MIUI 11 dengan 11 Fitur Terbarunya! Ada Dark Mode Untuk Semua Aplikasi?

Fitur Terbaru dari MIUI 11Fitur Terbaru dari MIUI 11

Javastech.com – Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya MIUI 11 telah resmi meluncur pada tanggal 16 Oktober 2019 di India. Tak hanya sekedar peluncuran MIUI terbaru, Xiaomi juga mengumumkan apa saja perangkat yang akan kebagian MIUI 11 beserta jadwal update-nya. MIUI terbaru ini membawa banyak sekali perubahan yang tentunya semakin menarik dan keren.

Menariknya adalah ada beberapa perubahan visual yang dapat me-refresh pandangan mata ke layar HP. Kemudian perubahan yang keren adalah adanya beberapa fitur terbaru yang tentu membuat HP semakin canggih dan pintar. Jadi, bagi kamu yang menggunakan HP Xiaomi sebaiknya segera ke menu update software untuk mengecek notifikasi update MIUI terbaru. Siapa tahu saja kamu adalah orang yang beruntung mendapatkan MIUI 11 dengan segala pembaruannya!

MIUI 11 dengan 11 Fitur Terbarunya! Ada Dark Mode Untuk Semua Aplikasi?Fitur Terbaru dari MIUI 11Fitur Terbaru dari MIUI 11

MIUI terbaru ini bukan hanya sekedar berubah angka dari 10 ke 11. Melainkan perubahan angka tersebut tentu juga membawa banyak serangkaian perubahan untuk HP Xiaomi. Lalu apa sajakah isi dari MIUI teranyar ini? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak 11 fitur terbaru dari MIUI 11!

1. Desain yang Minimalis Namun EleganTampilan MIUI 11

Dimulai dari segi desain Xiaomi yang kini lebih minimalis. Beberapa ikon terdahulu memang terkesan besar-besar sehingga rasanya kurang menarik. Kemudian ditambah dengan sudut ikon yang terlihat kaku. Kini, di MIUI 11 ikon aplikasi sudah didesain ulang sehingga terlihat lebih rapih, lembut dan tidak kaku. Hal ini juga didasari dengan base Android terbaru yang memang desainnya terlihat lebih bulat dan minimalis juga.

Lanjut lagi dengan animasi transisi perpindahan halaman layar yang lebih lembut. Disini memang MIUI difokuskan juga untuk membuat pandangan mata ke layar menjadi lebih nyaman. Font yang tertera pada Xiaomi kini lebih adaptasi terhadap tampilan layar HP. Alhasil adalah tulisan tetap terbaca dengan baik dan benar.

2. Mi Share

Mi Share

MI Share adalah salah satu fitur utama berikutnya yang sangat membantu untuk berbagi file dengan mudah dan cepat antar HP. Kecepatan yang ditawarkan oleh Xiaomi untuk berbagi file yakni sebesar 82 MBps. Tentu saja dengan kecepatan yang begitu cepatnya dapat mempersingkat waktu pengiriman file. Untuk saat ini, MI Share sudah menggandeng Oppo, Realme dan Vivo untuk memfasilitasi smartphone -nya dengan fitur sharing tersebut.

3. Mode “Always-On-Display”Always On Display MIUI 11

Sebenarnya mode ini sudah lama hadir namun dibeberapa perangkat Xiaomi seri tertentu saja. Karena mode ini lama-kelamaan menjadi tren akhirnya Xiaomi pun ikut melangkah dengan menghadirkan mode AOD didalam MIUI 11 yang lebih keren. Mode AOD terbaru ini sekarang dapat melakukan kustomisasi yang lebih banyak daripada yang sebelumnya. Seperti dapat kustomisasi animasi dan tampilan jam, warna background dan juga dapat memberikan kata motivasi lewat teks yang dibuat.

Always-On-Display yang berarti layar akan selalu menyala dengan tujuan untuk memberikan notifikasi dan waktu. Mode ini memang dapat membuat baterai boros, namun jangan khawatir! Jika kamu tidak ingin menggunakan mode tersebut, maka sebagai gantinya gunakan “Notification light up” dibawah pengaturan AOD. Lampu akan menyala dibagian sudut layar ketika adanya notifikasi masuk. Keren bukan?

4. Mode “Ultra Battery Saver”Ultra Battery Saver Mode MIUI 11

Xiaomi memang memiliki fitur yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan HP. Salah satunya adalah penghemat baterai. Di MIUI sebelumnya kita hanya melihat penghemat baterai biasa, namun di MIUI 11 memiliki Ultra Battery Saver. Mode ini jika dinyalakan maka akan mematikan proses aplikasi yang berjalan dibelakang layar, penurunan performa CPU dan mematikan segala animasi. Tak luput juga wallpaper otomatis berubah menjadi hitam.

Bisa dikatakan hampir semua layanan HP Xiaomi dihentikan untuk menghemat baterai. Namun HP masih bisa digunakan tetapi hanya layanan dasar saja seperti telepon, SMS dan internet biasa tanpa proses sinkronisasi di belakang layar. Pihak Xiaomi mengklaim bahwa dengan mode penghemat ini, maka dapat menggunakan HP seharian penuh dengan level baterai 5%.

5. Force Dark Mode

Dark Mode di MIUI 11

Dan ini adalah mode gelap yang dinanti oleh para MI Fans! Jika kamu beruntung mendapatkan MIUI 11 berbasis Android 10, maka kamu dapat “memaksa” seluruh aplikasi untuk tampil dalam mode gelap. Telegram dan WhatsApp belum support untuk dark mode, namun dengan adanya fitur ini maka hal demikian bisa diterapkan. Force dark mode ini juga dapat dijadwalkan oleh penggunanya kapan harus aktif dan non-aktif.

