk menjaga lingkungan selain hal ini?” lanjutnya CEO Xiaomi.

error: Salin konten dilarang