Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Tips Memilih Jenis Switch Keyboard Mechanical yang Cocok untuk Kamu

0

Jenis Switch Keyboard Mechanical – Selama ini mungkin kamu hanya tahu perangkat keras keyboard yang biasa ada di komputer atau laptop sebagai perangkat untuk input. Namun tahukah kamu bahwa keyboard ini ada berbagai jenis, salah satunya adalah switch mechanical keyboard. Keyboard ini terbuat dari kombinasi logam, plastik dan spring (per). Kombinasi tersebut membuat penggunaan keyboard ini terasa lebih nyaman sekaligus bisa lebih tahan lama. Sedangkan switch mechanisme adalah mekanisme yang digunakan pada jenis keyboard ini. Jenis switch keyboard pun beragam yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Switch Keyboard Mechanical?Switch Keyboard Mechanical

Switch yang digunakan pada mechanical keyboard ini ada banyak jenisnya. Setiap jenis switch pun memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu, ketika memilih pastikan kamu mengetahui masing-masing karakteristik dari switch tersebut untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam memilih jenis switch keyboard yang sesuai kebutuhan.

1. Karakter dan Penggunaannya 

Hal pertama yang harus benar-benar kamu perhatikan ketika memilih switch keyboard adalah jenis dan karakteristiknya. Setelah mengetahui karakteristik dari masing-masing jenis switch, maka kamu pun akan bisa mengetahui kegunaan dari masing-masing jenis switch tersebut. Nah selanjutnya kamu harus bisa menyesuaikan pemilihan jenis switch tersebut berdasarkan kebutuhan atau kegunaan dari keyboard. 

Mengenal dan memahami penggunaan keyboard akan membantumu memilih jenis switch yang cocok. Hal ini karena setiap penggunaan pasti memiliki jenis switch yang berbeda yang membuatnya nyaman saat digunakan. Sementara itu, jika kamu adalah tipe pengguna yang tidak hanya menggunakan keyboard untuk kebutuhan tertentu saja, yaitu menggunakannya untuk mengetik, bermain game dan aktivitas lainnya, maka yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikannya dengan karaktermu. Dengan begitu kamu akan bisa memilih jenis switch yang sesuai.

2. Perhatikan Keycaps 

Aspek selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat memilih switch keyboard adalah keycap. Memilih material keycap yang tepat adalah tips penting yang seharusnya diperhatikan namun justru sering diabaikan. Padahal yang membedakan keyboard ini dengan jenis keyboard umum, terutama dari segi harga adalah karena keycap. Ada beberapa jenis bahan yang umumnya digunakan dalam pembuatan keycap, yaitu ABS dan PBT.

Bahan ABS adalah bahan yang umum digunakan dengan karakter ringan, terkesan plastik dan warnanya dapat berubah menjadi kuning seiring penggunaannya. Sedangkan bahan kedua adalah PBT yang memiliki karakter lebih berat, dengan material bertekstur dan pastinya lebih awet. Keyboard dengan bahan ini biasanya dijual dengan harga lebih tinggi. Selain itu, teknik pembuatannya juga penting, yaitu teknik membubuhkan simbol di atas keycap. 

3. Budget 

Jika kamu berminat memiliki switch keyaboard, maka pastikan budget yang kamu miliki mencukupi. Hal ini karena switch keyaboard umumnya dijual dengan harga yang cukup tinggi. Apalagi jika kamu memilih yang berkualitas tinggi, maka harga yang harus kamu keluarkan pun akan lebih tinggi. Biasanya, untuk jenis keyboard ini dibandrol dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Tergantung juga dengan merk yang kamu pilih. Namun, jangan sampai Kamu tergoda iming-iming harga murah padahal keyboard yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. 

4. Tentukan Preferensi Merk atau Produsen 

Terakhir, jika kamu memiliki preferensi merk atau produsen, kamu juga bisa memasukkannya dalam hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli switch keyboard. Preferensi merk atay produsen tertentu ini bagi beberapa orang menjadi hal yang penting.

