Lolos Uji TKDN, Inilah Calon Ponsel Terbaru Xiaomi Diluar Seri “Mi”

Bocoran Poster Xiaomi Mi 11T
Bocoran Poster Xiaomi 11T (Xiaomi)

JAVASTECH.COM – Xiaomi memiliki salah satu series atau lini bernama “Mi”. Sudah banyak jajaran smartphone Xiaomi dari seri “Mi” yang dirilis, mulai dari Mi generasi pertama yang dirilis tahun 2011 hingga Mi generasi sebelas.

Namun, muncul kabar baru bahwa pihaknya secara resmi akan menutup perjalanan dari seri ini. Sebagai gantinya, lini tersebut diganti dengan nama vendornya sendiri yakni “Xiaomi”.

Berhubungan dengan hal diatas, Xiaomi digadang-gadang tengah bersiap untuk menggelar event peluncuran dua varian baru untuk melengkapi lini flagship Mi 11 dalam waktu dekat. Ponsel tersebut yaitu Mi 11T dan Mi 11T Pro.

Tetapi, sejak kabar seri Mi akan dipensiunkan, tampaknya embel-embel “Mi” pada kedua calon ponsel tersebut bakal ditinggalkan Xiaomi. Apabila benar, maka penamaan ponsel tersebut menjadi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro serta bakal jadi yang pertama ponsel Xiaomi tanpa lini apapun.

Kabar penghilangan sub-merek “Mi” untuk calon kedua ponsel tersebut ternyata mendapat dukungan dari seorang juru bicara Xiaomi yang memaparkan keterangannya pada media XDA Developer. Keterangan ini juga menyebutkan bahwa ponsel Xiaomi setelah Mix 4 tidak akan mengusung “Mi lagi.

Pensiunnya seri “Mi” ini sebelumnya sudah dilakukan lebih dahulu ke ponsel flagship Mix 4 yang dirilis untuk pasaran China. Hingga akhirnya Lei Jun sang pendiri perusahana ini memutuskan untuk menutup seluruh lini “Mi”.

Kemudian, kebijakan penutupan sub-merek “Mi” tak hanya berlaku untuk ponsel saja, melainkan diterapkan juga untuk produk elektronik lainnya yang membawa nama tersebut seperti TV, laptop hingga kulkas.

Bahkan, dokumen listing dari situs sertifikasi milik Thailand, NTBC, juga turut mengkonfirmasi ditutupnya sub-merek “Mi” dari calon ponsel Xiaomi 11T Pro.

Isi dokumen listing tersebut teridentifikasi bahwa nomor model 2102107113SG merupakan ponsel bernama “Xiaomi 11T Pro”, bukan lagi Xiaomi Mi 11T Pro.

Tak hanya itu saja, untuk varian satunya lagi yakni versi non-pro, bakal dinamai dengan nama yang sama sesuai skema yang ditetapkan, yakni Xiaomi 11T, sebagaimana dihimpun dari XDA Developers, Kamis (26/8/2021).

Menurut rencana, peluncuran dua varian baru ini bakal digelar pada tanggal 15 September mendatang. Tak ada sedikit bocoran apapun mengenai produk yang bakal diluncurkan. Namun, kemungkinan besar event tersebut adalah peluncuran dari Xiaomi 11T dan 11T Pro.

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 11T

Berdasarkan bocoran yang beredar, Xiaomi 11T bakal menggunakan layar dengan rasio 20:9 menggunakan panel OLED. Kemudian tersemat fitur refresh rate 120Hz agar tampilan sangat mulus ketika sedang scrolling layar.

Kemudian untuk fotografinya, Xiaomi 11T mengandalkan tiga setup lensa kamera dengan kamera utama memiliki sensor OmniVision OV64B 64MP, ultrawide dengan sensor Sony IMX355 dan telemacro yang memiliki tingkat zoom hingga 3x. Tidak disebutkan secara jelas resolusi dari ultrawide dan telemacro ini.

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 11T
Bocoran Spesifikasi Xiaomi 11T (Twitter/Xiaomiui)

Untuk performanya, konon akan memanfaatkan chipset dari MediaTek yang kemungkinan adalah Dimensity 1200 dimana chip ini sudah mendukung konektivias dual 5G. Sisanya, tidak ada bocoran lain lagi yang lebih luas, karena Xiaomi sendiri pun tidak memberikan “kisi-kisi” tentang peluncurannya.

Dihimpun dari KompasTekno, Senin (30/8/2021), Xiaomi 11T nampaknya bakal segera masuk ke pasaran Indonesia. Hal ini karena ditemukannya ponsel dengan nomor model 21081111RG di laman P3DN Kemenperin dimana ponsel tersebut lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Sertifikasi TKDN Nomor 21081111RG
Sertifikasi TKDN Nomor 21081111RG (P3DN Kemenperin)

Bagaimana? Sudah penasaran dengan kejutan dari Xiaomi? Mari kita tunggu saja kabar terbarunya secara resmi dipeluncurannya nanti.

error: Salin konten dilarang