Berikut Ini Perbedaan CPU, GPU dan APU yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan CPU, GPU dan APU
Beri Nilai Informasi

Perbedaan CPU, GPU dan APU – Bagi kamu yang suka merakit komputer, tentu sudah tidak asing dengan istilah CPU, GPU dan APU bukan? Tetapi sayangnya tidak semua orang mengetahui apa saja perbedaan CPU, GPU dan APU malah kebanyakan orang hanya mengetahui tentang CPU saja. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang kebingungan apalagi bagi orang awam yang baru mengenal komputer.

Tentunya dengan kamu mengenal apa saja perbedaan dari ketiga poin tersebut maka tentunya kamu akan mengerti komponen dan fungsi dari ketiganya sehingga pada saat kamu melakukan rakit komputer atau membeli komponen tersebut tidak kebingungan lagi. Langsung saja kita masuk ke pembahasan berikut ini.

Berikut Ini Perbedaan CPU, GPU dan APU yang Wajib Kamu KetahuiPerbedaan CPU, GPU dan APU

Tak bisa dipungkiri, bagi kamu yang baru pertama kali berniat akan membeli dan merakit komputer maka kamu harus mengetahui apabila terdapat beberapa komponen penting yang harus kamu miliki yakni CPU, GPU atau APU. Komponen ini sendiri tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bagi kamu yang masih belum paham dengan istilah ini maka bisa menyimak ulasan dibawah ini.

1. CPU (Central Processing Unit)CPU

Untuk ulasan yang pertama kita akan membahas mengenai apa itu yang disebut dengan CPU. CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit dimana komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menjalankan setiap hal yang dibutuhkan pada sebuah komputer agar bisa melakukan sebuah proses.

Bisa dikatakan keberadaan CPU ini sangat penting karena tanpa adanya CPU maka komputer tidak akan bisa menjalankan tugas dengan semestinya. Selain itu, CPU juga akan menjalankan setiap proses seperti proses loading OS, menjalankan perintah untuk melakukan kalkulasi yang terdapat pada excel ataupun program lainnya dalam komputer.Tipe dan Spesifikasi CPU

Biasanya program yang memakan banyak proses dari CPU adalah video games sehingga ia akan menentukkan kalkulasi khusus pada program tersebut.

CPU yang hadir saat ini terbagi menjadi beberapa jenis seperti CPU Single Core 1.0 Ghz hingga CPU 8 Core 4.0 Ghz. Sebagian besar dari CPU ternyata juga memiliki teknologi berbeda yang digunakan seperti terdapatnya CPU yang memanfaatkan Intel Hyperthreading. Dimana CPU dengan teknologi seperti ini biasanya mempunyai 4 inti atau core tetapi dianggap memiliki 8 core oleh OS. Sehingga dalam prosesnya agar lebih maksimal bisa memanfaatkan CPU 4 core.

2. GPU (Graphics Processing Unit)GPU

Untuk yang selanjutnya adalah GPU. GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit dimana komponen ini juga sangat penting bagi sebuah komputer dimana akan melakukan proses terhadap tampilan layar komputer kamu.

Secara singkat fungsi dari GPU ini adalah untuk menampilkan apapun yang terdapat pada komputer. Tanpa adanya GPU maka komputer juga tidak akan berfungsi dengan sebaik mungkin. Untuk bentuknya sendiri, GPU memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran.

Tetapi biasanya berbentuk lempengan atau dikenal dengan card yang akan ditancapkan pada sebuah slot PCI Express diatas motherboard. Bahkan ada yang bentuknya chip.Macam-Macam GPU

Perbedaan CPU dengan GPU adalah untuk GPU sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk memproses grafis dengan milyaran kalkulasi per detik. Jumlah core yang dimiliki juga tergantung dengan vendornya.

Saat ini Nvidia memiliki GPU dengan spesifikasi gahar, yakni dari seri RTX 2080 yang mana sudah disematkan pada laptop gaming ASUS ROG G703GX dan MSI GT75 Titan. Sedangkan AMD sendiri yang tak mau kalah memiliki RX 580

3. APU (Accelerated Processor Unit)APU

Untuk komponen yang satu ini mungkin lebih mudah untuk dimengerti dibandingkan dengan komponen yang lainnya. APU sendiri merupakan singkatan dari Accelerated Processor Unit yang mana ini merupakan gabungan antara CPU dan GPU.

Artinya dalam prosesor APU terdapat pula proses grafis dari GPU sehingga keuntungan dari prosesor yang satu ini kamu tidak perlu memberi GPU secara terpisah serta pastinya efiisen dan lebih mudah.

Tetapi dibalik efisiennya prosesor APU ini terdapat salah satu kelemahan, yakni harus berbagi RAM serta cache yang sama. Tentunya hal ini membuat kemampuan GPU yang terdapat dalam APU memiliki banyak keterbatasan. Lalu mengapa produsen prosesor menciptakan APU?

Karena CPU dan GPU bila ditempatkan pada posisi yang sama memungkinkan para penggunanya akan mendapatkan efisiensi untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan. Selain itu bila keduanya terintegrasi maka dapat lebih hemat energi bila dibandingan dengan CPU dan GPU yang terpasang secara terpisah.

Sebelumnya AMD sudah memiliki prosesor APU pertama dengan kode prosesor Llano pada tahun 2011 silam. Namun saat ini sudah meluncurkan produk dengan teknologi terbaru yaitu APU Athlon yang disematkan bersama GPU Radeon Vega Graphics dengan spesifikasinya 4 threads pemrosesan ditambah fitur kualitas HD 720p untuk eSports Gaming.

Namun pesaingnya, Intel ternyata telah menggandeng bersama AMD untuk menyematkan VGA Radeon Vega dengan prosesor buatan Intel. Sehingga gandengan tersebut terciptalah APU dengan nama produk Core i7-8705G Processor with Radeon™ RX Vega M GL Graphics

Dari Ketiganya, Sebaiknya Pilih yang Mana?

Sebenarnya untuk soal memilah-milih tergantung dari kebutuhan kamu juga. Bila kegiatan kamu bermain game kelas intensif, perancang desain atau keperluan untuk render video maka pilihan CPU dengan GPU terpisah cocok untuk digunakan.

Tetapi bila kegiatan didepan komputer kamu hanyalah rumahan atau keperluan kantor saja seperti membuat dokumen, menonton film, bermain game dengan kualitas low seperti Gamehouse maka menggunakan prosesor APU adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan antara CPU, GPU dan APU. Semoga ulasan ini bermanfaat dan tentunya dapat menambah ilmu baru yang sebelumnya kamu tidak tahu sekarang menjadi tahu. Jangan lupa pantau kembali javastech.com untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya!

error: Salin konten dilarang