“Photo Mode” Fitur Baru TikTok yang Mirip Instagram

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Jika sebelumnya beberapa media sosial dikabarkan menawarkan fungsi dan fitur serupa dengan TikTok, kini TikTok dikabarkan menawarkan fungsionalitas di media sosial lain seperti Instagram.

Fitur TikTok baru yang disebut Mode Foto atau Photo Mode memungkinkan pengguna berbagi banyak foto dengan teks hingga 2.200 karakter dalam satu unggahan.

TikTok menulis di blog resminya, “Kami merilis Photo Mode, format carousel baru tersedia di perangkat seluler untuk konten foto, ideal untuk membagikan gambar berkualitas tinggi di TikTok,”

Menurut postingan pada blog resminya pada hari Jumat, 10 Juli 2022, fitur Mode Foto TikTok memungkinkan pengguna untuk berbagi gambar diam yang diunggah dalam konsep carousel, yang secara otomatis akan ditampilkan satu per satu.

Tiktok Hadirkan Fitur Mode Foto Tampilannya Jadi Mirip Instagram
Tiktok Hadirkan Fitur Mode Foto Tampilannya Jadi Mirip Instagram. (Engadget)

“Anda dapat menambahkan musik untuk soundtrack gambar, yang dapat di-swipe oleh penonton dengan kecepatan yang mereka inginkan,” kata perusahaan itu.

Menurut Mashable, fitur tersebut sudah digunakan oleh pembuat konten untuk membagikan meme teks daur ulang dan konten populer lainnya di Instagram.

Menurut Engadget, jika pengguna mengunggah foto, musik akan muncul di samping konten video dan muncul di halaman “For You.”

Dalam sebuah unggahan blog-nya, TikTok berharap Mode Foto yang dikombinasikan dengan jumlah karakter yang diperluas akan memungkinkan kreator untuk “mengekspresikan diri mereka dan terhubung lebih dalam dengan orang lain.”

Mode Foto secara bertahap dirilis ke pengguna TikTok di seluruh dunia. Jika pengguna ingin menggunakan fitur baru, mereka harus memperbarui pembaruan aplikasi. Fitur Mode Foto tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Selain itu, Mei lalu, TikTok menambahkan tab Teman tempat pengguna dapat melihat video dan konten dari daftar teman. Ini seperti mendapatkan halaman dari Facebook atau Instagram versi lama.

Tiru Meniru Fitur di Aplikasi, Hal yang Wajar?

“Menyalin” atau tiru meniru adalah hal yang biasa di industri media sosial akhir-akhir ini, terutama dengan muncul dan perkembangan pesat TikTok, yang bisa dibilang bukan aplikasi lama seperti Instagram ataupun Twitter.

Instagram memiliki Reels, fitur baru ini dimaksudkan untuk mengejar ketenaran TikTok. Namun, The Wall Street Journal baru-baru ini melaporkan bahwa waktu menonton setiap hari di TikTok jauh melampaui Reels Instagram.

Sementara itu, Instagram, TikTok, dan Snapchat akan meluncurkan fitur yang mirip dengan media sosial Prancis, BeReal dalam beberapa pekan terakhir, meskipun Instagram belum meluncurkannya secara resmi.

Aplikasi lain mencoba mengejar ketinggalan dengan TikTok, tetapi TikTok sendiri menggabungkan fitur dan konsep dari beberapa pesaing baru.

Beberapa waktu lalu, perusahaan mengumumkan fitur atau aplikasi lain yang memungkinkan pengguna mengunggah foto setiap hari. TikTok versi kloning dari aplikasi media sosial BeReal ini disebut TikTok Now.

Sepertinya Twitter tak mau kalah untuk meniru TikTok. Mengutip The Verge, Jumat (30/09/2022), Twitter dikabarkan menjiplak fitur scrolling video TikTok.

Dalam unggahan di blog-nya, Twitter mengatakan, perusahaan sedang memperbarui pemutar videonya agar lebih imersif.

You May Also Like

About the Author: Shelma Nissa Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.