WhatsApp Siap Rilis Fitur Baru “Sembunyikan Status Online” dan 2 Fitur Lainnya

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Aplikasi perpesanan yang populer digunakan oleh masyarakat, yaitu WhatsApp, terus menawarkan fitur-fitur terbaru untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Kali ini ada tiga fitur utama, kemampuan untuk menyembunyikan status online Anda, menyimpan pesan atau kept messages, dan komunitas WhatsApp atau WhatsApp Community.

Sayangnya, ketiga fitur tersebut masih dalam tahap uji coba oleh pengembang, sehingga belum diketahui kapan fitur tersebut akan meluncur ke platform publik WhatsApp.

Fitur pertama yang dikembangkan WhatsApp adalah memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status online mereka.

Disebut Stealth Mode, fitur ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh pengguna WhatsApp. Mode Stealth memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp tanpa mengetahui kontak WhatsApp lainnya sedang online.

Fitur ini saat ini sedang diuji di aplikasi WhatsApp Beta. Setelah diluncurkan nanti, pengguna dapat menggunakan fitur ini dengan mengaturnya di menu ‘Last Seen & Online’ dan opsi ‘Privasi’ di bawah ‘Pengaturan’.

Berita tentang pengujian fitur ini dilaporkan oleh WABetaInfo, yang mengindikasikan bahwa proses pengujian mode stealth telah dilakukan untuk memungkinkan lebih banyak orang mencobanya.

Di masa lalu, platform tersebut sering menerima keluhan dan protes dari pengguna yang tidak dapat mengakses WhatsApp tanpa mengetahui orang lain sedang online.

Cara Sembunyikan Status Online WhatsApp
Cara Sembunyikan Status Online WhatsApp. (WhatsApp)

“Kept Messages” yang Akan Dihapus

Fitur menarik lainnya yang diluncurkan oleh aplikasi milik Meta ini adalah kemampuan pengguna untuk menyimpan pesan yang akan dihapus.

Sebelumnya, WhatsApp memiliki fitur penyembunyian pesan yang memungkinkan pengguna mengirim pesan yang hanya bisa dilihat dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mengirim pesan seperti itu, pengguna memilih dari “Pengaturan”, pilih “Akun”, dan klik “Privasi” Dari sana, Anda akan melihat menu dengan opsi pesan yang menghilang atau disebut Dissapering Messages.

Setelah mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat memilih lama waktu yang diinginkan agar pesan menghilang, seperti 1 hari, 1 minggu, hingga 3 bulan.

Fitur penyimpanan pesan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan pesan mereka dan mencegahnya menghilang.

Pesan-pesan tersebut kemudian disimpan dalam Pesan Tersimpan atau Kept Messages. Namun, jika pengguna menghapus pesan dari Penangguhan, pesan tersebut tidak akan dipulihkan.

Fitur ini masih dalam pengembangan untuk pengujian di aplikasi WhatsApp Beta dan belum diketahui kapan akan dirilis.

WhatsApp Community atau Komunitas WhatsApp

Komunitas WhatsApp adalah grup besar yang berisi ruang obrolan grup. Jadi fitur ini seperti grup dalam grup.

Fitur ini telah dikembangkan sejak awal tahun ini. Komunitas dapat memiliki beberapa ruang obrolan grup kecil di platform.

Saat fitur ini diluncurkan, akan lebih mudah jika seseorang ingin mengirim pesan ke beberapa grup. Fitur Komunitas memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke beberapa grup secara bersamaan.

Komunitas memiliki tampilan daftar ruang percakapan yang lebih terorganisir karena fitur ini memungkinkan Anda mengaturnya di kolom komunitas, karena tidak banyak tampilan ruang obrolan grup di halaman utama WhatsApp.

Pengamat WABetaInfo mengatakan komunitas WhatsApp adalah domain privasi di mana admin grup dapat mengontrol beberapa grup di WhatsApp.

“Ini seperti obrolan grup di mana admin grup dapat menautkan ke grup lain di komunitas,” tambah WABetaInfo.

Peluncuran fitur ini akan membantu pengguna yang nantinya perlu membuat beberapa grup berbeda untuk bekerja atau sekolah.

Pengguna dapat memposting pengumuman dalam satu pesan dan mengirimkannya ke beberapa grup dalam komunitas.

You May Also Like

About the Author: Shelma Nissa Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.