Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

5 Teks Editor Terbaik untuk Programer, Bisa Untuk Pemula!

0

Sebagai seorang programer, memiliki teks editor adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk membuat aplikasi. Umumnya, orang-oranv hanya menggunakan notepad atau bahkan word untuk menuliskan dan menyusun tulisan. Namun, bagi seorang programer teks editor sangat dibutuhkan dalam pembuatan programnya karena akan menunjang dalam penulisan kode program yang dibuat. Dalam teks editor biasanya digunakan untuk menuliskan kode program yang dibuat tanpa adanya integrasi. Teks editor untuk programer yang biasanya digunakan untuk menuliskan kode program ini pun banyak jenisnya. 

5 Teks Editor Terbaik untuk Programer, Bisa Untuk Pemula!Teks Editor Untuk Programmer

Sebuah teks editor yang digunakan oleh programer biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung proses penulisan kode program yang dilakukan. Ada fitur syntax (highlighting dan search and replace), line number, snippet, line marking dan masih banyak lagi lainnya. Tampilannya pun beragam yang bisa kamu pilih berdasarkan karakter program yang kamu buat. Seperti beberapa teks editor berikut ini.

1. Sublime Text Sublime Text

Teks editor ini adalah salah satu yang terbaik dan sangat direkomendasikan, apalagi untuk web developer. Teks editor satu ini memiliki fitur yang sangat beragam disertai dengan tampilan yang lebih dinamis. Bahkan kamu pun bisa mengubah tampilan tema sesuai keinginanmu. Sublime ini adalah teks editor yang kompatible atau cocok digunakan pada berbagai sistem operasi mulai dari Windows, Linux hingga Mac. Sayangnya meskipun cukup banyak fitur yang ditawarkan dengan tampilan user interface yang sederhana, teks editor ini tetap memiliki kekurangan. Salah satunya adalah tersedianya versi berbayar dan gratis yang tentu memiliki fitur berbeda. 

2. Notepad ++ Notepad++

Kalau kamu sering bekerja dengan komputer berbasis Windows pasti sudah tidak asing dengan notepad. Nah, Notepad ++ ini adalah teks editor yang cukup banyak digunakan, terutama oleh pengguna Windows. Keuntungan teks editor untuk programer satu ini adalah karena mendukung berbagai bahasa, mulai dari Assembly, Java, JavaScript, HTML dan masih banyak lagi yang lainnya. Notepad ini adalah pengembangan dari notepad namun tentu dengan fitur yang lebih canggih. Teks editor ini tidak hanya bisa digunakan secara gratis, juga merupakan software yang ringan sehingga mudah digunakan.

3. Atom Atom Text Editor

Teks editor selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membantu pemrograman adalah Atom. Teks edtor ini merupakan software yang tergolong open license. Karena itu, software ini bisa didapatkan baik di sistem operasi Windows, Linux maupun platform lain. Dari segi tampilan, teks editor ini juga memiliki tampilan yang menarik serta didukung dengan berbagai bahasa pemrograman. Kamu pun bisa menambahkan fitur yang kamu butuhkan melalui plugin yang disediakan. Fitur yang ditawarkan editor ini sangat banyak, saking banyaknya, kamu pun harus menyiapkan resource lebih besar dibandingkan jika menggunakan editor lain.

4. Microsoft Visual Studio Code Microsoft Visual Studio Code

Teks editor ini juga disediakan oleh Microsoft. Tampilannya juga menarik dengan beberapa ornamen yang menjadi ciri khasnya. Visual Studio ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Meskipun begitu fitur yang ditawarkan tergolong powerful. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah fitur yang memungkinkan baris kode yang sudah kamu susun bisa dilengkapi secara otomatis. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah debugging yang memungkinkanmu untuk mengecek apabila Terdapat kesalahan pada baris kode. Teks editor ini pun sudah dilengkapi dengan berbagai bahasa pemrograman.

5. BlueFishBlueFish Editor

Teks editor terakhir yang bisa dimanfaatkan oleh para programer adalah BlueFish. Teks editor ini tergolong multi platform, artinya dapat digunakan pada sistem operasi apapun, mulai dari Windows, Linux hingga Mac. Namun memang kinerja paling optimalnya adalah apabila digunakan pada Linux. Software ini memang tergolong ringan, namun tetap dapat menangani file berukuran besar. Ditambah lagi kecepatan pemrosesannya tergolong stabil. Soal fitur, teks editor satu ini juga dibekali dengan fitur yang cukup lengkap, baik di tabemu maupun di toolbar. Terakhir, untuk meningkatkan produktivitas, kamu bisa mencoba menggunakan fitur snippet. 

Penutup

Bagi programer, teks editor adalah peralatan yang sifatnya wajib dimiliki dalam penyusunan program, terutama dalam proses coding (penyusunan baris kode). Dalam memilih teks editor, seorang programer harus mempertimbangkan fitur, bahasa pemrograman dan spesifikasi komputer. Nan, 5 teks Editor untuk programer di atas adalah beberapa teks editor yang bisa menjadi rekomendasi untukmu.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More