Penting! Baca Tips Aman Menjelajahi Dark Web atau Deep Web

Tips Sebelum Mengakses Dark Web

Tips Aman Menjelajahi Dark Web – Mengakses situs di dark web atau deep web ternyata tidaklah semudah mengakses dari mesin pencarian. Sebab situs-situs ini bukanlah sembarang situs yang biasa kita temukan. Kemudian mengakses situs gelap ini memiliki banyak resiko yang besar yang apabila kita sampai mengaksesnya tanpa menggunakan tata cara khusus, maka dampak negatif akan menghantui kita.

Pada umumnya ia tetap dapat diakses secara online, namun perlu adanya tata cara khusus dan ketat agar keamanan diri tetap dapat terjaga. Lalu bagaimanakah caranya? Silakan simak berikut ini!

Penting! Baca Tips Aman Menjelajahi Dark Web atau Deep Web
Tips Sebelum Mengakses Dark Web

Sebelum menjelajah dark web, dibutuhkan tips-tips khusus agar kamu tetap dalam keadaan yang aman. Seperti apa tips khususnya? Simak berikut ini!

1. Tutup KameraMenutup Kamera

Didalam dark web atau deep web, sederet hacker sudah menunggu mangsanya yang lewat. Mereka secara diam-diam akan mencuri informasi pribadi kita apabila sedang berkunjung. Maka dari itulah hal sederhana namun penting untuk dilakukan adalah tutup kamera baik di PC atau HP dengan lakban hitam, mengapa tidak lakban lainnya saja?

Sebab lakban hitam lebih tebal daripada lakban pada umumnya, sehingga privasi kamu akan terjaga dan aman dari hacker-hacker yang siap untuk memangsa. Karena diteknologi yang semakin canggih, walaupun kamera dalam keadaan nonaktif ia memiliki kemungkinan dapat difungsikan untuk memata-matai kita yang sedang menggunakannya.

2. Gunakan Sistem Operasi Tails OS dari LinuxTails OS

Tidak direkomendasikan untuk menjelajahi dark web dengan PC berbasis Windows, mengapa? Karena sistem operasi Windows sangat rentan sistem keamanannya dan mudah untuk disusupi. Maka dari itu terkhusus bagi yang ingin eksplorasi dark web dengan PC, gunakan sistem operasi dari Linux, yakni Tails OS. Tails sendiri merupakan singkatan dari The Amnesic Incognito Live System, sebuah pengembangan dari sistem operasi Linux yang berfokus pada tingkat keamanan dan kerahasiaan. Kemudian sistem operasi ini sudah dipercaya dalam kerahasiaan dan keamanan, sehingga dianjurkan untuk menggunakan OS yang satu ini.

DOWNLOAD TAILS OS

3. Gunakan Browser Khusus, yakni TOR BrowserTOR Browser

Dark web tidak akan bisa diakses dengan browser biasa seperti Google Chrome, Opera atau Mozilla Firefox. Dengan TOR Browser, maka kamu bisa mengakses dark web, apa alasannya harus TOR Browser?

TOR Browser sendiri adalah browser khusus yang memang didesain untuk mengakses dark web. Berbeda dengan Mozilla Firefox atau lainnya, ia tidak melakukan direct akses ke sebuah situs, melainkan melalui banyak virtual tunnels terlebih dahulu. Selain itu, situs deep web yang diakses menggunakan sistem The Onion Router (TOR). TOR sendiri pada awalnya didesain sebagai alat komunikasi pada militer, dipergunakan untuk menjaga pesan agar tetap terenkripsi dan rahasia. Sehingga karena kelebihan itulah situs-situs yang ada di dark web menggunakan sistem tersebut.

Kemudian alasan harus menggunakan TOR Browser adalah karena ia memiliki fitur untuk menyebarkan jaringannya sendiri dengan tujuan melindungi informasi kita dengan menggunakan enkripsi AES 128-bit. Artinya, TOR mengambil alamat IP yang diberikan kepada kita oleh provider internet dan kemudian mengalihkannya secara acak dan anonim. TOR juga satu-satunya browser yang dapat mengakses link .onion, yang mana hampir semua konten di dalam deep web menggunakan ekstensi tersebut.

