Kini Biaya Servis Layar Lipat Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Lebih Murah

Samsung Galaxy Z Fold 4 dalam Genggaman (TheVerge)
Samsung Galaxy Z Fold 4 dalam Genggaman (TheVerge)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Untuk para calon pembeli ponsel lipat terbaru Samsung, yakni Galaxy Z Fold 4 atau Z Flip 4, kini tampaknya akan merasa lebih gembira. Kini ada kabar bahwa biaya perbaikan layar retak dari duo ponsel anyar tersebut semakin terjangkau.

Kabar ini berdasarkan dari Samsung yang memutuskan untuk menurunkan biaya servis retaknya layar ponsel Samsung lipat besutannya. Informasi ini tak hanya untuk calon pembeli saja, melainkan untuk konsumen yang berlangganan di Samsung Care Plus juga demikian.

Untuk biaya servis layar lipat yang retak, Samsung menetapkan paling murah dari harga 29 US$ atau setara Rp 425.000.

“(Perangkat) Anda akan tetap terlindungi di luar garansi pabrik, menerima segera perbaikan layar retak pada hari yang sama mulai dari 29-249 dollar AS (sekitar Rp 425.000 – Rp 3,6 juta) per klaim,” tulis Samsung di situs resminya.

Harga Samsung Care Plus di US
Harga Samsung Care Plus di US (Samsung)

Pada dasarnya, konsumen akan memperoleh layanan garansi standar sesuai dengan aturan disetiap negara berbeda. Contohnya di Amerika Serikat, konsumen tetap dapat memperbaiki ponselnya selama satu tahun dari garansi standar yang dimilikinya. Namun, garansi ini tidak akan berlaku jika kerusakan akibat faktor eksternal atau kesalahan pengguna.

Contohnya menjatuhkan ponsel, menumpahkan cairan diatasnya hingga membongkar ponsel secara sendiri adalah tindakan kesengajaan yang membuat garansi standar tidak berlaku untuk mencakup hal tersebut.

Beda halnya jika konsumen menggunakan layanan perlindungan dari Samsung dengan Samsung Care Plus. Dengan konsumen menggunakan layanan ini, maka cakupan garansi standar bisa diperluas untuk perlindungan perangkat pengguna, termasuk terhadap Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4.

Jika konsumen menggunakan layanan Samsung Care Plus dengan biaya langganan 13 US$ (setara Rp 190.000) per bulan, maka garansi setahun bisa diperpanjang menjadi tiga tahun.

Samsung Care Plus melayani perbaikan kerusakan perangkat akibat ketidaksengajaan pengguna, khususnya pada Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4. Meski demikian, konsumen tetap harus membayar biaya servis yang diperlukan namun dengan harga yang lebih dipangkas daripada non-langganan.

Sebelumnya, pada tahun lalu pemilik Galaxy Z Fold 3 masih harus mengeluarkan biaya sebesar 249 US$ atau setaraRp 3,6 juta per servis retakan layar meskipun dirinya adalah pelanggan Samsung Care Plus.

Nah, itu adalah yang berlangganan dan jika tak punya langganan tersebut, biaya servis untuk kerusakan yang sama harganya dipatok lebih tinggi mencapai 480 US$ atau setara Rp 7 juta.

Adanya perbandingan harga dari tahun sebelumnya, akhirnya Samsung memutuskan untuk memangkas biaya perbaikan retakan layar ponsel lipat mulai dari 29 US$ (atau Rp 425.000) hingga 249 US$ (atau Rp 3,6 juta).

Yang perlu jadi catatan sebagaimana dihimpun dari 9to5Google, klaim kerusakan yang tidak disengaja oleh pengguna dibatasi oleh Samsung sebanyak tiga kali per 12 bulan.

error: Salin konten dilarang