Tips Mudah Mempercepat Performa Komputer untuk Spesifikasi Rendah

0

Tips Mempercepat Performa Komputer – Komputer merupakan perangkat teknologi yang dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Perangkat ini biasa dipakai untuk menyelesaikan kegiatan administratif setiap harinya. Otomatis, profesi seperti sekretaris sangat membutuhkan peran komputer. Selain itu, banyak pekerjaan yang saat ini diselesaikan dengan menggunakan komputer atau laptop.

Mulai dari desain project, logo, dan bahkan untuk kepentingan hiburan seperti halnya gaming. Sayang sekali, kamu mungkin pernah mendapati komputer yang slow respon karena spesifikasinyang yang rendah maupun karena alasan yang lain seperti memory penuh dan banyaknya file yang tidak terpakai tersimpan di dalam perangkat ini. Malas sekali pastinya saat mendapati komputer slow respon karena pekerjaan menjadi lebih lama selesainya. Gimana nih cara mengatasinya? Mudah saja, simak yuk!

Tips Mudah Mempercepat Performa Komputer untuk Spesifikasi RendahCara Mempercepat Performa Komputer

Disini terdapat beberapa tips mudah lagi sederhana untuk mempercepat performa komputer kamu yang memiliki spesifikasi rendah. Apa saja tipsnya?

1. Manfaatkan Flashdisk

Ya, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan perangkat eksternal yang ada seperti halnya flashdisk. Alat ini biasanya kita pakai untuk menyimpan data dengan berbagai format. Selain manfaat tersebut, rupanya komputer menjadi fast respond karena disini flashdisk beralih fungsi menjadi RAM. Ini berarti masalah komputer lamban karena RAM-nya menjadi lebih cepat karena fungsi RAM yang teralihkan ke flash disk. Bagaimana caranya?

  • Siapkan flashdisk yang sudah tidak terpakai, lalu Klik Kanan > Properties.Flashdisk Properties
  • Pilih tab menu ReadyBoost kemudian pilih Use This Device. Aturlah berapa besar memory yang ingin kamu alokasikan. Setelah itu, klik OK.Menu ReadyBoost Otomatis flashdisk akan berubah fungsi menjadi RAM yang mungkin saja penyebab komputer tersebut lemot adalah karena kapasitas RAM-nya yang sedikit. Pengalaman mereka yang sudah mempraktikkannya, flashdisk yang sudah di Readyboost biasanya tidak bisa digunakan kembali. Untuk itu, pakailah flashdisk yang sudah tidak digunakan.

2. Manfaatkan Memory Cleaner Batch File

Atau kamu bisa manfaatkan Memory Cleaner Batch File untuk mengatasi masalah komputer lamban yang membuat pekerjaan selesai lebih lama. Manfaatkan memory cleaner batch file yang efektif membersihkan memori komputer kapan dan dimanapun kamu membutuhkannya. Caranya cukup praktis.

  1. Copy kode %windir%system32rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks lalu paste ke notepad.
  2. Setelah membuatnya simpan dengan nama cleaner.bat dan taruh filenya didesktop depan.Cleaner
  3. Kamu sudah bisa jalankan program tersebut bila komputer kamu dirasa sudah lamban.

3. Bersihkan File Sampah Dengan Disk Cleanup

Komputer yang kamu gunakan ternyata juga memiliki file sampah sama halnya seperti dengan Android. Untuk cara membersihkannya kamu tidak memerlukan tool tambahan karena Windows sudah menyediakannya. Ikuti langkah berikut ini.

  1. This PC > Klik Kanan Local Disk (C:) > PropertiesLocal Disk C Properties
  2. Kemudian pilih Disk Cleanup dan silakan pilih jenis file sampah yang ingin kamu hapus. Setelah itu OKDisk Cleanup
  3. Kamu juga bisa membersihkan komputer secara lebih dengan klik Clean Up System Files.

Demikian cara mempercepat komputer untuk spesifikasi rendah hari ini. Semoga dengan pembahasan ini dapat bermanfaat untuk kamu dan pastinya dapat menambah ilmu baru. Terima kasih atas kunjungannya dan nantikan update terbaru dari javastech.com!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More