Untuk PC

Download TOR Browser – (Untuk Ms. Windows, Apple MacOS, GNU/LINUX)

Untuk Android

Download Orbot: Proxy With TOR

 

4. Gunakan Virtual Private Network (VPN)VPN

Dengan menggunakan VPN, maka lalu lintas data yang berjalan akan disamarkan sehingga para hacker yang ada disana mengalami kesulitan dalam membaca lalu lintas data yang lewat. Tetapi pastikan tidak ada data-data pribadi yang tersebar ke internet, karena internet akan membaca data dari VPN itu sendiri.

Untuk menggunakan VPN sendiri, jangan sembarang VPN. Gunakanlah VPN dengan rating terpercaya yang tinggi. Seperti gunakan CyberGhost, TurboVPN.

CyberGhost Untuk PC

Download CyberGhost (Untuk PC) – 8MB

TurboVPN (Hanya Untuk Android dan MacOS)

Download TurboVPN

5. Siapkan Notes Untuk Membuat Rencana Jelajah Dark WebNotes

Kita tidak bisa sembarangan dalam eksplorasi dark web seperti layaknya eksplorasi pada mesin penelusuran. Untuk itu diperlukannya sebuah rancangan agar kita tidak tersesat dan rancangan tersebut menjadi acuan petunjuk ingin kemanakah arah kita di dark web. Rancangannya seperti misalnya nama-nama situs, link dan konten yang dituju. Tampaknya ini bersifat sederhana namun memiliki peran penting untuk kita dalam menjelajahi dark web dengan lancar.

6. Koneksi Internet Wajib Kuat dan CepatKecepatan Internet

Jaringan TOR ditambah dengan koneksi internet yang kuat dan cepat dan membuat penjelajahan dark web menjadi lebih nyaman, lancar dan aman. Apa alasannya koneksi internet harus kuat dan cepat? Bagaimana jika biasa-biasa saja?

Karena sistem TOR yang digunakan oleh situs dark web sendiri memiliki lapisan enkripsi yang cukup tebal untuk dilewati sehingga membuat penelusuran menjadi berat karena harus melewati beberapa lapisan enkripsi tersebut. Bayangkan jika menggunakan koneksi yang biasa-biasa saja kekuatan dan kecepatannya akan seperti apa aktivitas kita disana? Cepat terendus ‘kah atau hanya menghabiskan waktu saja? Maka dari itulah disarankan untuk menggunakan koneksi internet yang kuat dan cepat agar dapat menembus lapisan tersebut.

7. Mulai Penjelajahan

Jika semuanya sudah siap dengan baik, maka sudah bisa untuk memulai penjelajahan web yang tersembunyi, jauh dan dalam. Berikut ini adalah beberapa situs dark web yang bisa membantu untuk mengawali penelusuran perdana di dark web.

Nama SitusAlamat SitusDeskripsi
DuckDuckGo3g2upl4pq6kufc4m.onionIni adalah situs yang berperan sebagai mesin penelusuran layaknya Google
0day Forumqzbkwswfv5k2oj5d.onionIni adalah situs forum dark web yang terpercaya
Hidden Wikizqktlwi4fecvo6ri.onionWikipedia khusus dark web
Jabbercryjabkbdljzohnp.onionSitus ini adalah untuk chatting dengan para user lain yang sedang mengakses dark web.

Penting!

  1. Untuk lebih memahami mengenai tips sebelum menjelajah dark web, dibutuhkan lebih dari satu referensi karena untuk memastikan tipsnya tepat.
  2. Javastech.com hanya memberikan tips sebelum mengakses, bukan cara mengaksesnya. Segala resiko akibat menjelajah dark web sepenuhnya ditanggung oleh pengguna.
  3. Bila masih ragu, sebaiknya jangan dilakukan sebab untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

Demikian tips yang dapat diberikan hari ini. Semoga menambah ilmu baru dalam tips apa saja sebelum menjelajahi dark web. Tetap hati-hati dan waspada dalam berinternet!