Google Berulang Tahun Ke-23, Muncul Doodle Berbentuk Kue

Doodle Ulang Tahun Google Ke-23
Doodle Ulang Tahun Google Ke-23 (Google)

JAVASTECH.COM – Hari ini, Senin, 27 September 2021 adalah hari ulang tahun yang ke-23 dari perusahaan raksasa Google. Sebagai perayaannya, Google merilis doodle dengan menampilkan kue tart di halaman utama pencarian Google.

Bukan sekedar doodle saja, melainkan ada animasi dimana terdapat wajah senyum, lilin dan tangan mengangkat kue bak “topi” dikepalanya. Kemudian, terdapat tulisan “Google” dengan warna pastel yang ditaburi meses warna-warni.

Menurut Wikipedia, Google merupakan perusahaan teknologi yang resmi didirikan pada 4 September 1998. Walau demikian, pada ulang tahunnya yang kelima atau tepatnya ditahun 2003, Google merayakan hari jadinya ditanggal yang berbeda, yakni 8 September.

Tampilan Mesin Pencari Google Doodle 23
Tampilan Mesin Pencari Google Doodle Ke-23 (Screenshot)

Setahun setelahnya, Google kembali merayakan ulang tahunnya yang keenam ditanggal yang berbeda juga, yakni 7 September. Lanjut diulang tahun yang ketujuh pada tahun 2005, Google merayakannya ditanggal yang lumayan jauh dari sebelumnya, pada 26 September.

Hingga akhirnya pada tahun 2006, tanggal ulang tahun Google ditetapkan menjadi 27 September. Alasan tanggal ini dipilih karena agar perusahaan dapat mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya pada saat itu.

Selain doodle ulang tahun yang ke-23, Google juga memiliki beberapa doodle lainnya yang pernah digunakan sebagai perayaan hari jadinya. Untuk melihatnya, bisa cek melalui tautan berikut.

Pada laman doodle, dijelaskan juga sejarah singkat mengenai berdirinya Google yang bermula dari pertemuan antara dua pendiri itu sendiri, Sergey Brin dan Larry Page.

Kemudian, bagaimana nama “Google” ini bisa terbentuk bermula dari ketika Page dan Brin ingin memberi nama “Googol”. Nama tersebut merupakan istilah matematika untuk angka “1” yang diikuti oleh 100 angka nol. Jadi, alasan nama “Googol” diambil untuk menjelaskan jika Google adalah gudangnya informasi tak terbatas di internet.

Disuatu momen, ternyata para investor salah mengeja nama dari seharusnya “Googol” menjadi “Google”  dan terlanjur menuliskannya ke dalam cek dan dokumen lainnya

Karena ketidaksengajaan ini, akhirnya Page dan Brin terpaksa harus menggunakan nama “Google” untuk teknologi mesin pencari mereka yang sudah digunakan hingga kini.

Masih dari laman doodle, dijelaskan juga jika setiap harinya ada miliaran pencarian di mesin pencari Google dengan lebih dari 150 bahasa berbeda diseluruh dunia.

Wujud Server Pertama Google
Wujud Server Pertama Google (9Gag)

Perlu diketahui, dahulu server pertama yang dimiliki oleh Google disimpan dalam sebuah lemari yang terbuat dari balok mainan. Kini, melihat miliaran pengguna yang aktif, Google telah berkembang dengan memiliki lebih dari 20 pusat data di seluruh dunia.

Ada pesan-pesan untuk ulang tahun Google yang ke-23? Kamu bisa coba share ucapannya di kolom komentar ini ya. Selamat ulang tahun, Google!

error: Salin konten dilarang