6. Pelacak AktivitasPelacak Aktivitas MIUI 11

HP sudah menjadi barang kebutuhan yang wajib dibawa kemana-mana saat beraktivitas, bukan? Nah, karena hal tersebut di MIUI 11 kini sudah bisa melacak aktivitas yang sedang kamu kerjakan. Lewat MIUI teranyar, Xiaomi mencoba untuk menghadirkan salah satu fitur penghitung langkah built-in layaknya Google Fit.

Bagaimana cara kerja dari fitur ini? Yakni dengan memanfaatkan akselerometer pada HP untuk menghitung setiap langkah penggunanya. Selain itu ada fitur bermanfaat untuk pengguna dari kaum wanita yakni pelacak siklus menstruasi. Fitur ini dapat ditemukan didalam aplikasi kalender.

7. Mimoji di Dalam KameraMimoji MIUI 11

Mimoji adalah sebuah fitur dimana dapat membuat emoticon namun berasal dari karakter wajah si penggunanya sendiri. Sebelumnya, untuk dapat menggunakan fitur ini maka penggunanya diharuskan untuk menginstall aplikasinya secara terpisah. Namun, di MIUI 11 sekarang aplikasi tersebut sudah disatukan didalam kamera. Kemudian Mimoji terbaru ini sudah mendukung pegerakan kepala, mulut, dan beberapa ekspresi wajah penggunanya.

Dahulu fitur milik Xiaomi ini dituding oleh pihak Apple karena dianggap menyontek animoji di perangkat iOS miliknya. Akan tetapi Xiaomi dengan tegasnya menyatakan secara resmi bahwa Mimoji rilis bukan dari hasil plagiat milik pesaingnya itu.

8. File Manager yang Terbarukan

File Manager MIUI 11

Sekarang akses untuk berkas yang dimiliki semakin mudah di File Manager terbaru dari MIUI 11. Karena kamu bisa mengakses berkas sesuai dengan format yang telah diurutkan. Selain itu file yang berbentuk .pdf, .docx, .xlsx dan format file kerja lainnya dapat dibuka langsung dari File Manager. Itu artinya kamu tidak membutuhkan lagi aplikasi pihak ketiga untuk membuka file dengan format tersebut.

9. Digital WellbeingFitur Digital Wellbeing MIUI 11

HP zaman sekarang sudah dibekali dengan berbagai macam layanan beserta fiturnya agar dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan tertentu. Tak jarang pula karena keperluan itu sehingga penggunanya harus menggunakan HP selama hampir seharian penuh. Karena berpotensi akan berdampak pada manusia, maka MIUI 11 mencoba untuk menghadirkan fitur Digital Wellbeing. Dengan adanya fitur ini maka penggunaan HP dapat dibatasi sehingga produktivitas tetap terjaga optimalnya.

Cara kerjanya sederhana saja. Apabila penggunaan HP sudah melebih dari batas ketentuan, maka semua notifikasi yang terpilih akan diblokir untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan HP yang berlebihan yang bisa berdampak pada manusia dalam jangka panjang.

10. Dynamic Sound EffectDynamic Sounds Effect MIUI 11

Fitur ini mirip-mirip seperti yang dibawakan oleh Google. Bedanya efek suara yang disediakan oleh Xiaomi bisa beradaptasi dengan waktu dan suasana mood pada hari tersebut. Seperti misalnya dari fitur ini yakni kamu memiliki nada dering sunrise untuk pagi hari, matahari terbenam untuk malam hari dan sebagainya. Selanjutnya MIUI 11 dapat mendeteksi apakah panggilan berasal dari taksi atau layanan pengiriman makanan dan dapat memutar nada dering yang berbeda.

11. KidspaceKidspace MIUI 11

Anak-anak yang lahir pada tahun 2015 sampai kini sudah didatangkan dengan beragam teknologi yang mumpuni dan salah satunya adalah smartphone. Anak-anak yang bermain dengan smartphone memiliki dampak negatif yang cukup besar apalagi jika dari umur balita. Oleh karena itu, MIUI menghadirkan fitur “Kid Space” yang bisa membatasi waktu bermain HP si anak. Kemudian dapat memblokir aplikasi yang seharusnya tidak boleh digunakan si anak dan juga dapat remote situs dari jarak jauh.

Dan lagi ada yang unik dari fitur yang satu ini. Jika waktu bermain sudah hampir selesai namun si anak masih ingin bermain, cobalah minta kepada si anak agar menyelesaikan puzzle. Jika puzzle berhasil diselesaikan, maka waktu bermain dapat bertambah secara otomatis. Namun sayangnya fitur ini masih dalam pengujian dan baru diuji di Tiongkok saja. Fitur ini tetap akan diberikan secara global apabila sudah layak untuk digunakan.

Kesimpulan

MIUI 11 menghadirkan banyak perubahan yang lebih maju dibandingkan dengan MIUI sebelumnya. Perubahan yang dibawa yakni ada dalam bentuk visual dan fitur. Tentu perubahan ini bermanfaat bagi penggunanya apabila difungsikan sesuai dengan kebutuhannya. Apakah kamu sebagai pengguna Xiaomi sudah kebagian MIUI teranyar ini? Jika iya, silakan tinggalkan komentar untuk berbagi pengalaman!