Sebagai tambahan, selain menentukan preferensi merk atau produsen, ada baiknya jika membeli switch keyboard memang dengan datang langsung ke tokonya. Membeli secara online, apalagi untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan jenis keyboard ini, memang kurang disarankan. Dengan membeli langsung di tokonya, kamu bisa berkesempatan mencoba langsung keyboard tersebut. Jadi, ketika sudah merasa nyaman bisa langsung dibeli. 

Memilih perangkat keras untuk kebutuhan komputermu bisa dibilang penting untuk menunjang kenyamanan saat menggunakannya. Salah satunya adalah saat memilih keyboard, apalagi switch keyboard. Banyaknya jenis switch keyboard yang ada memang memberikan semakin banyak pilihan untukmu. Namun pastikan kamu memilih yang sesuai dengan karakter dan kebutuhanmu.

Daftar Jenis Switch Keyboard Mechanical

Setelah membaca tips apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih switch keyboard mechanical, kini saatnya kamu melihat apa saja jenis switch yang tersedia. Karena ada beragam jenisnya dan tentunya dari jenis ini akan menentukan pilihan kamu nantinya. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Cherry MX Black

Chrerry MX Black

Switch Cherry MX Black jika ditekan maka memiliki ciri alur lurus dari atas ke bawah. Tidak ada rasa hentakan pada ujung jari kita apabila telah melakukan register karakter ke sirkuit keyboard. Namun, switch jenis ini cenderung lebih berat karena pegasnya memang dirancang lebih tebal. Alhasil untuk menekan keyboard dengan switch ini diperlukan tenaga ekstra dibanding dengan switch lainnya.

Jika dilihat dari karakteristiknya maka bisa dikatakan Cherry MX Black cocok digunakan untuk para gamer dengan gaya permainan yang keras. Salah satunya genre game yang cocok untuk switch ini adalah FPS karena bisa menakan keyboard tanpa takut salah antara dua hingga kali berturut-turut.

  • Karakteristik: Linear
  • Sensasi: Berat
  • Tekanan jari: 60g
  • Level bunyi: Tenang
  • Daya tahan: 50 juta klik per tombol

2. Cherry MX RedCherry MX Red

Yang satu ini karakternya hampir mirip dengan yang sebelumnya, Cherry MX Black. Namun, yang membedakan adalah ketebalan pegas pada switch ini dirancang lebih tipis sehingga tenaga yang diperlukan untuk menekan juga cukup ringan saja. Cheryy MX Red cocok digunakan untuk para pengguna yang kalem atau yang suka menulis karena tombol yang dihasilkan oleh switch ini ringan, empuk dan tidak berisik.

  • Karakteristik: Linear
  • Sensasi: Ringan
  • Tekanan jari: 45g
  • Level bunyi: Tenang
  • Daya tahan: 50 juta klik per tombol

3. Cherry MX Silver/Speed

Cherry MX Silver

Switch ini nampaknya memiliki sebutan lain, yakni Cherry MX “Speed”. Mengapa dikatakan demikian? Karena tenaga yang diperlukan untuk menekan switch ini lebih ringan dibandingkan dengan sebelumnya. Tekanan tipis saja sudah bisa membuat karakter teregister ke sirkuit. Hal ini karena pegasnya lebih pendek dan ringan. Karakternya bersifat linear dengan pegas yang apabila ditekan beralur lurus langsung dari atas ke bawah.

Cherry MX Silver atau “Speed” ini ternyata merupakan produk baru hasil kerjasama antara Cherry dengan Corsair. Switch ini kemudian diterapkan di keyboard Corsar K70 RGB Rapidfire. Cocok sekali bagi pengguna yang memang membutuhkan kecepatan mengetik tanpa adanya hentakan dan bunyi “klik”.

