Rencana Nvidia yang Bakal Bangkitkan GTX 1650 Untuk Mengatasi Langkanya RTX 3000

RTX 3090
GPU GeForce RTX 3090 (Nvidia)

JAVASTECH.COM – Saat ini penambangan mata uang digital atau cryptocurrency sedang ramai-ramainya dilakukan. Banyak para miners yang berlomba-lomba menambang uang kripto sebanyak mungkin sampai akhirnya memborong GPU dari brand OEM hingga ludes.

Hal tersebut berdampak pada komponen komputer khususnya GPU yang harganya melangit serta langka stoknya. Akibatnya, orang-orang yang ingin merakit komputer dengan terpaksa harus mengurungkan niatnya sementara.

Rupanya kabar ini sampai ke telinga Nvidia dan untuk mengatasi hal tersebut pihaknya berencana untuk membangkitkan kembali GPU GTX 1650 demi memenuhi kebutuhan konsumen yang kesulitan mendapatkan GPU khususnya lini RTX 3000.

Dari portal asal Tiongkok, Channel Gate melalui Wccftech dapat dirangkum bahwa Nvidia berencana meningkatkan stok GPU GTX 1650 agar dijadikan GPU alternatif bagi orang-orang yang ingin merakit komputer.

Tak hanya itu saja, GTX 1050 Ti pun rencananya juga akan dibangkitkan kembali sejak produksinya berhenti dua tahun lalu untuk persediaan stok kepada konsumen.

Survey Penggunaan GPU GTX 1650
Survey Penggunaan GPU GTX 1650 (Steam)

Dirangkum dari Steam Hardware & Software Survey edisi Maret 2021, GPU GTX 1650 masih menjadi GPU yang sering digunakan oleh gamer untuk bermain game dalam resolusi 1080p (Full HD). Bahkan GPU yang rilis pada 2019 ini masih dapat digunakan untuk seluruh game yang tersedia khususnya game baru di 2021.

error: Salin konten dilarang