Bingung Tentang Apa Istilah dari “DDR” pada RAM? Ini Dia Perbedaan DDR1 Hingga DDR4 pada RAM

Pengertian DDR Pada RAM

Ini Dia Perbedaan DDR1 Hingga DDR4 pada RAM – Perangkat komputer yang wajib tersedia selain prosesor adalah RAM. RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk menyimpan memori secara sementara pada program yang dijalankan. Tentunya RAM sendiri dari waktu ke waktu mengalami perubahan dengan tujuan untuk meningkatkan performa pada komputer itu sendiri. Semakin bagusnya teknologi RAM maka semakin baik pula prosesnya.

Teknologi dari RAM itu sendiri biasanya muncul pada istilah “DDR”. Pastinya kamu tidak asing bukan bila mendengar kata tersebut saat ditanya ingin membeli RAM atau seseorang bertanya soal spesifikasi pada benda persegi panjang tersebut? Dibalik namanya singkat ternyata terdapat sejumlah spesifikasi, bentuk fisik dan teknologi yang disematkan. Untuk lebih lanjutnya seperti apa, langsung saja selengkapnya dibawah ini.

Pengertian DDR Pada RAMPengertian DDR Pada RAM

DDR atau singkatan dari Double Data Rate sendiri merupakan pengembangan yang berasal dari SDR dan SDRAM. Ternyata masing-masing DDR yang terdapat pada sebuah RAM memiliki perbedaan masing-masing. Perbedaan tersebut tidak lain terletak pada bentuk fisik juga kecepatannya.

Untuk DDR SDRAM ini ternyata juga memiliki karakteristik dimana kecepatannya lebih cepat 2 kali dibandingkan dengan SDR SDRAM. Selain itu, perbedaan antara SDR SDRAM dan DDR DDRAM yang lainnya adalah SDR SDRAM ini hanya memiliki fungsi untuk mengirimkan data yang terdapat pada transisi clock.

Jenis DDR Pada RAM Beserta PenjelasannyaPengertian DDR Pada RAM

Dalam DDR ini terdapat 4 jenis yakni DDR 1, DDR2, DDR3 dan DDR4. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak perbedaan DDR1 hingga DDR 4 pada RAM dibawah ini.

1. DDR atau DDR1DDR1

DDR 1 merupakan generasi DDR yang pertama kali muncul dari RAM. Dulu ketika jenis RAM ini muncul sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan DDR. Tetapi dengan hadirnya generasi yang berikutnya, DDR pertama ini dikenal dengan sebutan DDR 1.

Jenis RAM yang satu ini memiliki bandwidth dua kali lipat dari jenis RAM SDR SDRAM. Hal ini tidak lain karena kemampuan yang dimiliki dimana bisa melakukan transfer data pada siklus sinyal clock baik itu ketika turun ataupun naik.

RAM  ini muncul ketika masa komputer Pentium pada tahun 2000-an silam. RAM ini bisa memiliki transfer rate antara 200-400 mt/s dengan kecepatan rata-rata clock sebesar 100 hingga 200 MHz.

Untuk ciri fisik dari RAM ini sendiri bisa dibedakan dari jumlah notch yang berbeda dengan SDR SDRAM dimana terdapat 2 notch saja. Notch sendiri merupakan coakan yang terdapat pada PCB RAM.

Keberadaannya sekarang sudah sangat langka sekali untuk RAM yang satu ini. Karena sudah digantikan oleh generasi terbarunya yaitu DDR2

2. DDR2DDR2

Sedangkan untuk DDR 2 ini sendiri merupakan generasi yang kedua sejak munculnya RAM DDR yang pertama. RAM jenis ini sudah muncul ketika era komputer dual core. Adapun yang membedakan DDR 2 ini dari DDR 1 yakni ciri fisik yang dimilikinya.

Dimana anda akan menemukan adanya letak Notch yang akan berada ke arah pinggir. Kemampuan transfer yang dimiliki oleh DDR2 ini adalah 400 hingga 1066 MT/S dengan kecepatan rata-rata 200 hingga 533 MHz.

3. DDR3DDR3

Lain halnya dengan RAM DDR 3 ini dimana menjadi generasi penerus dari DDR 2. RAM jenis ini memiliki konsumsi daya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan sebelumnya yakni sebanyak 40%. Muncul pertama kali pada era komputer berotak i3.

Untuk RAM ini bisa dioperasikan dengan tegangan 15v dengan kecepatan transfer rate 800 hingga 1600 MT/S dengan kecepatan rata-rata 200 hingga 533 MHZ

4. DDR4DDR4

Ini merupakan jenis DDR yang paling baru dimana RAM ini memiliki transfer data mulai dari 2133 hingga 3200 MT/S dan lebih efiesien terhadap tegangan dengan besar 12V.  Dalam DDR ini terdapat setidaknya 4 grup bank dimana setiap grup bisa bekerja secara mandiri.

Terdapat juga fitur yang lebih menarik dalam DDR 4 ini yakni adanya fitur DBI atau Data Bus Pembalikan yang mana akan meningkatkan stabilitas transmisi data.

Bagaimana? Sekarang kamu sudah jauh lebih mengerti bukan apa istilah dari DDR pada RAM? Makanya jangan lupa untuk kunjungi kembali javastech.com karena akan ada pembahasan bermanfaat lainnya yang akan segera hadir dari kategori komputer!

error: Salin konten dilarang