Windows 10 Ternyata Bisa Beroperasi di MacBook dengan Prosesor Apple M1

MacBook Apple M1
Chipset Apple M1 Pada MacBook Pro 13 inci (MacRumors)

JAVASTECH.COM – Di bulan November lalu, Apple kembali menggelar event yang mengenai peluncuran MacBook terbaru mereka. MacBook tersebut dibekali dengan prosesor Apple M1 berbasis ARM. Berkat hadirnya prosesor terbaru mereka, alhasil perubahan besar terjadi pada segi performa dan daya tahan pada perangkat MacBook terbaru itu.

Namun, ada sebuah pertanyaan yang sebenarnya cukup menjadi perbincangan hangat. Apakah perangkat MacBook yang dibekali dengan prosesor Apple M1 dapat mengoperasikan sistem operasi Windows 10? Karena seperti yang diketahui bahwa sistem operasi Windows dirancang untuk beroperasi dichipset x86. Sementara Apple M1 adalah prosesor yang berbasis ARM.

Apple MacBook Pro 2020
Tampilan MacBook Pro 13 Inci 2020 (TechRadar)

Dan ternyata penggunaan prosesor Apple M1 yang berbasis ARM tidak menutup kemungkinan untuk dapat mengoperasikan sistem operasi Windows diperangkat MacBook terbaru tahun ini. Hal ini terjawab oleh seorang developer bernama Alexander Graf yang berhasil membuktikan dengan menjalankan sistem operasi Windows 10 di MacBook miliknya.

Melalui akun Twitter pribadinya, Alexander Graf memperlihatkan tampilan sistem operasi Windows 10 yang berjalan di MacBook miliknya dengan bantuan software emulator QEMU yang sudah dimodifikasi.

“Siapa yang bilang Windows tidak bisa berjalan dengan baik di Apple Silicon?”  katanya Alexander Graf sambil memperlihatkan Windows 10 berjalan di MacBook dengan prosesor Apple M1

Diketahui bahwa Graf menggunakan Windows 10 Insider Preview versi ARM yang biasanya digunakan pada perangkat Surface milik Microsoft. Alhasil performa dari perangkat MacBook yang dioperasikan dengan Windows 10 lebih kencang 60 sampai 80 persen ketimbang perangkat Surface Pro X.