Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Penting! 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Komputer/Laptop

0

Ketika harddisk atau SSD sebagai media penyimpanan yang permanen, maka RAM justru sebaliknya yakni tidak permanen atau bisa dibilang hanya sementara saja. Jika RAM sebagai media penyimpanan sementara lalu apakah yang sebenarnya di simpan oleh benda tersebut? Yang disimpan oleh RAM adalah data sementara yang dijalankan oleh suatu program atau aplikasi. Seperti membuat dokumen di Ms. Word yang mana dokumen tersebut akan terus terjaga oleh RAM namun tidak bisa disimpan permanen. Oleh karena itu kita mesti menyimpannya sebelum terjadi kehilangan. Karena apabila komputer mati maka RAM tentu tidak bisa menyimpan data tersebut.

Selain itu dengan RAM maka suatu program atau aplikasi dapat berjalan dengan jumlah yang kita jalankan. Namun, perlu diingat bahwa RAM memiliki sebuah kapasitas. Artinya adalah jika semua program berjalan hingga sisa memorinya habis, maka performa komputer akan menurun bahkan dapat menimbulkan hang. Seringkali para pengguna mengeluhkan performa komputer yang mulai melamban. Hingga pada akhirnya jalan yang diambil adalah dengan upgrade RAM. Karena harapannya setelah upgrade RAM adalah performa komputer jauh lebih baik dari sebelumnnya.

Penting! 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Komputer/LaptopHal yang Harus Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Komputer

Namun, sebagai pengguna kita tidak bisa sembarangan dalam upgrade RAM. Kita diharuskan untuk mengetahui persyaratan tentang spesifikasi memori yang bisa diterapkan ke komputer tersebut. Karena jika kita hanya upgrade berdasarkan keinginan menambah kapasitas saja tanpa mengindahkan spesifikasi, maka upgrade bisa menjadi percuma. Oleh karena itu kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum upgrade RAM komputer. Berikut ini adalah informasinya.

1. Sesuaikan Kapasitas RAM dengan KebutuhanSesuaikan RAM dengan Kapasitas

Pertimbangkanlah kapasitas RAM yang ingin kita tambahkan ke komputer. Contohnya apabila kita seorang editor video maka kita bisa upgrade RAM sebesar 8-16GB. Karena seperti yang kita ketahui untuk melakukan editing hingga rendering video memang memerlukan RAM yang besar. Menggunakan Adobe Premiere CC 2020 saja sudah memerlukan spesifikasi mininum RAM sebesar 8GB. Maka tentu dengan upgrade RAM sebesar itu cocok saja karena sesuai kebutuhan. Oleh karena itu menyesuaikan dengan kebutuhan menjadi faktor pertama yang harus dilakukan. Karena jika telah di upgrade RAM namun sisa kapasitasnya masih banyak, maka itu akan membuatnya tidak berguna.

2. Perhatikan Spesifikasi Sistem OperasiArsitektur Sistem Operasi

Dari sistem operasi maka kita harus memperhatikan dari arsitektur yang terinstall apakah 32-bit atau 64-bit. Karena keduanya sangatlah berbeda dari segi kapasitas register yang bisa ditangani oleh prosesor dalam sekali perhitungan. Dari sini kita sudah bisa menemukan bahwa sistem operasi dengan arsitektur 64-bit dapat menerima lebih banyak penanganan dibanding 32-bit. Untuk melihatnya kita bisa ambil dari berapa banyak kapasitas RAM yang bisa ditampung. Sistem operasi arsitektur 32-bit hanya dapat menampung memori sampai 4GB saja. Sedangkan arsitektur 64-bit dapat menampung jumlah memori hingga 128GB.

3. Tipe dan Kecepatan RAMTipe RAM Komputer

Ada dua jenis RAM yang perlu kita ketahui. Yang pertama Small Outline Dual Inline Memory Module atau disebut “SODIMM” untuk laptop. Lalu yang kedua Dual Inline Memory Module atau “DIMM” untuk komputer. Perbedaan dasar dari RAM yang satu ini wajib kita ketahui karena SODIMM dengan DIMM memiliki bentuk ukuran yang berbeda. Sekarang kita akan bahas satu per satu istilahnya misalnya, DIMM/SODIMM DDR4 8GB 2666 mHz.

  • DIMM: jenis RAM untuk komputer. Bentuknya panjang
  • SODIMM: jenis RAM untuk laptop. Bentutknya pendek
  • DDR4: tipe RAM yang digunakan. Perlu diingat, tipe RAM juga bisa berdasarkan dukungan slot dari motherboard.
  • 8GB: kapasitas RAM
  • 2666 mHz: kecepatan/frekuensi RAM

4. Frekuensi RAMKecepatan RAM

Ini juga tidak kalah pentingnya. Sebelum membeli RAM perhatikan terlebih dahulu frekuensi dari RAM bawaan komputer atau laptop kita. Karena jika misal RAM bawaan kita adalah DDR4 8GB 2133 mHz maka ketika ingin upgrade maka nilainya harus sama. Mengapa? Sebab jika tidak cocok, maka frekuensi RAM yang baru dipasang akan mengikuti RAM bawaan. Contohnya RAM yang baru disebut tadi akan di upgrade dengan RAM baru DDR4 8GB 2666 mHz. Maka RAM yang baru ini akan mengikuti yang sebelumnya atau bawaannya. Alhasil kecepatan bukannya semakin bertambah malah mengakibatkan penurunan.

5. Akan Lebih Baik Ketika Bertanya Kepada AhlinyaBertanya Ke Ahli Komputer

Ketika kita ingin upgrade RAM namun masih merasa ragu, maka akan lebih baiknya ketika bertanya juga kepada ahlinya. Karena orang yang sudah ahli dibidangnya dan memiliki pengetahuan maka akan memberikan kamu masukan agar tidak salah dalam upgrade RAM. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya karena pertanyaan yang kita ajukan dan terjawab bisa menjadi panduan kita. Kemudian sekaligus menjadi ilmu baru dari orang tersebut.

Penutup

Demikianlah informasi yang sudah disampaikan mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum upgrade RAM komputer atau laptop. Kepingan RAM ini memang memiliki fungsi yang sangat penting untuk menghasilkan performa komputer kita. Jika kita tepat dalam upgrade RAM maka performa yang diharapkan dapat terealisasikan.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More