Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Earphone, Headphone dan Headset

Perbedaan Earphone, Headphone dan Headset

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah earphone, headphone dan headset bukan? Ya, ketiga perangkat ini adalah perangkat yang sering digunakan sebagai perangkat tambahan pada komputer, laptop atau smartphone. Sayangnya, masih banyak orang yang salah mengartikan dan menyebutkan masing-masing perangkat ini. Banyak yang belum tahu bahwasannya ketiga perangkat ini adalah perangkat yang berbeda. Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama, namun ketiganya memiliki perbedaan masing-masing. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan tentang perbedaan earphone, headphone dan headset tersebut agar kamu tidak salah sebut lagi. 

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Earphone, Headphone dan HeadsetPerbedaan Earphone, Headphone dan Headset

Antara headset, earphone dan headphone, ketiganya seringkali dianggap sebagai perangkat yang sama. Memang, secara umum, ketiga perangkat audio ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mendengarkan audio langsung ke telinga pendengar tanpa membuat orang lain bisa mendengar. Meskipun begitu, sebenarnya ketiga perangkat ini beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui. Berikut akan dijelaskan karakteristik dari masing-masing perangkat untuk mengetahui perbedaannya.

1. Earphone 

Dari tampilan fisik, perangkat ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Desainnya memiliki ukuran speaker yang kecil dan hanya menutup pada kedua lubang telinga. Sedangkan untuk fungsi, earphone ini hanya berfungsi untuk mendengarkan audio saja. Ukurannya kecil dan simple sehingga mudah dibawa kemana-mana. Biasanya perangkat ini menjadi aksesoris tambahan pada smartphone. Agar bisa digunakan biasanya perangkat ini harus dihubungkan melalui jack 3.5mm. Namun seiring perkembangan jaman, earphone pun sudah bisa dihubungkan tanpa kabel dengan menggunakan bluetooth.

2. Headphone 

Perbedaan earphone, headphone dan headset selanjutnya dari perangkat headphone. Headphone ini memiliki desain yang khas dengan adanya dua buah speaker mini di bagian kanan dan kiri yang diletakkan di telinga. Karena speaker mini yang digunakan menutup semua bagian telinga, maka kualitas audio yang dihasilkan pun lebih bagus. Selain itu desainnya juga dibuat khusus untuk bisa meredam noise atau gangguan suara. Dengan begitu, suara yang keluar tidak akan bisa terdengar dari luar. 

Headphone ini pun hanya memiliki fungsi untuk mendengarkan audio saja, tanpa ada perangkat tambahan yang memungkinkannya untuk digunakan sebagai alat komunikasi. Biasanya perangkat ini dihubungkan ke komputer, laptop ataupun smartphone. Namun untuk menghubungkannya, perangkat-perangkat tersebut harus memiliki port audio jack 3.5mm. Kini ada pula headphone yang bisa terhubung secara nirkabel dengan memanfaatkan sambungan bluetooth. 

Headphone ini terdiri dari 2 jenis, yaitu on-ear headphone dan over-eae headphone. Keduanya berbeda dari segi desain. Kalau on-ear, speakernya lebih kecil serta pas pada daun telinga. Sayangnya, jenis ini tekanannya lebih besar yang membuatnya kurang nyaman saat digunakan. Kualitas isolasi suaranya pun kurang bagus sehingga terkadang masih ada suara yang terdengar dari luar. Berbanding terbalik dengan model over-ear yang meskipun desainnya lebih besar dan kurang mudah dibawa kemana-mana, namun kualitas audionya lebih bagus serta bisa meredam noise lebih baik pula. 

3. Headset 

Terakhir adalah headset. Dari segi desain, perangkat ini memiliki kesamaan dengan headphone, yaitu adanya speaker kecil di bagian kanan dan kiri yang dihubungkan dengan pengait. Namun bedanya adalah perangkat ini memiliki fungsi lebih selain untuk mendengarkan musik atau audio. Headset ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi karena adanya microphone yang terkait di salah satu speaker. Adanya microphone inilah yang memungkinkan perangkat ini untuk digunakan berkomunikasi. 

Seperti headphone, kualitas audio yang bisa didengar dengan headset pun lebih baik karena adanya kemanapuan meredam noisenya. Headset ini hanya bisa digunakan pada komputer dan laptop serta tidak memungkinkan untuk digunakan pada smartphone. Hal tersebut karena untuk menggunakannya, headset harus dihubungkan pada 2 buah port, yaitu pertama port audio jack 3.5 mm dan kedua port mikrofon. Jadi, perangkat ini tidak bisa digunakan pada smartphone.

Penutup

Itu tadi adalah penjelasan lengkap tentang perbedaan earphone, headphone dan headset yang harus kamu ketahui. Dari penjelasan di atas, memang ketiga perangkat tersebut memiliki kemiripan dan fungsi yang juga tak jauh berbeda. Namun tentu saja ada beberapa aspek yang menjadi pembeda diantara ketiganya. Jadi sekarang kamu sudah tidak boleh salah menyebut ketiganya lagi.