iOS 16 Resmi Rilis, Inilah Fitur dan Model iPhone yang Kebagian Update

iOS 16
iOS 16 (Apple)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM –¬†Sebelumnnya, Apple telah memperkenalkan update sistem operasi terbaru mereka pada Juni 2022 lalu, yakni iOS 16. Saat itu, sistem operasi yang diperkenalkan masih tahap “beta” atau masih dalam pengujian.

Namun, pihaknya mengungkapkan bahwa sistem operasi iOS 16 akan rilis secara gratis pada 12 September 2022. Hal ini juga turut diperjelas pada acara Apple Event bertajuk “Far Out” yang meluncurkan iPhone 14 Series, Kamis dini hari (08/09/2022), pukul 00:00 WIB.

Perlu diketahui, tidak semua iPhone kebagian update iOS 16. Untuk iPhone yang paling lama yang masih bisa menerima iOS 16 adalah iPhone SE generasi kedua (2020). Lebih lengkapnya mengenai iPhone apa saja yang kebagian, berikut ini telah dirangkum informasinya dari MacRumors.

  • Semua model iPhone 11.
  • Semua model iPhone 12.
  • Semua model iPhone 13.
  • iPhone XS dan iPhone XS Max.
  • iPhone XR.
  • iPhone X.
  • iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.
  • iPhone SE (generasi kedua dan yang lebih baru).

Fitur Baru iOS 16

Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang tersedia di iOS 16 untuk deretan iPhone yang kompatibel.

1. Personalisasi Layar Kunci

Fitur Layar Kunci iOS 16
Fitur Layar Kunci iOS 16 (Apple)

Penggunanya akan bisa melakukan personalisasi atau kustomisasi layar kunci sesuai dengan selera. Mulai dari mengubah tampilan gaya jam, tanggal, mengubah font hingga mengubah warna font. Kemudian pengguna juga bisa menambahkan widget di layar kunci tersebut untuk informasi singkat.

Notifikasi di tampilan layar kunci kini dibuat dalam tampilan daftar diletakan pada bagina bawah sehingga tidak menutupi keseluruhan tampilan utama. Aktivitas yang sedang berjalan, juga kini bisa tampil di layar kunci sehingga pengguna tetap bisa melihat aktivitas yang sedang dilakukannya.

2. Pengaturan Fokus

Pengaturan Fokus
Pengaturan Fokus (Apple)

Pengguna bisa membuat pengaturan fokus secara sendiri dan pengaturan ini bisa dihubungkan langsung dengan layar kunci iPhone. Sehingga jika pengguna ingin mengganti mode fokus, pengguna cukup menggantinya dengan usapan jari saja, seperti mengganti ke Fokus Pribadi atau ke Fokus Kerja.

3. Berbagi Foto via iCloud

Berbagi Foto via iCloud
Berbagi Foto via iCloud (Apple)

Berbagi hasil tangkapan foto dari galeri kini lebih mudah karena sesama pengguna iPhone bisa berbagai foto galeri lewat iCloud. Fitur ini juga bisa digunakan secara langsung dari kamera ketika sedang memotret gambar. Serta fitur ini dapat memberikan saran berbagi kepada pengguna iPhone yang sedang didekat penggunanya.

4. Edit Perpesanan

Edit Perpesanan
Edit Perpesanan (Tom’s Guide)

Salah teks ketika mengirim pesan? Jangan khawatir, kini pesan yang baru saja dikirim bisa di edit kembali atau jika sudah terlanjut, maka bisa dibatalkan pengirimannya. Serta pesan yang belum dibaca kini bisa ditandai untuk dibaca nanti.

5. iMessage Lebih Seru

Kolaborasi iMessage
Kolaborasi iMessage (Apple)

Aplikasi iMessage di iPhone kini memiliki beberapa fitur menarik. Pertama, kini sesama pengguna iPhone yang sedang chat, bisa juga sambil menonton video atau film lewat fitur SharePlay dan fitur ini bisa di kontrol secara bersama-sama.

Kedua, iMessage bisa digunakan secara bersama-sama layaknya sebuah forum untuk berbagi file seperti catatan, persentasi, grup tab Safari dan lainnya lagi.

6. Mail yang Lebih Baik

Fitur Mail lebih baik dengan pencarian yang lebih akurat. Bahkan, sebelum kita mencari email, aplikasi akan memberikan saran terlebih dahulu sebelum kita mencarinya. Selain itu, email yang dikirim pengguna kini bisa dijadwalkan atau dibatalkan pengirimannya bila ada kekeliruan.

7. Safari Lebih Aman dengan Passkey

Passkey iOS 16
Passkey iOS 16 (9to5Mac)

Browser Safari pada iOS 16 mendapatkan fitur keamanan dengan adanya fitur Passkey. Fitur ini diklaim keamanannya lebih kuat dibanding autentikasi dua faktor. Jadi, untuk akses Safari pengguna bisa masuk dengan Touch ID atau Face ID.

8. Tambah Pemberhentian di Apple Maps

Apple Maps iOS 16
Apple Maps iOS 16 (Apple)

Sebenarnya fitur ini sudah ada lebih dulu di Android yakni fitur penambahan rute pemberhentian. Jadi, kini Apple Maps bisa menambahkan rute pemberhentian dalam satu rute tujuan. Fitur ini tersedia untuk Mac dan iPhone serta bisa terintegrasi juga pada Apple Watch jika memungkinkan.

9. Live Text

Fitur Live Text
Fitur Live Text (Tom’s Guide)

Ketika kita bingung dengan bahasa negara pada suatu tempat yang kita temukan, kini dengan iPhone yang memiliki iOS 16 bisa melakukan terjemahan secara langsung lewat fitur Live Text. Fitur ini dapat bekerja secara langsung dengan membuka kamera serta mengarahkan teks bahasa asing yang ingin diterjemahkan.

10. Apple Fitness

Apple Fitness
Apple Fitness (Apple)

Serta terdapat aplikasi baru bernama Apple Fitness. Jadi dengan aplikasi ini, penggunanya dapat melakukan serangkaian kegiatan kebugaran diiringi dengan pencatatan aktivitasnya dengan aplikasi Apple Fitness. Catatan ini bisa dilihat kembali untuk membandingkannya dengan hari ini dan yang kemarin.

error: Salin konten dilarang