Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Berikut Fitur Terbaru di iOS 14, Hampir Meniru Android Punya!

0

Fitur Terbaru di iOS 14 – Pada Selasa (23/04/2020) dini hari kemarin, Apple secara resmi memperkenalkan iOS 14 sebagai sistem operasi terbaru mereka. Sistem operasi terbaru ini diperkenalkan lewat acara tahunan WWDC (Worldwide Developer Conference) 2020. Tetapi pada tahun ini acara tersebu diselenggarakan dengan lingkungan yang berbeda.

Kita mengetahui acara seperti ini biasanya diselenggarakan dengan mengumpulkan banyak orang pada satu tempat. Namun, tahun ini acaranya diselenggarakan secara virtual karena imbas dari pandemi COVID-19. Tentu saja keputusan ini diambil demi memutus mata rantai virus tersebut tapi tanpa menghentikan agenda tahunan ini. Dan ini merupakan kali pertama dalam sejarah bahwa WWDC diselenggarakan secara virtual.

Berikut Fitur Terbaru di iOS 14, Hampir Meniru Android Punya!Fitur Terbaru iOS 14

Mengenai iOS 14 tentu saja sistem operasi ini membawa sejumlah perubahan yang awalnya tidak dimiliki oleh iOS 13. Namun, diantara pembaruan sistem operasi ini ternyata ada beberapa fitur yang sebelumnya sudah ada di Android. Bahkan fitur yang tersemat di iOS 14 ini termasuk sudah lama sekali ada di Android. Apa sajakah fitur-fitur tersebut?

1. Translate/TerjemahanTranslate iOS 14

Bagi para pengguna Android tentu saja tidak asing bukan dengan fitur yang satu ini? Selama 14 tahun hadirnya fitur ini di Android sangat membantu penggunanya untuk menerjemahkan hingga 8 bahasa secara real-time.

Nah, kali ini iOS 14 baru menyematkannya namun fitur terjemahan milik mereka mampu menerjemahkan 11 bahasa dan tentu saja secara real-time. Dari kesebelas bahasa tersebut diantaranya yakni bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, dan Korea.

2. WidgetsWidgets di iOS 14

Baru pertama kalinya Apple menyematkan fitur widgets pada sistem operasi milik mereka. Sedangkan Android sudah lebih dulu ada sejak tahun 2008 lalu. Widgets pada iOS 14 ini sama seperti Android secara penempatannya yakni di layar awal atau home screen. Dengan begini para pengguna iPhone dapat melihat waktu, ramalan cuaca dan widgets lainnya.

3. App Clips

Apps Clips

Sebenarnya fitur yang satu ini cukup kecil namun ternyata bermanfaat untuk penggunanya. Singkatnya, dengan adanya fitur ini maka pengguna dapat dimudahkan untuk keperluan transaksi pembayaran. Salah satu contoh yang bisa membuat kita paham adalah seperti fitur Samsung Pay.

Aplikasi ini dilengkapi dengan NFC dan QR Code. Sehingga pengguna dimudahkan untuk keperluan transaksi seperti contohnya membayar parkir. Cukup dekatkan iPhone dengan NFC atau scan QR Code saja. Lalu kode pada App Clips ini juga bisa dibagikan melalui aplikasi perpesanan iMessage dan Safari yang kompatibel dengan Apple Pay. Tapi ternyata di Android fitur ini sudah ada sejak tahun 2016 dan namanya adalah Instant Apps. Kelebihannya pun serupa dan caranya dapat membagikan kode URL tanpa harus download aplikasi lagi untuk keperluan transaksi.

4. App LibraryApp Library

Fitur ini sebenarnya mirip dengan App Drawer (laci aplikasi) yang dimiliki Android. App Library ini memunculkan aplikasi namun dikelompokan sehingga menampilkan kategori tertentu secara otomatis. Contohnya Instagram, Facebook, Twitter secara otomatis akan masuk ke kategori media sosial. Aplikasi selanjutnya pun demikian. Dengan begitu app library juga bisa untuk menyembunyikan aplikasi layaknya menutup menu.

5. Apple Maps Cycling DirectionsApple Maps Cycling Directions

Ketika kita membuka maps rute yang diberikan biasanya akan langsung untuk kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil. Namun, kali ini di Apple Maps sudah muncul fitur memberikan rute perjalanan bagi pengendara sepeda.

Maps kini menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat seperti tingkat ketinggian dataran rute kondisi lalu lintas saat ini hingga adanya ketersediaan tangga disepanjang rute yang diambil. Fitur ini selain hadir di iOS 14 ternyata juga hadir di WatchOS untuk wearable Apple Watch. Jika dibandingkan dengan Google, maka fitur yang baru saja dijelaskan sudah ada lebih dulu di 10 tahun lalu. Tapi bedanya adalah tidak ada informasi ketersediaan tangga.

6. Picture-in-Picture

Fitur Picture-in-Picture (Pip) kini secara resmi sudah tersedia di iOS 14. Sebelumnya fitur ini sudah ada juga di perangkat iPad terlebih dahulu. Adanya fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video termasuk video chat dalam ukuran layar yang kecil sambil membuka aplikasi lain. Bagi pengguna Android fitur yang satu ini sudah lama ada dan tentunya menjadi hal biasa saja. Akan tetapi fitur PiP di iOS 14 ini memiliki kekurangan yakni ketika video di geser maka otomatis audio akan hilang alias tidak ada suaranya.

7. Wind Down ModeWind Down Mode iOS 14

Dan yang terakhir adalah fitur Wind Down Mode. Dengan adanya fitur ini maka dapat membantu pengguna untuk bersiap tidur. Maksudnya adalah fitur ini dapat difungsikan pengguna untuk mengatur waktu tidur dan bangun serta memasang mode “Do Not Disturb” pada ponsel. Pada Android tentu fitur ini sudah ada akan tetapi tidak memiliki fitur tambahan seperti iOS 14 yang bisa menambahkan opsi meditasi atau musik penenang di iOS 14.

Penutup

Fitur-fitur yang disebutkan ini adalah fitur terbaru dari iOS 14 yang mengikuti jejak Android. Meskipun begitu, Apple tidak semerta-merta 100% mengikuti jejak Android. Jika diperhatikan kembali maka fitur-fitur ini sudah dimodifikasi lagi agar terlihat lebih inovatif daripada pesaingnya Android. Jadi apakah iPhone milik kamu sudah kebagian iOS 14?

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More