Bantu saudara kita yang terkena dampak bencana alam NTT dengan berdonasi

Resmi Hadir, Begini Spesifikasi ROG Phone 5, ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 5 Ultimate

ASUS ROG Phone 5
ASUS ROG Phone 5 (ROG Global)

JAVASTECH.COM – Untuk para gamer mobile sejati berita ini akan menjadi penyegaran untuk kamu karena ASUS secara resmi telah merilis smartphone gaming terbaru mereka yakni ROG Phone 5. Namun, yang dirilis bukan hanya satu versi saja melainkan merilis tiga versi sekaligus yakni ROG Phone 5, ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 5 Ultimate sebagai kasta tertingginya.

Tentu saja dari tiga versi yang berbeda ini memiliki spesifkasi yang berbeda pula. Untuk itu bagi kamu yang sedang membaca informasi ini berikut adalah spesifikasi dari smartphone gaming teranyar dari ASUS.

Spesifikasi ROG Phone 5

ROG Phone 5 Reguler
ROG Phone 5 Reguler (YouTube/ROG Global)

Kita mulai dari ASUS ROG Phone 5 versi biasa atau reguler terlebih dahulu. Versi yang satu ini memiliki tiga pilihan memori RAM dan penyimpanan. Karena cukup bervarian, maka ASUS memberi sebutan varian A, B dan C untuk memudahkan menentukan pilihan kepada calon pengguna.

1. Varian A

Pada ROG Phone 5 reguler varian A memiliki spesifikasi RAM dengan dua pilihan yakni 12GB dan 16GB. Namun, kedua memori RAM ini hanya memiliki satu pilihan penyimpanan saja yakni 256GB.

2. Varian B

Selanjutnya untuk ROG Phone 5 reguler varian B hanya memiliki satu pilihan memori saja dengan spesifikasi yang lebih rendah dari sebelumnya yakni RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

3. Varian C

Terakhir adalah ROG Phone 5 reguler varian C yang memiliki pilihan memori yang lebih bervariasi dibanding varian A yakni RAM 8GB dan RAM 12GB. Kemudian penyimpanan internalnya tersedia dengan kapasitas 128GB dan 256GB.

Karena merupakan kasta terbawah, maka ROG Phone 5 memiliki desain dengan adanya logo ROG klasik pada bagian bodi belakang smartphone. Logo klasik ini tidak sekedar “mejeng” saja melainkan mejeng dengan gaya warna RGB yang bisa berubah-ubah. Untuk varian warnanya tersedia dalam dua pilihan warna yakni Phantom Black dan Storm White.

Spesifikasi ROG Phone 5 Pro

ROG Phone 5 Pro
ROG Phone 5 Pro (XDA Developers)

Selanjutnya kita beralih ke kasta menengahnya yaitu ROG Phone 5 Pro. Versi yang satu ini hanya tersedia dalam satu pilihan memori saja dengan spesifikasi RAM 16GB dan penyimpanan internal 512GB. Bisa dikatakan versi Pro ini hanya menyediakan peningkatan storagenya saja dari versi sebelumnya.

Kemudian melanjutkan dari pembahasan desain ROG Phone 5 reguler, disini pada versi Pro -nya memiliki logo ROG klasik juga tetapi diterapkan pada LED-backlit yang bisa menampilkan info singkat seperti baterai, notifikasi dan ROG Vision. Untuk warna dari ponsel ini hanya tersedia satu pilihan saja yakni Glossy Black.

Spesifikasi ROG Phone 5 Ultimate

ROG Phone 5 Ultimate
ROG Phone 5 Ultimate (XDA Developers)

Sekarang kita akan membahas spesifikasi dari kasta tertingginya yakni ROG Phone 5 Ultimate. Versi tertinggi dari lini ROG Phone 5 ini memiliki kapasitas RAM yang paling besar dari jajarannya yaitu 18GB. Sedangkan penyimpanan internalnya sama seperti versi Pro -nya yakni berkapasitas 512GB. Untuk soal desain termasuk logonya sama seperti ROG Phone 5 Pro namun bedanya pada versi ini menerapkan gaya monochromatic pada LED-backlit. Varian warna ponsel yang tersedia untuk versi ultimate ini hanya ada satu yaitu Matte White.