  • Karakteristik: Linear
  • Sensasi: Ringan
  • Tekanan jari45g
  • Level bunyi: Tenang
  • Daya tahan: 50 juta klik per tombol

4. Cherry MX BlueCherry MX Blue

Apakah kamu ingin mersakan bunyi mesin ketik tahun 80-an? Nah, switch Cherry MX Blue adalah pilihannya! Karena karakteristik switch ini tactile yang artinya memberikan umpan balik berupa rasa hentakan ke ujung jari apabila ditekan. Lalu darimana suara “tik” seperti mesin ketik jadul bisa dihasilkan? Sumbernya yakni berasal dari benturan ganda pada “pemukul” switch. Ilustrasinya bisa dilihat pada gambar .gif diatas. Bisa dikatakan keyboard dengan switch Cherry MX Blue adalah yang paling berisik dikarenakan karakteristik tersebut.

  • Karakteristik: Tactile
  • Sensasi: Berat
  • Tekanan jari: 60g
  • Level bunyi: Clicky
  • Daya tahan: 50 juta klik per tombol

5. Cherry MX Brown

Cherry MX Brown

Hampir mirip dengan Cherry MX Blue, namun bedanya switch ini ketika ditekan tidak menimbulkan benturan ganda melainkan langsung memukul ke bawah. Karena karakterisik tersebut hasilnya adalah tidak adanya bunyi “tik” yang dihasilkan. Switch ini juga ringan ketika ditekan sehingga dengan sentuhan sedikit dari jari saja sudah bisa memberikan register karakter ke sirkuit. Karakternya tactile namun agak linear sehingga switch ini juga disukai oleh para gamers.

  • Karakteristik: Tactile
  • Sensasi: Medium
  • Tekanan jari: 45g
  • Level bunyi:Tenang
  • Daya tahan: 50 juta klik per tombol

6. Cherry MX GreenSwitch Cherry MX Green

Jika dilihat dari ilustrasinya maka karakteristik switch ini hampir mirip dengan Cherry MX Blue. Tapi masih ada perbedaannya yakni dibagian pegasnya yang lebih tebal sehingga berat untuk ditekan. Bisa dibilang switch ini seperti membawa kita ke keyboard zaman dahulu yang mana ketika ditekan memang harus kuat agar karakternya bisa masuk. Bisa dilihat kembali dari ilustrasi adanya pukulan ganda ditambah pegas yang tebal hasilnya switch ini lebih berisik dibanding dengan Cherry MX Blue.

  • Karakteristik: Tactile
  • Sensasi: Berat
  • Tekanan jari: 60g
  • Level bunyi: Clicky
  • Daya tahan: 50 juta klik per tombol

7. Cherry MX ClearCherry MX Clear

Masih ada lagi dengan switch yang lebih berat yakni Switch MX Clear. Hentakan yang dihasilkan oleh switch ini jauh lebih terasa dibandingkan dengan switch sebelumnya yang sudah disebutkan. Tapi walaupun berat ternyata switch ini senyap dibandingkan Cherry MX Green. Cocok juga untuk para pengguna yang suka dengan permainan keyboard yang keras karena memang membutuhkan tenaga yang kuat juga dari jari.

  • Karakteristik: Tactile
  • Sensasi: Lebih berat
  • Tekanan jari: 65g
  • Level bunyi: Senyap
  • Daya tahan: 50 juta klik per tombol

Penutup

Demikian informasi mengenai Tips Memilih Jenis Switch Keyboard Mechanical yang Cocok untuk Kamu. Jadi, sebelum kamu membeli keyboard mechanical ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang switchnya. Kelihatannya memang sepele namun hal itu berpengaruh terhadap diri kita ketika akan menggunakan keyboard. Silakan untuk dicocokan terlebih dahulu tentang keinginan switch dengan kepribadian kamu. Misalkan saja bisa jadi kamu ternyata dengan switch Cherry MX Blue tidak cocok karena dianggap berisik dan mengganggu oleh sekitaran ruangan yang sering mendengarnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More