Windows 11 Resmi Rilis dengan Tampilan Fresh! Kapan Pengguna Bisa Download?

JAVASTECH.COM –¬†Perusahaan teknologi ternama, yaitu Microsoft akhirnya telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru mereka yaitu Windows 11 melalui Microsoft Event pada Kamis, (24/06/2021).

Lewat blog resminya, Microsoft mengatakan bahwa Windows 11 mulai rilis pada musim liburan tahun ini atau sekitar bulan November atau Desember yang bakal berlanjut hingga 2022 mendatang.

Untuk jadwal perilisannya sendiri belum diungkap secara lengkapnya. Lalu pertanyaannya adalah kapan Windows teranyar ini bisa di download oleh pengguna? Bagi pengguna Windows yang ikut dalam program Windows Insider akan kebagian Windows 11 pada awal pekan depan. Namun, mereka yang diberi kesempatan ini khusus untuk keperluan pengujian dan feedback.

Ketika Microsoft sudah merilis versi matangnya, maka Windows 11 bisa diunduh oleh pemilik lisensi Windows 10 secara gratis.

Agar Windows 11 bisa dijalankan pada perangkat komputer atau laptop, maka harus memenuhi spesifikasi minimal dengan prosesor dual atau multi-core berkecepatan 1 Ghz, RAM 4 GB, penyimpanan 64 GB (SSD/HDD), pengolah grafis yang sudah support dengan DirectX 12.

PC Health Check
PC Health Check (Windows Blog)

Soal kecocokan Windows 11 dengan PC yang digunakan, maka pengguna bisa cek lewat aplikasi “PC Health Check” yang bisa diunduh melalui situs Microsoft atau dengan klik disini.

Untuk ringkasan mengenai Windows 11, sistem operasi tersebut kini memiliki tampilan yang lebih fresh dan terkesan lebih user friendly dibandingkan sebelumnya. Fitur-fiturnya juga kini lebih lengkap khususnya untuk menunjang produktivitas seperti fitur snap layout, Microsoft Teams terintegrasi, jendela tugas, widgets, voice commands dan lainnya lagi.

Lalu perubahan yang paling menonjol dari Windows 11 ini adalah bagian menu Start beserta aplikasi yang di pin. Generasi sebelumnya, kedua elemen ini berada disebelah kiri taskbar dan kini sudah diperbarui dengan posisinya berada ditengah seperti dock milik MacOS.

Untuk tampilan sistemnya seperti jam, baterai untuk laptop, tanggal, koneksi posisinya masih sama disebelah kanan taskbar. Tak hanya itu saja, jika diperhatikan kini tampilan sudut dari Windows 11 sudah dibuat membulat agar tidak terkesan kaku seperti Windows 10.

Ilustrasi Tampilan Windows 11
Ilustrasi Tampilan Windows 11 (Screenshot)

Tak ketinggalan, Microsoft Store kini juga sudah dirombak pada Windows 11 dengan tampilan yang lebih rapih, tersusun serta nyaman untuk dilihat berlama-lama. Apalagi kini ditoko aplikasi tersebut sudah tersedia aplikasi Android yang bisa di install secara langsung tanpa memerlukan emulator.

Masih soal tampilan, kini Windows 11 memiliki tema-tema baru yang bisa dipilih oleh pengguna. Namun, untuk tema utamanya yang menonjol adalah tema teran dengan antarmuka transparan sehingga tampilannya lebih bersih.

error: Salin konten dilarang