Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

9 Fitur Tersembunyi Milik iOS 13 yang Tidak Diketahui Orang! Android Emang Punya?

0

7 Fitur Tersembunyi Milik iOS 13 – Setelah mendengar bahwa seri iPhone 11 diperkenalkan ke publik, pihak Apple mengumumkan kembali bahwa iOS 13 sudah resmi meluncur. Kabar ini juga muncul belum lama setelah perilisan flagship terbaru mereka yakni iPhone 11. iOS 13 sendiri adalah sistem operasi versi terbaru untuk perangkat iPhone dan iPad.

Pembaruan sistem operasi ini, tentu bukan sekedar nama baru saja. Melainkan didalamnya ada sisi yang menarik perhatian publik khususnya bagi pengguna Apple itu sendiri. Karena di iOS 13 ini banyak perubahan besar yang kemudian dapat dimanfaatkan melalui fitur-fiturnya. Perubahan besar pada iOS teranyar ini mungkin beberapa dari kita hanya menyadarinya pada bagian depan saja. Padahal jika kita eksplor lebih detail lagi ternyata terdapat beberapa fitur tersembunyi didalamnya! Dan fitur tersembunyi ini diklaim bahwa Android pun tidak memilikinya!

9 Fitur Tersembunyi Milik iOS 13 yang Tidak Diketahui Orang! Android Gak Punya!
Fitur Tersembunyi iOS 13

Selain Android tidak memilikinya, fitur ini juga diklaim bahwa canggih apabila si pengguna menyadari akan keberadaan fitur tersebut. Lalu sebenarnya apa saja fitur tersembunyi dibalik iOS 13 ini? Selengkapnya mari simak 9 fitur tersembunyi milik iOS 13 yang tidak diketahui orang!

1. Cegah Panggilan dari Nomor Tak DikenalHeningkan Panggilan Tak Dikenal

Kadang kita dijengkelkan dengan bunyinya sebuah dering HP yang berasal dari nomor tak dikenal. Apalagi jika nomor tersebut terus-menerus menelpon kita yang akhirnya malah naik membuat emosi. Jika kamu sudah merasa terganggu dengan level darurat, maka fitur tersembunyi dari iOS 13 ini wajib dicoba!

Fitur ini bernama “Heningkan Nomor Tak Dikenal”. Fitur ini meluncur mungkin karena Apple belajar dari beberapa orang yang dibuat kesal dengan nomor tak dikenal. Cara kerja dari fitur ini yakni perangkat akan mensenyapkan nomor telepon yang belum pernah berkontak atau tersimpan di HP. Dengan begitu, kamu tidak akan mendengar suara dering dari nomor yang tak dikenal. Cara mengaktifkan fitur ini adalah masuk ke Pengaturan > Telepon > Heningkan Nomor Tak Dikenal.

2. Screenshot Web Secara FullFull Page Screenshot iOS 13

Ingin screenshot informasi di web namun sampai full infonya? Tenang saja, di iOS 13 kini sudah support untuk screenshot web secara full. Bahkan fiturnya ini diklaim cepat untuk dilakukan. Caranya adalah jika iPhone atau iPad kamu memiliki Face ID, maka tekan tombol power + volume up. Atau jika tidak bisa maka gunakan tombol power + home. Ketika sudah screenshot, ketuk pratinjau disebelah kiri bawah dan ketuk Full Page (Halaman penuh) Kemudian ketuk Selesai (Done) dan pilih Simpan PDF ke File.

3. Optimalisasi Pengisian Daya BateraiOptimized Battery Charging iOS 13

Pernahkah kamu mengisi daya baterai sampai penuh namun ditinggal tidur semalaman? Awas, ini bisa berakibat pada menurunnya kesehatan baterai bahkan hingga terjadi kerusakan! Apalagi jika hal tersebut dilakukan berulang-ulang. Di iOS 13 dapat mencegah hal tersebut dengan optimalsasi pengisian daya baterai. Cara kerja dari fitur ini adalah mari kita ambil contoh dari tentang mengisi daya baterai semalaman.

Ketika kamu mengisi daya baterai semalaman maka fitur ini akan menunggu sekitar satu jam sebelum kamu bangun untuk mengisi penuh daya baterai iPhone. Disini artinya fitur tersebut akan bergantung kepada kebiasaan kamu sehingga iPhone akan mempelajari kebiasaan tersebut untuk diterapkan dikemudian hari.

