Privacy Update, WhatsApp Larang Screenshot dan Record Untuk Fitur “View Once” di iPhone

4.6/5 - (16 votes)

JAVASTECH.COM – Pengguna iPhone tidak akan lagi dapat menggunakan opsi “View Once” WhatsApp untuk menangkap dan merekam layar untuk konten foto dan video.

Fitur terbaru ini tersedia melalui website WABetaInfo dan masuk ke WhatsApp Beta untuk pengujian.

Kabar tersebut juga dibagikan melalui akun Twitter WABetaInfo terkait pembaruan versi WhatsApp untuk perangkat iPhone iOS.

Opsi View Once pada platform WhatsApp memungkinkan pengguna mengirim gambar dan video yang akan hilang saat dibuka atau diputar sekali.

Fitur ini dulunya milik platform media sosial lain seperti Snapchat dan Instagram. Ini menunjukkan bahwa platform WhatsApp ingin mengambil langkah yang lebih serius untuk mengembangkan fungsionalitas View Once.

“Ketika seseorang mencoba untuk menangkap atau merekam layar, fitur ini akan memunculkan pesan bahwa tangkapan layar diblokir untuk tambahan privasi.” Demikian kutipan dari The Sun, pada Jumat (/7/10/2022).

Salah satu tujuan dari fitur ini adalah untuk mendukung privasi pengguna ketika pengguna ingin mengirim gambar yang hanya dapat dilihat satu kali.

Larangan WhatsApp sendiri dirancang untuk mencegah bocornya data pengirim foto akibat aktivitas screenshot penerima pesan.

“Meskipun tidak mungkin untuk meneruskan, mengekspor, atau menyimpan, melihat sekali gambar dan video tersebut, orang mungkin masih menggunakan perangkat seluler sekunder untuk mendapatkan pesan ini,” kata WhatsApp.

“Sehingga Anda harus selalu berhati-hati saat mengirim tampilan gambar atau video melalui fitur View Once” tutupnya.

WhatsApp kini memperkenalkan peraturan baru berupa larangan mengambil tangkapan layar konten obrolan, dan akun pelanggar dapat diblokir jika ditemukan.

WhatsApp Memblokir Fitur Screenshot Pada Fitur View Once
WhatsApp Memblokir Fitur Screenshot dan Record Pada Fitur View Once di iPhone. (WhatsApp)

Fitur ini tersedia untuk pengguna dengan WhatsApp versi beta 22.21.0.71. Namun, belum ada kabar lebih lanjut mengenai pengenalan fitur ini ke aplikasi WhatsApp umum.

Platform yang disponsori oleh META ini telah merilis opsi “View Once” sejak tahun lalu. Beberapa pengguna mungkin ingin melihatnya beberapa kali atau mengirimkan konten yang tidak ingin mereka simpan.

“Itulah mengapa hari ini kami meluncurkan View Once untuk foto dan video yang dapat melihat dari chat setelah dibuka, memberikan penggunanya kontrol lebih terhadap privasi mereka. Contohnya, Anda mungkin mengirimkan foto dengan opsi View Once tentang pakaian yang Anda coba di toko, reaksi cepat terhadap suatu momen, atau sesuatu yang rahasia seperti kata sandi Wi-Fi,” jelas WhatsApp dalam sebuah postingan blog-nya.

View Once juga lulus untuk pengujian TestFlight sebelumnya dan sekarang tersedia untuk para pengguna platform.

Namun, ini bukan satu-satunya fitur baru di WhatsApp. Versi beta terbaru dari aplikasi ini juga menambahkan kemampuan untuk membuat polling interaktif.

WhatsApp juga baru-baru ini mengumumkan bahwa pengguna sekarang dapat membuat tautan untuk mengundang pengguna lain ke panggilan telepon, seperti Zoom dan FaceTime.

Perusahaan juga sedang mengerjakan aplikasi macOS baru berdasarkan aplikasi iPhone, yang berkat teknologi Catalyst akan memungkinkan aplikasi berjalan lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit sumber daya perangkat keras.

Aplikasi WhatsApp baru untuk Mac masih tersedia sebagai perangkat lunak beta, tetapi pengguna Windows sekarang dapat mengunduh aplikasi WhatsApp asli yang baru.

 

You May Also Like

About the Author: Shelma Nissa Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.