Rilis Fitur Baru, Intip Kegunaan YouTube “Handle”

4/5 - (1 vote)

JAVASTECH.COM – YouTube baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka menggulirkan fitur Handle, yang biasanya ditampilkan dengan simbol “@” di depan nama atau nama panggilan pengguna.

Penggunaan simbol “@” bukanlah hal yang aneh dalam praktiknya, karena telah lama digunakan di platform media sosial seperti Twitter, TikTok, Instagram dan Facebook. YouTube bukan hanya untuk kreator besar saat ini.

Sebelumnya, hanya pengguna dengan setidaknya 100 pelanggan yang dapat memiliki URL khusus yang memungkinkan pengguna menemukan video mereka, menurut The Verge.

Gunakan URL seperti youtube.com/user/your.handle sebagai gantinya. YouTube kini memperkenalkan Handle kepada semua pengguna.

Dengan simbol “@” digunakan untuk mengidentifikasi pengguna di laman saluran atau channel, Shorts, dan area YouTube lainnya.

Choose Your Handle on YouTube
Memilih Handle untuk Lama YouTube. (@youtubecreators)

Perusahaan yang ada di bawah Google itu mengatakan dalam blog resminya pada Jumat (21/10/2022) bahwa platformnya lebih dari sekadar tempat untuk mengunggah dan mengomentari video, “tetapi juga komunitas dan home base.

“Itulah sebabnya hari ini kami memperkenalkan Handles, cara baru bagi orang-orang untuk menemukan dan berinteraksi dengan pembuat konten dan satu sama lain dengan mudah di YouTube,” kata mereka.

YouTube juga mengklaim bahwa setiap saluran atau channel akan memiliki handles yang berbeda dan unik.

Sehingga hal ini dapat memudahkan penggemar untuk menemukan konten baru dan berinteraksi dengan pembuat konten favorit mereka.

Fitur Handle YouTube juga tersedia di saluran dan Shorts untuk memudahkan identifikasi dan konsistensi.

Nantinya, pengguna bisa lebih mudah dan cepat saling mention di komentar, postingan komunitas, deskripsi video, dan lain sebagainya.

Cara Lain untuk Mengidentifikasi Channel

Selain nama saluran, Handle dapat digunakan untuk mengidentifikasi saluran YouTube. Namun, ini berbeda dari nama saluran.

Setiap saluran memiliki Handle yang unik, yang memungkinkan pembuat konten untuk lebih memperluas kehadiran dan merek unik mereka di YouTube.

YouTube juga menyatakan bahwa mereka akan memberi tahu pembuat konten bulan depan ketika mereka dapat memilih apakah akan menangani saluran mereka atau tidak.

Jika saluran Anda sudah memiliki URL yang dipersonalisasi, biasanya akan digunakan sebagai Handle default.

Tampilan YouTube Handle
Mengenal Handle Fitur Baru di YouTube Mirip Twitter dan TikTok. (@youtubecreators)

Namun, pengguna dapat mengubah Handle milik saluran mereka sendiri saat diberi tahu di YouTube Studio, bahwa itu unik dan akan diperkenalkan secara bertahap, seperti halnya setiap saluran yang terdaftar di YouTube.

Saat pengguna mengakses proses pemilihan Handle, sejumlah faktor seperti keterpaparan YouTube secara keseluruhan, jumlah pelanggan atau subscribers, dan apakah saluran tersebut aktif untuk diperhitungkan.

Saat kreator memilih nama, YouTube akan membuat URL (misalnya: youtube.com/@handle).

Ini memudahkan pembuat konten untuk mengarahkan seseorang ke konten milik mereka, saat mereka sedang tidak aktif di YouTube.

You May Also Like

About the Author: Shelma Nissa Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.