Mengenal Tipe Software HRIS yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Beri Nilai Informasi

Bagi para praktisi HR di berbagai perusahaan pasti sudah tidak asing lagi dengan Human Resource Information System atau yang akrab disebut dengan HRIS. Kehadiran HRIS membuat pengelolaan sumber daya manusia yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi lebih mudah dengan teknologi informasi.

Karena memang itulah tujuan diciptakannya HRIS ini untuk membantu perusahaan dalam mengatasi permasalahan HR yang menjadi bagian vital dalam perusahaan. Tapi sudah tahukah Anda bahwa software HRIS sendiri digolongkan dalam 3 jenis yaitu HRIS, HCM, dan HRMS? Apakah perbedaan ketiganya?

Golongan Software HRIS

Software HRIS yang berkembang ternyata terbagi ke dalam tiga macam. Tentu setiap golongannya memiliki fungsi berbeda-beda. Apa saja kah itu?

1. HRIS (Human Resource Information System)

HRIS adalah salah satu sistem yang dibuat untuk manajemen SDM, kebijakan, dan segala prosedur yang ada dalam perusahaan. Tujuannya adalah untuk memberikan panduan kepada karyawan mengenai informasi perusahaan.

Di dalam perusahaan, HRIS dibutuhkan untuk membantu mempermudah berbagai informasi karyawan yang dapat menunjang kinerja dan performa perusahaan. Human Resource Information System sendiri mencakup database, rekrutmen, training, management, reporting.

2. HCM (Human Capital Management)

HCM atau Human Capital Management adalah sistem HRIS yang mencakup juga manajemen talenta perusahaan. Sistem ini memungkinkan adanya manajemen karyawan yang lebih kompleks seperti yang berasal dari kewarganegaraan berbeda, di mana ada perbedaan bahasa dan nilai mata uang. HCM membantu perusahaan dalam perencanaan penggajian, goal setting, sampai dengan performa individu.

3. HRMS (Human Resource Management System)

HRMS adalah singkatan dari Human Resource Management System yang merupakan sistem lengkap dibandingkan dengan HRIS dan HCM. Sistem HRMS menawarkan solusi kepada perusahaan terkait dengan manajemen waktu karyawan yang lebih detail. Dengan sistem ini perusahaan dapat mengatur penggajian dan juga time and labor management. Selain itu, dalam HRMS perusahaan juga bisa mengatur asesmen untuk karyawan.

HRIS Berdasarkan Fungsinya

Sedangkan HR Software Indonesia yang paling banyak dicari dan digunakan perusahaan dibedakan berdasarkan fungsinya. Setidaknya ada tiga software HRIS berdasarkan fungsinya, yaitu,

1. Software HRIS Operasional

Pertama ada software HRIS operasional yang merupakan perangkat lunak yang memiliki modul terintegrasi untuk mengelola HR dalam lingkup operasional, mulai dari administrasi karyawan, pengelolaan absensi, sampai dengan pengelolaan payroll karyawan.

2. Software HRIS Tactical

Software HRIS satu ini memiliki pilihan modul terintegrasi untuk membantu HR dalam mengelola manpower planning, recruitment, dan training and development.

3. Software HRIS Strategic

Software HRIS ini merupakan software HRIS yang dapat membantu perusahaan dalam menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawan dengan menggunakan modul performance review dan goal alignment.

Dari ketiga fungsi software HRIS itu, perusahaan bisa memilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan mereka. Tentu saja fokus perusahaan adalah untuk menemukan software HRIS mana yang cocok dengan sistem kerja mereka.

Bagaimana Cara Kita Tahu Software HRIS yang Cocok?

Saat ini, pilihan software HRIS di Indonesia sudah begitu banyak. Dengan begitu banyak pilihan, tentu perusahaan yang ingin menggunakan software ini haruslah selektif memilih. Jangan hanya pikirkan software yang menawarkan segudang kecanggihan tapi ternyata sulit ketika diimplementasikan di perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus melihat lagi apa saja permasalahan pengelolaan HR yang ingin diatasi di perusahaan. Dari sini kemudian perusahaan juga bisa melihat skalabilitas dari HR software tersebut. Sejauh apa software tersebut dalam menjawab kebutuhan perusahaan.

Dengan melihat skalabilitas software HRIS, perusahaan bisa mengetahui bahwa software tersebut user friendly atau tidak. Cara ini akan memudahkan perusahaan ketika ingin mengimplementasikan software HRIS di perusahaan.

Salah satu software HRIS yang memiliki skalabilitas yang baik bisa ditemukan di software HRIS LinovHR. Implementasi software LinovHR begitu mudah sehingga membantu proses pengelolaan HR lebih cepat. Tidak hanya itu, software HRIS LinovHR terbilang lengkap dan bisa dikatakan All in One software.

Anda bisa mengajukan demo gratis di website LinovHR untuk mengetahui semenarik apa software buatan Indonesia ini.

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.