Tips Agar Tampilan Browser Tetap Rapi, Walau Banyak Tab Terbuka

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Setiap orang pasti memiliki kebiasaan membuka banyak tab di browser atau browser Google Chrome mereka. Saat bekerja atau belajar, pengguna biasanya membuka beberapa halaman situs web untuk berpartisipasi dalam rapat online, melakukan pencarian, dan bahkan menyelesaikan tugas.

Bergantung pada cara pengguna menggunakan Chrome, pengguna mungkin membuka beberapa tab secara bersamaan. Hal ini dapat membuat browser pengguna terlihat berantakan dan menyulitkan untuk menemukan tab tertentu.

Untungnya, Google memiliki cara untuk membersihkan tab dengan mengizinkan pengguna membuat grup dari tab. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, namun saat itu masih dalam versi beta dan dalam proses pengembangan.

Perlu diketahui, terlalu banyak situs web yang dibuka di browser pengguna dapat membingungkan dan memperlambat PC/laptop. Sebagai solusinya, Google memperkenalkan fitur Tab Grup di Chrome.

Tab Grup Chrome memecahkan masalah ini dengan mengelompokkan halaman web ke dalam grup tertentu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuka beberapa situs web dalam grup.

Cara Membuat Group Tab pada Goggle Chrome
Cara Mengelompokkan Tab di Google Chrome PC/Laptop. (Inwepo)

Untuk membuat Tab Grup, klik kanan langsung pada salah satu tab yang diperlukan. Saat opsi menu muncul, pilih “Tambahkan Tab ke Grup” atau “Add Tab to Group” dan klik “Grup Baru” atau “New Group” untuk membuat grup baru.

Pengguna juga dapat mengatur nama grup dan warna yang  diinginkan dan klik Kembali. Tab milik grup akan memiliki warna seragam yang menunjukkan bahwa mereka milik grup tempat mereka dibuat.

Tab di grup ini dapat digunakan saat pengguna ingin membuka banyak tab sekaligus, bukan membukanya satu per satu. Beberapa tab dapat dibuka dan ditutup secara bersamaan dengan mengklik kiri pada label grup di bagian atas browser.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Grup Tab di Google Chrome
Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Grup Tab di Google Chrome.

Mengklik kanan pada label grup mengungkapkan beberapa opsi untuk mengatur konten grup. Misalnya, pengguna dapat menambahkan tab kosong ke grup menggunakan menu Grup Tab Baru.

“Ungroup”, di sisi lain, menghapus label grup tanpa menutup halaman yang terbuka. Namun, jika pengguna ingin menghapus grup dan menutup halamannya, pengguna dapat memilih menu “Tutup Grup” atau “Close Group”

Bagaimana Cara Menyimpan Tab Grup?

Perhatikan bahwa label grup yang Anda buat tidak disimpan, sehingga Anda dapat melihatnya lagi setelah menutup browser. Google tidak menyediakan fungsi ini untuk menyimpan grup tab ke menu klik kanan.

Oleh karena itu, untuk mengaktifkan kemampuan menyimpan grup tab, pengguna mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka tab browser Chrome dan ketik chrome://flags di kolom pencarian.

2. Ketik “Grup Tab” di kotak pencarian bagian atas.

3. Setelah itu, pengguna akan melihat opsi “Save Tab Group”. Klik tombol di sebelah kanan kolom dan ubah ke Enable untuk mengaktifkan fitur tersebut.

4. Klik “Relauch”.

Setelah browser selesai memuat ulang halaman, pengguna dapat menyimpan grup tab dengan mengklik kanan pada label dan memilih menu Simpan Grup atau Save Group.

 

You May Also Like

About the Author: Shelma Nissa Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.