WhatsApp Rilis Fitur “View Once”, Foto dan Video Hilang dalam Sekali Lihat

Fitur View Once di WhatsApp
Fitur View Once di WhatsApp (WhatsApp)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM –¬†Setelah sempat merilis fitur Archived Chat yang diperbarui, kini WhatsApp kembali menghadirkan fitur terbaru yang bernama “View Once”.

Fitur ini sebelumnya sudah hadir lebih dahulu untuk pengguna WhatsApp versi beta. Kini, fitur View Once bakal digulirkan oleh WhatsApp untuk seluruh pengguna pada pekan ini. Pengumuman ini seperti yang tertulis pada blog resmi mereka.

Apa kegunaan fitur ini? Dengan adanya fitur ini maka pengirim bisa memanfaatkannya untuk mengirim foto atau video yang bersifat sensitif namun untuk sekali baca saja.

Alhasil, jika file media tersebut sudah dibuka oleh penerima, maka penerima tidak bisa melihatnya lagi alias menghilang dari ruang obrolan. File yang sudah dibuka oleh penerima, akan menampilkan keterangan “dibuka”.

File Hilang Setelah Dibuka
File Hilang Setelah Dibuka (WABetaInfo)

Fitur ini berguna sekali untuk mencegah terjadinya penyebaran informasi sensitif yang lebih luas lagi. Terlepas dari fitur tersebut, kita tetap perlu waspada karena pengirim bisa saja melakukan rekaman riwayat dengan cara screenshot (tangkapan layar).

Jika berbicara mengenai keamanan, apakah pengirim mendapatkan pemberitahuan jika penerima melakukan screenshot?

Ketika Java’sTech mencoba melakukan screenshot terhadap file sekali baca ini, hasilnya tidak ada pemberitahuan apapun dari aplikasi WhatsApp.

Berbeda dengan fitur “View Once” versi Instagram. Jika penerima melakukan screenshot, maka pengirim diberi notifikasi bahwa file yang dikirim telah di screenshot.

Mengenai hal tersebut, WhatsApp mengklaim jika foto dan video yang dikirim dengan fitur View Once, juga dilindungi dengan end-to-end encryption. Perlindungan ini sama seperti untuk pesan teks.

Fitur sekali lihat ini, bisa digunakan untuk chat pribadi dan chat grup. Untuk dibagian grup, maka pengirim bisa melihat siapa saja yang sudah membuka, baru melihat atau menerima foto dan video.

Lalu bagaimana jika didalam grup ada kontak yang diblokir? Kontak yang terblokir dalam grup tersebut tetap dapat melihatnya namun dengan sistem sekali lihat seperti yang disetel oleh pengirim.

Fitur ini selain tersedia untuk WhatsApp versi mobile, juga tersedia untuk versi desktop. Kemudian perlu jadi catatan juga, fitur View Once ini tetap berlaku untuk pengguna yang belum melakukan pembaruan WhatsApp.

Bagi yang sudah melakukan pembaruan WhatsApp dan belum tahu cara menggunakan fitur anyar ini, berikut adalah cara menggunakan fitur View Once di WhatsApp.

  1. Pilih gambar atau video yang ingin dikirim ke lawan chat melalui tombol attachment.
  2. Ketika sudah mengambil satu file, silakan lihat sisi bawah kolom chat dimana terdapat ikon angka “1”. Silakan klik angka tersebut sampai muncul pop up “Send photos and videos more privately” (Kirim foto dan video lebih privat).
  3. File yang sudah disetel untuk sekali baca sudah bisa dikirim ke penerima.
  4. Penerima yang baru pertama kali menerima file dengan setelan “View Once”, akan diberi tahu terlebih dahulu dengan keterangan “This photo/video is set to view once” . Tetapi, keterangan ini hanya muncul sekali saja.
  5. Perlu dicatat, meskipun penerima menonatkfikan fitur “Read receipt”, maka statusnya akan tetap terlihat khusus untuk fitur View Once dengan munculnya centang ganda berwarna biru.
error: Salin konten dilarang