4. Pilih Jaringan Wi-Fi dan Perangkat Bluetooth Lewat Panel Kontrol

Pilih Jaringan Wi-Fi dan Bluetooth di iOS 13

Untuk mengakses Wi-Fi pada iOS sebelumnya, maka diperlukan membuka setelan untuk melihat daftar jaringan yang tersedia. Namun, di iOS 13 sudah dimudahkan dengan cara tap ikon Wi-Fi dan tahan selama beberapa detik. Setelah itu muncul bersamaan dengan daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia. Lalu bagaimana dengan bluetooth? Caranya pun sama dengan menggunakan Wi-Fi seperti yang sudah dijelaskan.

5. Menggunakan Mouse di iPhone atau iPad

Menggunakan Mouse di iPhone dan iPad iOS 13

Kini di iOS 13 sudah bisa menggunakan mouse bluetooth sebagai pointernya. Tapi yang perlu diingat adalah mouse Bluetooth yang menggunakan dongle USB untuk menghubungkan perangkat mungkin tidak akan berfungsi. Untuk bisa melakukannya maka diperlukan sebuah mouse yang tidak harus menggunakan dongle USB sebagai konektivitasnya. Namun, apabila kamu memilikinya maka silakan untuk pasang mouse tersebut dengan buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Bantuan Sentuhan > Perangkat > Perangkat Bluetooth.

6. Sinkronisasi Lirik Lagu di Apple MusicLirik Apple Music iOS 13

Musik memang sudah menjadi bagian dari selingan hidup manusia. Banyak orang yang terhibur apabila dalam harinya ada sebuah lantunan musik terlebih lagi jika sambil menyanyikannya. Nah, bagi yang suka bernyanyi maka Apple sudah menyediakan sebuah fitur dimana dapat mendengarkan musik sambil membaca liriknya.

Fitur tersebut dapat ditemukan di Apple Music dan aplikasi ini akan sinkronisasi lirik lagu secara real-time. Tentu fitur ini masih jarang ditemukan dipemutar musik bawaan Android. Namun sayangnya adalah lirik yang disediakan ini belum bisa muncul untuk semua lagu yang dimainkan.

7. Mode “Low Data”Mode Low Data iOS 13

Kuota internet kamu sudah menipis? Namun ingin tetap berinternet ria? Maka dengan mode fitur “low data” memungkinkan kamu untuk tetap dapat berinternet ria. Fitur yang disediakan iOS 13 ini akan menghemat koneksi internet dengan cara mengurangi penggunaan data pada aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Karena tujuan adanya fitur ini untuk menghemat data, maka ada beberapa hal yang mesti diterima oleh penggunanya.

Misalnya, kualitas konten streaming akan berkurang. Sinkronisasi iCloud akan berhenti sementara dan aplikasi pihak ketiga yang tidak bisa menggunakan layanan data ketika tidak digunakan. Cara menggunakan fitur ini yakni ke menu Pengaturan > Seluler > Data Seluler > Mode Data Rendah.

8. Undo-Redo GestureUndo Redo Gesture iOS 13

Untuk pengguna Apple perangkat iPad, tentunya tidak asing dengan fitur “Shake to Undo”. Fitur ini memamg membantu penggunanya untuk membatalkan hal yang baru saja dilakukan. Karena hadirnya iOS 13, maka tindakan “undo” sudah lebih dimudahkan lagi dengan cara gesture tap tiga jari dibagian keyboard. Kemudian usap ke kiri untuk undo dan ke kanan untuk redo. Selain usap kanan-kiri, penggunanya juga bisa untuk double-tap tiga jari untuk melakukan fungsi serupa. Tetapi, gesture ini akan muncul dengan badges undo atau redo di bagian atas layar.

9. Tambah Lampiran ke Acara KalenderKalender iOS 13

Punya acara atau agenda penting namun takut lupa? Maka fitur kalender terbaru di iOS 13 ini wajib dicoba untuk membantu mengatasi lupanya kamu! Fitur terbaru didalam kalender ini yakni dapat menambah lampiran dokumen ke acara kalender. Cara menggunakannya adalah pilih  ikon menu “+” dipojok kanan atas, kemudian pilih opsi “Add Attachment”.

Kesimpulan

Pantas saja jika rilisnya iOS 13 sebagai versi software Apple terbaru membuat pusat perhatian publik teralihkan. Ini memang karena beragam kelebihan yang ditawarkan dapat menutupi kekurangan pada iOS sebelumnya. Intinya di iOS teranyar ini lebih memudahkan ditambah adanya fitur untuk membantu keperluan pengguna. Apakah kamu sebagai pengguna iPhone atau iPad sudah mencicipi iOS 13? Lalu bagaimana rasa perubahannya? Silakan komentar dibawah ini untuk berbagi pengalaman mengenai iOS ternanyar tersebut!

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More