Bantu saudara kita yang terkena dampak bencana alam NTT dengan berdonasi

WWDC21 Segera Diselenggarakan Apple Pada 7 Juni Mendatang Secara Online

WWDC21
Worldwide Developer Conference (9to5Mac via Apple)

JAVASTECH.COM – Event WWDC21 atau Worldwide Developers Conference 2021 bakal diselenggarakan tahun ini. Apple sendiri pun sudah mengumumkan tanggal acaranya yakni pada 7-11 Juni 2021.

Seperti tahun sebelumnya, acara ini bakal diselenggarakan secara online karena mengingat kondisi pandemi yang belum menunujukan titik redanya. Bagi pengembang atau developer yang berminat mengikuti acara ini, maka bisa mendaftarkan dirinya tanpa dipungut biaya alias gratis.

WWDC sendiri merupakan sebuah acara dari Apple yang memberikan kesempatan kepada para pengembang untuk mempelajari teknologi, alat dan kerangka kerja baru untuk membangun sebuah aplikasi atau game yang inovatif di platform yang berbeda-beda.

“Kami senang menyatukan para pengembang kami setiap tahun di WWDC untuk mempelajari tentang teknologi terbaru kami dan menghubungkan mereka dengan para insinyur Apple,” kata Susan Prescott, selaku Vice President of Worldwide Developer Relations and Enterprise and Education Marketing, dikutip dari Apple, Kamis (30/03/2021).

WWDC biasanya dijadikan oleh Apple sebagai ajang untuk memamerkan sistem operasi terbarunya. Apalagi isunya akan muncul kehadiran iOS 15, macOS 12 dan watchOS 8. Tentu pada event kali ini akan difokuskan mengenai pengumuman sistem operasi tersebut.

Kemudian Apple juga terkadang memberikan kejutan berupa perangkat terbaru pada event WWDC. Contohnya pada WWDC 2020, Apple mengumumkan chipset Apple M1 untuk menggantikan chipset Intel yang selama ini mereka gunakan untuk perangkat Mac. Serta di WWDC 2019, mereka mengumumkan laptop baru yaitu Macbook Pro.

Lalu bagaimana dengan tahun ini? Rumor yang beredar menyebutkan, akan ada perangkat baru dari Apple namun bakal diumumkan sebelum gelaran WWDC21 yaitu iPad yang akan rilis pada April ini.

Selain Apple mengundang para developer professional di WWDC21, pihaknya juga mengundang para developer muda yang masih belajar untuk bergabung di “Swift Student Challenge”.

Disini para developer muda diberikan sebuah tantangan untuk membuat wadah interaktif dalam waktu 3 menit di Swfit Playgrounds yang merupakan aplikasi untuk iPad dan Mac untuk belajar pemrograman Swift. Para peserta bisa mengirimkan hasilnya mulai 18 April dan jika menang akan mendapatkan hadiah eksklusif WWDC21.