Ini Dia Pengertian, Fungsi dan Cara Melihat Nomor IMEI yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Cara Cek Nomor IMEI
Beri Nilai Informasi

Ini Dia Fungsi Nomor IMEI yang Tidak Banyak Diketahui Orang Serta Cara Melihatnya Dengan Mudah – Jika kamu membeli sebuah smartphone pasti akan menemukan nomor IMEI disisi-sisi kotaknya. Namun, nomor IMEI tersebut saat ini tak hanya tersedia saja dikotaknya saja, melainkan ada dibelakang HP namun dalam bentuk yang berbeda-beda. Contohnya jika Xiaomi, ASUS, Samsung dan Oppo menggunakannya dalam bentuk stiker. Sedangkan produk Apple seperti iPhone, iPad dan iPod Touch sudah terpampang dibodinya, meski tidak semuanya.

Setiap ponsel yang harganya mahal atau murah, terkenal atau tidak pasti memiliki nomor IMEI dan tidak ada yang tidak memilikinya. Nomor IMEI ini diibaratkan seperti Kartu Tanda Penduduk, mengapa demikian? Karena sebagai identitas namun memiliki kode dan nomor-nomor yang berbeda untuk membedakan antara smartphone yang satu dengan yang lainnya meskipun ia adalah satu merk. Untuk lebih lanjut mengenai nomor IMEI mari gulirkan halamannya ke bawah.

Pengertian dan Fungsi Dari Nomor IMEICara Cek Nomor IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity atau mudahnya ia adalah nomor identitas sebuah smartphone baik Android atau iPhone. IMEI terdiri dari 15 atau 16 digit angka. Lalu apa fungsi dari nomor IMEI ini yang nampaknya hanya seperti barisan angka biasa?

Memang, nomor IMEI ini seperti nomor biasa-biasa saja namun ia memiliki peran penting untuk smartphone. IMEI dibuat untuk memudahkan identifikasi sebuah ponsel. Selain itu, IMEI juga bisa digunakan untuk mencegah atau memblokir ponsel tersebut agar tidak bisa lagi mengakses jaringan seluler. Contohnya seperti ini, bila kamu kehilangan smartphone maka kamu bisa meminta kepada layanan jaringan seluler (provider) untuk memblokir smartphone yang hilang tersebut dengan cara mengirim kode IMEI kepada provider -nya. Tak hanya memblokir, ia juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan ponsel tersebut apabila hilang karena sebuah pencurian, baik dengan bantuan aplikasi Android Device Manager atau Find My iPhone atau dengan bantuan polisi.Aplikasi Pelacak Ponsel

Untuk format pengkodean nomor IMEI adalah seperti ini “AA-BBBBBB-CCCCCC-D”. Format ini sudah diterapkan sejak tahun 2004 silam. Kode A dan B pada format tadi disebut dengan istilah Type Allocation Code (TAC). Kode ini dapat menunjukan pembuatan serta model dari ponsel tersebut. Contohnya, pada ponsel iPhone 5 yang diluncurkan oleh Apple memiliki kode TAC 01-332700, sedangkan pada ponsel Samsung Galaxy S2 memiliki kode TAC 35-853704. Kode format C adalah sebuah serial number yang diberikan oleh perusahaan si pembuat ponsel tadi. Sedangkan digit terakhir merupakan checksum yang digunakan untuk memverifikasi IMEI pada ponsel tersebut.Mengenal Fungsi Nomor IMEI di Ponsel

Kemudian nomor IMEI akan selalu ada dan ia tidak akan pernah berubah meskipun kamu selalu berganti-ganti kartu SIM beberapa kali. Sebab nomor tersebut bersifat permanen dan akan terus selalu menjadi alat identifikasi utama apabila terjadi sesuatu pada smartphone kamu, khususnya apabila terjadi kehilangan.

Cara Melihat Nomor IMEI Android

Untuk melihat nomor IMEI smartphone sangat mudah sekali dilakukan bahkan kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Lalu bagaimana caranya?

  1. Masuk ke menu panggilan atau dialpad.
  2. Ketik kode berikut ini: *#06#.
  3. Nomor IMEI sudah muncul.

Cara Melihat Nomor IMEI Produk Apple (iPhone, iPad dan iPod Touch)

1. Cek Nomor IMEI Pada iPhone

  • Buka Pengaturan > Umum > Mengenai.Nomor IMEI Pada Pengaturan iPhone

Pada daftar perangkat dibawah ini temukan nomor IMEI/MEID ditempat kartu SIM.Slot Kartu SIM iPhone

  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus

Selanjutnya diperangkat berikut ini temukan nomor seri dipengaturan dan IMEI/MEID (MEID adalah 14 digit pertama dari IMEI) dibagian belakang. Jika kamu memerlukan dukungan namun tidak dapat membuka menu pengaturan, maka selain nomor seri kamu dapat menggunakan IMEI/MEID.Tampak Belakang Nomor IMEI iPhone

  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus
  • iPhone SE
  • iPhone 5s
  • iPhone 5c
  • iPhone 5

Diperangkat berikut, temukan nomor seri dan IMEI/MEID di tempat kartu SIM:Tempat Kartu SIM iPhone

  • iPhone 3G
  • iPhone 3GS
  • iPhone 4 (model GSM)
  • iPhone 4s

Jika kamu memiliki iPhone asli, temukan nomor IMEI-nya dibagian belakang perangkat.

2. Cek Nomor IMEI Pada iPad dan iPod Touch

Untuk menemukannya sangat mudah. Temukan nomor IMEI iPad Pro, iPad, atau iPod Touch dibagian belakang perangkat. Di iPad (model seluler), kamu juga akan menemukan IMEI. MEID adalah 14 digit pertama dari IMEI.iPad dan iPod Model Seluler

Dengan hadirnya nomor IMEI ini kamu bisa memanfaatkannya sebagai alat untuk mengidentifikasi HP kamu dengan mudah serta sebagai identitas untuk pembedanya. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk kamu!

error: Salin konten dilarang