Samsung Resmi Rilis Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4, Durabilitas Lebih Kuat

Samsung Galaxy Z Flip4
Samsung Galaxy Z Flip4 (Youtube/Samsung)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Samsung secara resmi telah meluncurkan smartphone terbaru mereka dalam gelaran Galaxy Unpacked 2022 di tanggal 10 Agustus. Gelaran ini diselenggarakan secara online melalui kanal resmi YouTube, Samsung karena mengingat masih terjadinya pandemi Covid-19.

Dalam event tahunan kali ini, Samsung memperkenalkan generasi terbaru dari smartphone lipat mereka yakni Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 sebagai suksesor terbaru mereka dari Z Fold3 dan Z Flip3 yang telah rilis tahun lalu.

Acara yang dibuka oleh President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh, mengklaim bahwa ponsel lipat generasi kali ini adalah yang terkuat yang pernah ada di dunia.

“Ini adalah generasi terbaru dari Galaxy Fold, ponsel lipat yang terkuat yang pernah ada di dunia,” klaimnya dalam event peluncuran di Galaxy Unpacked 2022.

Generasi Z Fold dan Z Flip kali ini membawa beberapa perubahan dalam segi durabilitas, teknologi dan fitur terbaru. Berikut ini adalah rekapan pembahasannya.

Samsung Galaxy Z Fold4

Spesifikasi Galaxy Z Fold4
Spesifikasi Galaxy Z Fold4 (Youtube/Samsung)

Perubahan yang terlihat jelas pertama kalinya adalah pada bagian desainnya dimana desain bodi dari Galaxy Z Fold4 menganut desain dengan frame yang flat (rata) sesuai dengan trend smartphone masa kini. Kemudian, pada bagian bezel layar Galaxy Z Fold4 kini tampak lebih tipis dibanding generasi sebelumnya di Z Fold3.

Berkat bezel yang tipis ini, kini tampilannya makin luas. Selanjutnya, pada bagian layar luasnya ini terdapat sebuah teknologi kamera dibawah layar dengan resolusi 4MP. Yang baru adalah kini piksel layar yang menutupi lensa tersebut kini makin rapat sehingga tampak lensa akan lebih samar.

Luas layar dalam keadaan ponsel terbuka sebesar 7,6 inci dengan resolusi 1.812 x 2.176 piksel, sedangkan untuk layar cover, seluas 6,2 inci dengan resolusi 904 x 2.316 piksel. Layarnya ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x dengan fitur refresh rate 120Hz dan HDR10+.

Durabilitas layar dari Galaxy Z Fold4 ini kini lebih kokoh karena sudah menggunakan kaca Corning Gorilla Glass Vitus Plus. Tentu kaca ini adalah versi lebih tinggi dibanding Corning Gorilla Glass Victus biasa yang dipakai di Galaxy Z Fold3.

Desain Galaxy Z Fold4
Desain Galaxy Z Fold4 (Samsung)

Karena proteksi terbaru ini, Samsung mengklaim bahwa layar ponsel ini dapat dilipat dan dibentangkan hingga 200.000 kali. Tak hanya durabilitas layar yang meningkat, material ponselnya pun juga demikian. Bodinya menggunakan Armor Alumunium dan bingkai (frame) serta engsel (hinge), menggunakan material metal.

Selain durabilitas dari yang sudah disebutkan, ponsel ini juga sudah memiliki sertifikasi tahan air IPX 8 yang mana ponsel lipat ini dapat bertahan di kedalam air 1,5 meter selama 30 menit.

Beralih ke bagian mesin dimana kini Galaxy Z Fold4 menggunakan chipset terbaru Qualcomm dengan Snapdragon 8+ Gen 1 dengan kombinasi memori RAM 12GB dan tiga opsi penyimpanan internal dengan 256GB, 512GB dan yang terbesar untuk pertama kalinya di seri Z Fold, yakni 1TB.

Berkat chipset yang meningkat, tentu untuk sektor kamera juga kecipratan hasil jepretan kameranya yang menjadi lebih baik. Galaxy Z Fold4 memiliki tiga setup kamera dengan 12MP kamera ultrawide, 50MP kamera utama dan 10MP kamera telephoto dengan 3x optical zoom dan fitur SpaceZoom 30x. Sedangkan kamera selfie, terdapat juga pada layar cover dengan resolusi kamera 10MP.