Spesifikasi Lanjutan dari Seluruh Versi ROG Phone 5

Seluruh versi ROG Phone 5 hanya berbeda dari segi warna, desain dan spesifikasi memorinya saja. Namun, untuk spesifikasi lanjutannya semua versinya sama saja. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Lini ROG Phone 5 menerapkan penggunaan layar AMOLED seluas 6,78 inci dengan 1 miliar warna. Kemudian didukung dengan refresh rate 144Hz dan HDR10+. Serta untuk melindungi layarnya maka diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Karena ini adalah smartphone gaming terbaru dari ASUS pada 2021 maka pihaknya sendiri turut menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 888. Untuk menopang power dari kegiatan gaming, maka ROG Phone 5 disematkan baterai berkapasitas 6.000 mAh yang dipisah menjadi dua bagian kanan dan kiri dengan masing-masing kapasitas 3.000 mAh.

ASUS menerapkan konsep baterai seperti ini karena pada bagian tengahnya disematkan CPU yang tujuannya agar panas yang dihasilkan dapat menjalar ke semua sisi sehingga panas tidak berada pada satu titik saja. Serta termal yang terdapat pada ROG Phone 5 dapat bekerja secara efisien dan optimal. ASUS menyebut sistem pendinginan ini dengan GameCool5.

Baterai ROG Phone 5
Baterai ROG Phone 5 (YouTube/ROG Global)

Masih lanjut soal baterai, ASUS juga menyebut jika konsep baterai terpisah seperti ini membuat pengisian daya baterai dapat lebih cepat. Padahal ROG Phone 5 sudah support dengan pengisian daya cepat yang dinamai “HyperCharge” sebesar 65W. Pengisian dayanya sudah menggunakan port USB-type C dan tersedia dua port yang bisa digunakan yakni disisi kiri dan disisi bawah seperti smartphone umumnya.

Kemudian ada beberapa pembaruan yang bisa kita rasakan di ROG Phone 5 ini. Pertama, kini ROG Phone 5 sudah menghadirkan kembali headphone jack 3.5mm yang sebelumnya tidak ada pada ROG Phone 3 yang alternatifnya diganti dengan menggunakan dongle type-C.

Untuk kegiatan gaming yang lebih baik, ROG Phone 5 sudah memperbarui AirTrigger miliknya ke generasi 5. Dengan fitur ini, pengguna bisa menyentuh tombol virtual tersebut disisi kanan dan kiri seperti layaknya R1 dan L2 pada dualshock PlayStation. Serta terakhir smartphone gaming ini sudah beroperasi dengan Android 11 yang tampilannya diberi sentuhan ROG UI.

Berapa Harganya?

ROG Phone 5 reguler dan Pro bakal rilis bulan Maret ini setelah peluncurannya. Namun, untuk ROG Phone 5 Ultimate kabarnya akan dijual secara terbatas pada bulan Mei mendatang. Berikut ini adalah harga jualnya.

  • ROG Phone 5 (8 GB/128 GB) = 800 Euro (sekitar Rp 13,7 juta)
  • ROG Phone 5 (12 GB/256 GB) = 900 Euro (sekitar Rp 15,4 juta)
  • ROG Phone 5 (16 GB/256 GB) = 1.000 Euro (sekitar Rp 17,1 juta)
  • ROG Phone 5 Pro (16 GB/512 GB) = 1.200 Euro (sekitar Rp 20,5 juta)
  • ROG Phone 5 Ultimate (18 GB/512 GB) = 1.300 Euro (sekitar Rp 22,2 juta)

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika membeli ROG Phone 5 reguler atau Pro. Untuk yang reguler kamu bisa memperoleh bonus berupa Aero case dan HyperCharger adapter. Sedangkan bagi yang memboyong ROG Phone 5 Pro maka mendapatkan bonus seperti versi regulernya dengan tambahan aksesoris Aero Cooler 5.