Rumor Spesifikasi dan Nama Terbaru Galaxy S11, Bakal Bernama Galaxy S20?

Ditahun baru 2020 ini nampaknya pabrikan mobile Samsung bakal meluncurkan smartphone kelas atas terbarunya yakni Galaxy S11. Namun, sebelumnya menjelang akhir tahun 2019 banyak rumor beredar bahwa smartphone tersebut bukan bernama Galaxy S11. Lalu jika bukan Galaxy S11 apa nama smartphone terbaru tersebut untuk menggantikan seri “S” sebelumnya?

Berdasarkan cuitan Twitter IceUniverse si media pembocor gadget ternama mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 ini ada salah satu pabrikan smartphone mengambil angka “20” sebagai awal yang baru dalam merilis flagship terbarunya. Kemudian IceUniverse tak hanya sekali mengungkapkan hal tersebut, melainkan ada beberapa cuitannya mengenai seri “Galaxy S20” itu.

Bukan Lagi Galaxy S11, Tapi Galaxy 20Galaxy S11 atau Galaxy S20

Jika benar bahwa angka “20” adalah angka terbarunya, maka ketika rilis akan bernama Galaxy S20, Galaxy 20e. Untuk Galaxy S11+ akan memiliki nama baru juga yakni Galaxy S20 Ultra. Artinya bukan lagi Galaxy S11, Galaxy S11+ dan Galaxy S11e seperti yang sudah hangat dibicarakan sebelumnya.

Sebenarnya tak hanya Samsung yang “lompat” angka, melainkan ada pabrikan ponsel lain yang juga melakukan hal serupa yakni Honor dan Huawei. Berniat ingin meluncurkan Honor 11, malah yang diluncurkan adalah Honor P20 sebagai penerusnya. Sedang Huawei yakni meluncurkan Huawei P20 sebagai generasi dari P10 miliknya.

Ukuran dan Teknologi Layar Kelas Gaming Galaxy S11Layar Galaxy S11

Mari kita mulai membicarakan bocoran informasi Galaxy S11 ini. Menurut kabar Galaxy S20 ini akan hadir dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Galaxy S11e dengan layar berukuran 6.2 inci. Galaxy S11 dengan ukuran layar 6.7 inci dan Galaxy S11+ dengan layar 6.9 inci. Kemudian tampilan layarnya ini lebih melengkung jika dibandingkan dengan S10. Alhasil karena ukuran layarnya yang nampak besar bezel layar Galaxy S11 ini juga menjadi lebih kecil.

Masih mengenai layar Galaxy S11, rumor yang beredar bahwa layar smartphone ini bakal memiliki refresh rate sebesar 120Hz. Tahukah kamu? Refresh rate ini setara dengan milik Asus ROG Phone 2! Artinya ketika smartphone ini digunakan untuk aktivitas gaming, maka performa grafik jauh lebih smooth.

Kamera Terbaru dengan Menggunakan Sensor 108MP!Kamera Samsung Galaxy S11

Untuk soal kamera, diawali dengan kamera depan Galaxy S11 yang nantinya akan didesain sama seperti Galaxy Note 10 yakni model “punch hole”. Kemudian pada bagian belakang bodi, terdapat “blok” kamera yang dapat menampung lima lensa. Soal kamera bukan rumor lagi karena resmi bahwa Samsung telah mengumumkan untuk menggunakan sensor kamera utama sebesar 108MP! Dengan kamera tersebut, nantinya Galaxy S11 bakal mampu melakukan 5x optical zoom seperti pada Huawei P30 Pro.

Selanjutnya terdapat kamera kedua yakni kamera telephoto yang memiliki sensor sebesar 48MP. Dua kamera selanjutnya disinyalir yakni kamera ultrawide dan kamera 3D ToF (time of flight). Masih soal kamera, Galaxy S11 ini mampu untuk merekam video dengan resolusi 8K dengan frame rate 30fps. Tapi rumor tentang resolusi video ini masih simpang siur kabarnya. Mengenai spesifikasi kamera ini masih belum jelas keterangannya apakah seluruh Galaxy S11 akan mendapatkannya atau tidak.

Spesifikasi dan Fitur Galaxy S11, Tak Lagi Pakai Exynos?Rumor Galaxy S11

Dikutip dari techradar.com, Galaxy S11 akan menggunakan otak Snapdragon 865. Tetapi ada kabar bahwa dibeberapa negara tertentu nantinya ada Galaxy S11 yang menggunakan prosesor Exynos 990. Kemudian akan memiliki RAM sebesar 12GB saja. Tapi sepertinya RAM sebesar ini hanya untuk versi 5G di Galaxy S11+.

Soal baterai Galaxy S11 bakal diberikan daya sebesar 5.000mAh dengan fast charging 25W. Akan tetapi info daya ini baru dirumorkan untuk S11+ sisanya belum diketahui lebih lanjut.

Terdapat dua versi teknologi pada smartphone ini, ada 4G dan 5G. Untuk Galaxy S11 dan S11e bisa antara 4G dan 5G. Namun, Galaxy S11+ hanya akan ditawarkan dalam versi 5G saja.

Penutup

Itulah beberapa rumor yang Java’sTech rangkum dari beberapa sumber media. Benarkah jika ditahun 2020 ini Samsung bakal merubah nama dari Galaxy S11 menjadi Galaxy S20? Kita tunggu saja perilisannya yang menurut rencana akan dijadwalkan antara Februari dan Maret 2020. Kabarnya, perilisan ini juga akan dibarengi dengan rilisnya Galaxy Fold 2.

Yang perlu kamu ingat dari informasi ini adalah semuanya masih rumor, belum fakta yang sebenarnya. Tapi, jika rumor yang datang berasal dari media yang terpercaya maka kemungkinan besar semuanya bisa menjadi real.