Performa dari ponsel lipat ini ditopang oleh baterai berkapasitas 4.400 mAh dengan fitur fast charging kabel 25W dan nirkabel 15W. Kapasitas baterai ini sama seperti dengan generasi sebelumnya di Galaxy Z Fold3.

Galaxy Z Fold4 juga memiliki bobot yang lebih ringan dengan 263 gram dari sebelumnya di Galaxy Z Fold3 271 gram. Untuk varian warnanya terdiri dari empat macam dengan Phantom Black, Graygreen, Beige dan Burgundy.

Samsung Galaxy Z Flip4

Galaxy Z Flip4
Galaxy Z Flip4 (Youtube/Samsung)

Samsung Galaxy Z Flip4 adalah seri ponsel lipat besutan Samsung yang didesain lebih trendi dan fleksibel. Tidak seperti Galaxy Z Fold4 yang desainnya tampak profesional dan produktif.

Galaxy Z Flip4 memiliki ukuran yang lebih ramping dan ringkas. Jika dalam kondisi dibentangkan, ukuran secara diagonalnya seluas 6,7 inci dan ukuran ini umum ditemukan pada ponsel flagship lainnya. Kemudian dalam kondisi terlipat, maka yang akan tampil adalah layar cover dengan ukuran 1,9 inci. Panelnya menggunakan Dynamic AMOLED 2x dengan fitur refresh rate 120Hz dan HDR10+.

Meskipun ponsel ini lebih terkesan trendi, namun perlu diperhatikan bahwa material ponsel ini sama seperti Galaxy Z Fold4 dengan menggunakan Armor Alumunium untuk bodi dan menggunakan metal untuk material engsel dan frame. Serta layarnya sendiri juga sudah menggunakan kaca Corning Gorilla Glass Victus Plus.

Spesifikasi mesin yang diberikan menggunakan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 sebagai chipset terbaru untuk ponsel flagship Android. Hanya saja yang beda adalah memori pada ponsel ini lebih kecil dengan RAM 8GB dan tiga opsi penyimpanan dengan 128GB, 256GB dan 512GB.

Kini Galaxy Z Flip4 juga bisa digunakan lebih lama daripada generasi sebelumnya karena baterai yang tertanam kini lebih besar dengan 3.700 mAh dari sebelumnya di Galaxy Z Flip3 sebesar 3.300 mAh. Dapat diisi kembali dengan fitur fast charging kabel 25W dan nirkabel 15W.

Varian Warna Galaxy Z Flip4
Varian Warna Galaxy Z Flip4 (Youtube/Samsung)

Karena baterai yang diberikan kini lebih besar, bobot Galaxy Z Flip4 menjadi sedikit lebih berat daripada generasi sebelumnya dari mulanya 183 gram kini menjadi 187 gram.

Segi pengambilan gambar, spesifikasi dari kamera ini tampak persis seperti generasi sebelumnya dengan kamera utama 12MP dan kamera ultrawide 12MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 10MP dengan desain punch hole yang lebih kecil.

Sama sepertri Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip juga menggunakan sistem operasi khusus yakni Android 12L agar performa dan jalannya aplikasi bisa lebih optimal. Android 12L ini diberi sentuhan antarmuka One UI 4.1.1 sebagai ciri khas UI milik Samsung.

Warna ponsel ini terdiri dari empat macam warna kekinian dengan Essential Graphite, Genderless Pink Gold, Bora Purple dan Contemporary Blue. Selain warna ini, Samsung juga menyajikan edisi khusus dengan Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition.

Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition
Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition (Youtube/Samsung)

Bagi calon pengguna yang membeli edisi Bespoke ini, maka bisa mengubah warna dari tiga bagian bodi berbeda. Mulai dari bagian front panel (panel kamera belakang), frame dan hinge (panel bagian bawah modul kamera dan engsel) dan back panel (panel bawah).

Untuk warna bagian front panel dan back panel terdiri dari Yellow, Red, Navy, Khaki dan White. Sedangkan warna frame dan hinge mencakup Gold, Silver dan Black.

error: Salin konten dilarang