Google Rilis Pixel 7 dan 7 Pro, Hadir dengan Android 13 dan Chipset Tensor G2

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Sebelumnya, Pixel 7 dan 7 Pro telah diperkenalkan pada acara tahunan Google I/O pada Mei lalu. Kini kedua ponsel tersebut telah resmi dirilis pada event bertajuk
“Made by Google”, Kamis (06/10/2022) waktu Amerika Serikat.

Kehadiran duo Pixel anyar ini sekaligus menjadi penerus dari Pixel 6 dan 6 Pro yang telah dirilis pada tahun lalu. Sebagai generasi yang baru, tentu Google mesti menyematkan beberapa hal yang baru pada Pixel 7 dan 7 Pro ini, salah satunya menggunakan chipset terbaru, Google Tensor G2.

Chipset besutan terbaru dari Google ini memiliki fabrikasi 4nm dan diklaim dapat melakukan pemrosesan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) 60 persen lebih cepat dan 20 persen lebih efisien jika dibandingkan dengan chipset yang ada pada lini Pixel 6.

Kemudian berkat chipset anyar ini, Pixel 7 dan 7 Pro memperoleh peningkatan dari segi fotografi, terutama pada fitur “Photo Unblur”. Foto yang sebelumnya terlihat buram dan banyak noise, bisa jadi lebih bersih dan jelas untuk dilihat berkat pemrosesan AI.

Sedikit Mengubah Desain Modul Kamera

Pada Pixel 6 dan 6 Pro, keduanya sama-sama memiliki modul kamera yang berbentuk persegi panjang sampai menyatu ke frame ponsel. Nah, Pixel 7 dan 7 Pro juga demikian, namun ada sedikit perubahan dari generasi sebelumnya.

Kini desain yang baru adalah modul kamera persegi panjangnya tampil lebih membulat dan memiliki warna yang menyesuaikan dengan warna bodi ponsel agar lebih serasi. Disebelumnya, modul kamera Pixel 6 dan 6 Pro berwarna hitam untuk ponsel warna apapun.

Berkat warna modul kamera yang kini menyesuaikan dengan warna bodi, lensa kamera yang berbentuk oval seperti bentuk pil pun bisa terlihat dengan jelas.

Spesifikasi Pixel 7

Spesifikasi Pixel 7
Spesifikasi Pixel 7 (Made by Google)

Pixel 7 memiliki layar dengan panel AMOLED berukuran 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (1.080 x 2.400 piksel) serta dilengkapi dengan fitur refresh rate 90Hz. Dibagian atas layarnya terdapat desain punch hole dimana tempat untuk meletakkan kamera selfie beresolusi 10,8 MP (f/2.2).

Untuk melindungi layarnya, Pixel 7 menggunakan proteksi dari Corning Gorilla Glass Victus, proteksi layar untuk smartphone kelas flagship.

Beralih ke bagian belakangnya terdapat dua kamera yang digabung dalam desain oval diatas moduk kamera persegi panjang. Masing-masing memiliki resolusi kamera utama 50 MP (f/1.9) dan ultrawide 12 MP (f/2.2).

Selain Google Tensor G2, performa dari Pixel 7 dibekali dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB/256 GB. Untuk penggunaan sehari-hari, Google menyematkan baterai berkapasitas 4.355 mAh yang bisa diisi ulang dengan fast charging 30W.

Fitur lain yang ada pada Pixel 7 antara lain fingerprint under display, sertifikasi tahan air dan debu IP68, fast wireless charging 20W, reverse wireless charging dan USB Power Delivery 3.0 dan USB Type-C 3.2.

Spesifikasi Pixel 7 Pro

Spesifikasi Pixel 7 Pro
Spesifikasi Pixel 7 Pro (Made by Google)

Untuk yang ini adalah versi pro dimana spesifikasinya lebih besar dibanding versi biasa. Mulai dari layarnya dimana panelnya sama dengan Pixel 7, bedanya adalah ukurannya lebih luas dengan 6,71 inci dan resolusinya lebih tajam dengan Quad HD Plus (1.440 x 3.120 piksel). Dilengkapi juga refresh rate 10-120Hz.

Tidak seperti Pixel 7 yang ada dua kamera belakang, pada Pixel 7 Pro terdapat tiga kamera dengan dua lensa menyatu berbentuk oval dan satunya lagi terpisah berbentuk bulat. Masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.9, PDAF, OIS) untuk kamera utama, 12 MP (f/2.2) kamera ultrawide dan 48 MP (f/3.5 dan 5x optical zoom) kamera telefoto.

Spesifikasi memorinya juga lebih besar dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal dengan tiga pilihan, mulai dari 128 GB, 256 GB dan 512 GB yang paling besar. Kemudian baterainya memiliki kapasitas jumbo dengan 5.000 mAh lengkap dengan fitur fast charging 30W. Untuk fitur pelengkapnya, Pixel 7 Pro sama dengan Pixel 7 versi biasa.

Harga Google Pixel 7 dan 7 Pro

Pixel 7 hadir dengan tiga pilihan warna yakni Obsidian, Lemongrass dan Snow. Sedangkan Pixel 7 Pro hadir dengan warna Obsidian, Snow dan Hazel. Untuk harganya adalah sebagai berikut

  • Pixel 7 (8/128 GB): 600 US$ (sekitar Rp 9,1 juta)
  • Pixel 7 Pro (12/128 GB): 900 US$ (sekitar Rp 13,7 juta)

 

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.