Pemula Wajib Tahu! Berikut Kesalahan Sepele yang Harus Dihindari Saat Merakit PC

Tips Merakit PC Sendiri Untuk Pemula

Javastech.com – Beberapa orang atau mungkin termasuk kamu bakal lebih memilih membeli laptop atau komputer siap pakai ketimbang harus beli komponen PC satu per satu kemudian merakitnya sendiri.

Melansir dari laman Tom’s Hardware bahwa merakit PC atau komputer bukanlah suatu kegiatan yang bisa dilakukan dengan mudah dan asal-asalan. Karena pada papan induk atau biasa disebut motherboard memiliki letak penempatannya masing-masing untuk tiap komponen yang akan dipasangkan. Terlebih lagi bagaimana caranya untuk memasang komponen yang baik dan benar. Bisa dikatakan merakit PC membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Untuk sebagian orang, merakit PC secara sendiri tentu memberikan rasa kepuasan tersendiri. Hal ini dikarenakan kita bisa memilih komponen sesuai keinginan dan kebutuhan. Bagi yang sudah paham maka membeli sampai merakit komponen komputernya hingga terbentuk bakal menjadi hal yang menyenangkan dan mudah saja meskipun prosesnya lama.

Pemula Wajib Tahu! Berikut Kesalahan Sepele yang Harus Dihindari Saat Merakit PC

Tips Merakit PC Sendiri Untuk Pemula
Ilustrasi Rakit Komputer (Unsplash/Jeshoots)

Lalu bagaimana bagi pemula yang ingin merakit komputer sendiri? Sebelum melakukannya, ada kalanya kamu mesti tahu terlebih dahulu tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika merakit sebuah komputer.

1. Hindari Sentuhan Langsung Pada Perangkat Keras

Seperti yang kita tahu untuk merakit PC memang harus memegang komponen-komponennya untuk dipasangkan ke motherboard. Tapi tahukah kamu bahwa sentuhan langsung ke komponennya dapat membuat komponen tersebut menjadi terkontaminasi oleh kotoran dari permukaan tangan kita. Bisa seperti keringat, minyak, debu dan kotoran lainnya yang tak kasat mata.

Oleh sebab itu ketika ingin merakit PC sebaiknya gunakan sarung tangan khusus seperti sarung tangan nitrile. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi kemungkinan terjadinya sistem tidak stabil pada komponen setelah dipasang. Apabila sudah terlanjur menyentuhnya, maka segera bersihkan dengan kain tanpa serat atau ditambah dengan alkohol agar benar-benar bersih.

2. Hindari Terjadinya Electrostatic Discharge (ESD)

Bagi kamu yang tidak paham apa itu Electrostatic Discharge maka istilah mudahnya adalah listrik statis. Apa dampak dari ESD bagi komponen komputer? Dampaknya adalah dapat membuat perangkat keras elektronik menjadi rusak atau konslet. Penyebabnya tidak jauh dari kita dan kondisi tempat untuk merakit. Maka dari itu untuk menghindari terjadinya ESD pastikan tempat merakit komputer dalam keadaan bersih, terbuka, sejuk dan tidak lembab. Dan jangan lupa dari kebersihan diri kita terutama permukaan tangan dan pakaian.

3. Hindari Penggunaan Aksesoris atau Perhiasan Ditubuh

Untuk yang satu ini khususnya aksesoris yang ada ditangan seperti jam tangan, gelang, cincin dan aksesoris lainnya yang bersifat isolator. Kemudian juga apabila ada benda lainnya yang bersifat isolator sebaiknya diberi jarak untuk menghindari listrik statis yang bisa mempengaruhi komponen.

4. Perhatikan Pemasangan Sekrup (Baut)

Tentu saja agar komponen yang dipasang dapat pas dan optimal maka perlu dipasang dengan sekrup. Yang satu ini sebenarnya juga terlihat sepele namun penting untuk diperhatikan. Karena jangan sampai sekrup yang dipasang terlalu kencang. Karena sekrup yang terlalu kencang bisa membuat komponen menjadi rentan rusak karena terlalu tertekan dari sekrup tersebut. Oleh karena itu kencangkan sekrup dalam batas normal saja.