WhatsApp Kembangkan Fitur Baru, Penyembunyian Nomor Pengguna

Aplikasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp di Smartphone
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Sejak awal tahun ini, WhatsApp fokus untuk meluncurkan fitur-fitur yang mendukung keamanan dan privasi data pengguna. Setelah meluncurkan kemampuan untuk menyembunyikan status dan profil online Anda, WhatsApp kini berencana untuk merilis fitur privasi baru yang memungkinkan pengguna menyembunyikan nomor telepon mereka dari orang lain.

Informasi ini diduga terkait dengan program pengujian beta Google Play. Namun, fitur ini sedang dalam pengembangan. Mengutip Gizchina pada Selasa (9/8/2022), belum diketahui apakah fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna. Namun, menurut portal WABetaInfo, pengguna dapat menyembunyikan nomor WhatsApp mereka dari orang lain.

WABetaInfo juga melaporkan bahwa fitur ini sedang dikembangkan untuk WhatsApp Beta di Android. Tidak ada informasi tentang jadwal pengujian beta untuk perangkat iOS dan desktop. Melihat pembaruan sebelumnya, uji coba fitur penyembunyian nomor ponsel harus diuji di iOS dan desktop setelah pengujian Android selesai.

Meskipun demikian, kemampuan untuk menyembunyikan nomor telepon Anda dari orang lain saat ini hanya tersedia di sekelompok kecil aplikasi Android.  Opsi ini harus dinonaktifkan secara default. Selain itu, fitur penyembunyian nomor telepon ini hanya untuk anggota komunitas.

Nomor telepon pengguna yang telah bergabung dengan komunitas disembunyikan secara default, tetapi menjadi terlihat setelah pengguna bergabung dengan grup tertentu dalam komunitas. Pengguna dapat melihat nomor tersebut, tetapi hanya untuk anggota grup WhatsApp.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur berbagi nomor telepon di pengaturan grup WhatsApp mereka. Di luar komunitas, kemampuan untuk menyembunyikan nomor telepon belum tersedia. WABetaInfo membagikan tangkapan layar yang menunjukkan pengaturan visibilitas nomor ponsel di bagian deskripsi grup.

Fitur Baru WhatsApp
WABetaInfo membagikan tangkapan layar pengaturan visibilitas nomor ponsel. (WABetaInfo)

Administrator grup nanti dapat memilih untuk merahasiakan nomor anggota grup dari anggota lain. Kelihatannya sepele, tapi fitur ini bisa melindungi pengguna dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Menyembunyikan nomor WhatsApp dapat melindungi Anda dari penipuan, phishing, dan pesan spam dari akun anonim.

WhatsApp belum menguji dukungan untuk fitur ini dalam obrolan atau panggilan publik. Fitur ini juga dalam tahap pengujian untuk pengguna WhatsApp Beta Android versi 2.22.17.23. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia secara stabil atau diluncurkan untuk semua pengguna.

Terlepas dari fitur-fitur di atas, Meta, perusahaan induk dari aplikasi perpesanan WhatsApp, beberapa waktu lalu merilis pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan dua hari setelah dikirim. Fitur baru WhatsApp ini diumumkan oleh perusahaan melalui akun Twitter resminya dimana pengguna dapat menghapus pesan selama 2 hari 12 jam.

Sebelumnya, batas waktu bagi pengguna WhatsApp untuk menghapus pesan adalah 1 jam 8 menit 16 detik. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk menggunakan fitur ini, semua penerima pesan harus telah memperbarui aplikasi WhatsApp mereka ke versi terbaru.

error: Salin konten dilarang