Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Berikut Perbedaan Spotify Lite dengan Spotify, Lebih Ringan Ukuran?

0

Aplikasi streaming musik online saat ini menjadi aplikasi populer yang banyak diunduh oleh pengguna smartphone. Salah satu yang sedang populer dan banyak digunakan adalah Spotify. Aplikasi steaming musik ini memang menawarkan keunggulan lebih. Selain karena bisa mendengarkan lebih banyak musik, kamu pun bisa membuat playlist dan membagikan musik yang sedang kamu dengarkan di sosial mediamu. Nah, untuk kamu pengguna Spotify, yang sering merasa terbebani karena aplikasi ini terlalu berat, Spotify kini pun sudah memiliki versi lite yang relatif lebih ringan. Lalu apa perbedaan spotify dan Spotify lite dan lebih pilih yang mana? 

Beberapa Perbedaan Spotify dan Spotify Lite, Kelebihan dan KekurangannyaPerbedaan Spotify Lite dengan Spotify

Memang hadirnya Spotify versi ringan ini memberikan kesempatan bagi para pengguna smartphone dengan memori rendah untuk tetap mendengarkan musik. Namun, sebelum beralih ke aplikasi terbaru tersebut ada baiknya mengetahui segala kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah informasinya.

Kelebihan Spotify Lite 

1. Ukuran File 

Mari mulai membahas perbedaan antata spotify versi lite dan standar kelebihan masing-masing. Untuk Spotify versi lite kelebihan utamanya tentu dari ukuran aplikasinya. Spotify lite hanya berukuran 15MB yang pastinya jauh lebih kecil dibandingkan versi standarnya. Dengan begitu pasti akan menghemat penyimpanan perangkat yang kamu gunakan. 

2. Lebih Irit Penggunaan Kuota 

Kelebihan selanjutnya dari Spotify versi lite adalah penggunaan kuota yang lebih hemat. Pada versi ini, kamu bisa membatasi penggunaan kuota internet yang digunakan untuk streaming setiap bulannya. Ada 6 pilihan batas maksimum penggunaan kuota untuk streaming setiap bulannya, mulai dari 250MB hingga 3GB per bulan. 

Kekurangan Spotify Lite 

Tidak Ada Fitur Play Offline 

Karena ukuran aplikasi yang lebih kecil, perbedaan Spotify dan Spotify lite yang paling mencolok adalah absennya fitur offline. Offline mode ini adalah fitur yang membuatmu bisa mengunduh lagu ketika sedang tersambung ke wifi. Dengan begitu, meskipun tidak tersambung ke koneksi internet, kamu bisa tetap mendengarkan musik dari Spotify. Namun, fitur ini tidak akan ditemukan di versi lite. 

Tidak Ada Fitur Spotify Connect 

Selain fitur play offline, fitur lain yang juga tidak akan bisa ditemukan di Spotify lite adalah fitur connect. Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan kamu menyambungkan akses Spotify dari perangkat smartphone ke perangkat lain, seperti laptop atau perangkat lainnya. Versi lite ini juga tidak memungkinkanmu untuk membagikan musik yang kamu dengarkan ke media sosial lain. Tak hanya itu, pemutaran musiknya pun hanya bisa dilakukan secara acak, bahkan meskipun kamu sudah mendaftar sebagai pengguna Premium.

Kelebihan Spotify Standard 

Bisa Memilih Kualitas Audio dan Fitur Podcast 

Kelebihan utama dari aplikasi Spotify versi standard adalah kamu bisa memilih kualitas audio dari lagu yang kamu dengarkan. Pada versi standar ini, kamu bisa memilih audio berkualitas low, medium ataupun high. Selain itu, pada versi standard ini juga tersedia fitur podcast. Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan kamu mendengarkan konten-konten podcast yang notabene non musik. Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa menggunakan Spotify untuk mendengarkan musik saja.

Download Lagu dan Mendengarkan secara Offline 

Kelebihan lain dari Spotify Standard adalah kamu bisa mendownload lagu favoritmu untuk didengarkan secara offline. Hal ini tentu juga bisa menghemat pemakaian data internet. Belum lagi, dari versi standard ini kamu juga bisa memilih lagu tertentu yang ingin kamu dengarkan. Jadi musik yang diputar tidak acak. 

Kekurangan Spotify Standard 

Meskipun Spotify Standard ini menawarkan banyak keunggulan, namun tentu saja ada kekurangan yang membuat penggunanya mempertimbangkan untuk menggunakan versi lite. Kekurangan Spotify versi standard ini antara lain adalah ukuran filenya yang terbilang besar. Untuk file Spotify Standard ini ukurannya bisa mencapai 100MB bahkan lebih. Karena adanya fitur yang memungkinkan pengguna memilih kualitas audio, maka penggunaan data ketika kamu gunakan untuk streaming pun jadi lebih besar. Ukurannya yang besar ini terkadang juga membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat, sehingga tidak semua jenis smartphone bisa kompatible dengab versi standard ini. 

Penutup

Nah, itu tadi adalah beberapa perbedaan Spotify dan Spotify Lite yang signifikan. Semakin banyaknya versi aplikasi yang tersedia saat ini tentu memberikan semakin banyak pilihan bagi penggunanya untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Begitu pun Spotify. Sebagai sebuah aplikasi entertainment untuk mendengarkan musik, adanya versi lite ini menjadi alternatif bagi penggunanya untuk bisa streaming musik lebih beragam namun tidak terlalu memberatkan, baik dari segi ukuran file maupun penggunaan data.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More