Google Perpanjang “Umur” Browser Chrome di Windows 7 Sampai 2022

Google Perpanjang Dukungan Chrome di Windows 7

Sebelumnya Google sudah pernah mengingatkan kepada pengguna Windows 7 bahwa dukungan terhadap browser milik mereka yaitu Chrome bakal dihentikan pada tahun 2021 mendatang. Mengapa tindakan tersebut bisa dilakukan? Karena Microsoft selaku pencipta Windows 7 sudah menghentikan dukungan untuk sistem operasi tersebut di awal tahun 2020. Jika mengingat umur dari Windows 7 memang sudah sangat lama karena sistem operasi tersebut lahir pada tahun 2009 dan kini sudah 2020.

Namun, baru-baru ini pihak Google telah merilis informasi lagi bahwa pihaknya bakal memperpanjang dukungan Chrome untuk sistem operasi Windows 7 sampai 6 bulan ke depan. Jadi, bagi pengguna Windows 7 masih bisa menggunakan browser Chrome sampai 15 Januari 2022 mendatang.

Mengapa Google memperpanjang kembali dukungan Chrome di sistem operasi lawas milik Microsoft? Hal ini berdasarkan pantauan Google masih banyak pengguna komputer yang belum memiliki kesempatan untuk melakukan upgrade ke Windows yang lebih baru. Kesempatan yang belum tercapai tersebut disebabkan juga oleh orang-orang yang sangat sibuk bekerja di kala pandemi. Apalagi beberapa diantaranya masih ada yang melakukan WFH sehingga rutinitasnya dua kali lebih padat.

“Tahun ini dipenuhi dengan banyak tantangan untuk organisasi kecil maupun besar. Menangani masalah yang berat dalam bisnis dan teknologi merupakan hal yang harus dihadapi orang-orang di tahun 2020 ini,” tulis pihak Google dikutip dari XDA-Developers.

Google pun memberikan grafik yang memperlihatkan bahwa masih terdapat 22 persen pengguna Google Chrome yang menggunakan Windows 7 meskipun kebanyakan diantaranya saat ini sedang melakukan proses migrasi ke Windows 10.

Grafik Google Chrome di Windows 7
Grafik Chart Pengguna Google Chrome di Windows 7 (photo/Google Chrome Enterprise)

Seperti yang kita ketahui Windows 7 sudah berumur 11 tahun dan wajar saja jika Microsoft memaksa pengguna untuk beralih ke Windows 10 dengan cara mengentikan dukungannya. Google pun juga demikian menghentikan dukungan Chrome di Windows 7 dikarenakan Microsoft saja sudah tidak lagi menopang Windows 7. Namun, dikarenakan masih banyak pengguna yang belum mendapatkan kesempatan upgrade, maka Google memperpanjang dukungan Chrome untuk pengguna. Hal ini agar sesegera mungkin melakukan upgrade sistem operasi ke yang lebih baru.