Konten Beresolusi 4K, Hanya Bisa Diakses Pengguna YouTube Premium

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – YouTube tampaknya sangat tertarik untuk meningkatkan kualitas konten video di platformnya dengan memperkenalkan opsi resolusi 4K.

Namun, ternyata opsi resolusi 4K tidak tersedia untuk pengguna gratis YouTube dan memerlukan langganan YouTube Premium.

Pengguna yang ingin menikmati konten 4K di platform video ini harus berlangganan YouTube Premium.

Seperti dilansir Gizmochina (3/10), Google dilaporkan sedang menguji rencana untuk menjadikan pemutaran video 4K sebagai fitur premium dalam upaya membuat lebih banyak pengguna berlangganan layanan tersebut.

Hal ini diketahui dari postingan Reddit di mana seorang pengguna yang berkesempatan mengikuti uji coba terbatas fitur ini membagikan tangkapan layar YouTube.

Tangkapan layar menunjukkan opsi bagi pengguna untuk menikmati konten hingga 4K (2160p).

Tangkapan Layar Opsi Konten Video 4K atau 2160p
Tangkapan layar opsi bagi pengguna untuk menikmati konten video hingga 4K atau 2160p. (Reddit)

Beberapa pengguna yang mengikuti uji coba fitur YouTube ini mengatakan mereka dapat terus menonton konten video 4K tanpa berlangganan YouTube Premium.

Juga, beberapa mengatakan bahwa mereka tidak dapat menikmati konten 4K sama sekali.

Keputusan ini tentu cukup mengejutkan bagi banyak pengguna, karena YouTube masih menawarkan kemungkinan untuk menikmati konten definisi tinggi secara gratis.

Sebagai informasi, perusahaan menetapkan biaya berlangganan YouTube Premium bulanan sebesar Rp 59.000 untuk pengguna individu.

Paket YouTube Premium lainnya termasuk Keluarga atau Family seharga Rp89.000 per bulan dan Pelajar seharga Rp34.000 per bulan. Di bawah 2160p adalah teks “Premium Tap to Upgrade“. Postingan di Reddit ini telah menerima banyak komentar.

Belum ada informasi resmi tentang berita tersebut, tetapi jika perusahaan memutuskan untuk mengaktifkannya sebagai fitur premium, pengguna harus menonton video di YouTube dalam resolusi 1440p dengan iklan atau berlangganan paket bebas iklan.

Dengan semakin banyak orang membeli SmartTV 4K akhir-akhir ini, perusahaan milik Alphabet mungkin ingin mengubah pengguna tersebut menjadi pelanggan YouTube Premium.

Dengan paket Premium, Anda dapat mendownload video, menonton video dengan fitur picture-in-picture, dan mengakses jutaan lagu di YouTube Music dengan bebas iklan.

Permasalahan Durasi Iklan YouTube

Dari apa yang dikatakan pengguna, hal tersebut mendapat kesan bahwa iklan video cukup panjang. Selain itu, video promosi di YouTube biasanya berdurasi 5-30 detik, dengan 30 detik dianggap cukup lama.

Setelah beberapa keluhan pengguna, tim YouTube membalas tweet tersebut dengan penjelasan.

YouTube juga mengklaim bahwa situasi ini disebut “iklan bumper”. Namun, ia mengklaim bahwa setiap iklan hanya berdurasi 6 detik, sehingga 5 iklan yang Anda lihat di YouTube tidak akan melebihi 30 detik.

Perusahaan juga mendorong pengguna untuk mengirimkan umpan balik langsung dari YouTube menggunakan alat umpan balik. Ini karena Google ingin mendengar langsung dari pengguna tentang apa yang disebut iklan bumper.

Sayangnya, tidak ada iklan yang dapat dilewati dan pengguna harus menonton semua 5 video iklan.

FYI, tidak semua pengguna YouTube gratis menonton 5 iklan. Beberapa pengguna hanya melihat dua iklan di awal video YouTube mereka. Dengan kata lain, Google masih dalam tahap pengujian.

You May Also Like

About the Author: Shelma Nissa Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.