Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Berikut 15 Fitur Baru dari Android 11, Sistem Operasi Terbaru dari Google!

0

Sebelumnya diketahui Android 11 meluncur dengan versi Developer Preview yang artinya masih belum siap untuk rilis dan dalam tahap pengembangan. Namun, akhirnya pada tanggal 9 September 2020 lalu, Google secara resmi memperkenalkan Android 11 sebagai sistem operasi terbaru milik mereka.

Tentu saja di Android 11 ini memiliki beragam perubahan tampilan. Yang tak ketinggalan juga pastinya adalah fitur-fitur baru yang siap untuk membantu kegiatan harianmu. Apa sajakah fitur-fitur tersebut?

Berikut 15 Fitur Baru dari Android 11, Sistem Operasi Terbaru dari Google!Android 11

Disini terdapat 15 fitur baru di Android 11 yang bisa kamu jumpai. Dan seluruh fitur ini sebelumnya tidak ada pada Android 10. Bisa dikatakan upgrade sistem operasi dari 10 ke 11 ini membawa banyak perubahan lewat fitur. Berikut ini adalah informasi fiturnya.

1. Melihat Riwayat NotifikasiNotification History

Fitur ini berfungsi untuk melihat notifikasi yang masuk yang sebelumnya sudah kamu abaikan atau hapus dari panel. Kamu bisa menemukan fitur ini di menu pengaturan ponsel dan fitur ini juga bisa kamu nonaktifkan apabila tidak ingin digunakan. Fitur ini cocok sekali bagi kamu yang ingin melihat kembali riwayat notifikasi yang terlewatkan.

2. Notifikasi yang Dikelompokan

Notifikasi yang Dikumpulkan

Terkadang notifikasi yang masuk dan terkumpul membuat kita repot memilahnya. Nah, kini di Android 11 ketika notifikasi masuk maka bisa dikelompokan menjadi satu sesuai aplikasinya. Contohnya jika ada notifikasi seperti WhatsApp, email, Instagram dan lainnya maka akan dikelompokan sesuai aplikasi masing-masing. Sehingga ketika kamu memilah menjadi lebih mudah.

3. Perekam LayarPerekam Layar di Android 11

Sebenarnya fitur ini sudah ada di Android 10. Namun, di sistem operasi terbaru ini fitur perekam layar tersebut diperbagus lagi dengan tampilan yang lebih menarik dan baru. Untuk menggunakannya cukup membuat “quick settings” dengan cara usap layar ke bawah dengan dua jari. Selanjutnya, klik ikon “pensil” dibagian kiri bawah untuk membuka menu perekaman. Selanjutnya, seret tombol “screen record” ke bagian atas untuk mulai merekam layar.

4. Rekomendasi AplikasiRekomendasi Aplikasi Android 11

Kamu sering menggunakan aplikasi yang itu-itu saja seperti YouTube, WhatsApp dan Instagram misalnya? Kalau begitu fitur di Android 11 yang satu ini dapat membantunya. Karena fitur ini dapat mengorganisir aplikasi yang sering kamu gunakan. Sekilas memang fitur ini seperti laci yang bisa mengelompokan aplikasi secara otomatis. Namun yang membedakan adalah pada Android 11, fitur ini diletakan pada halaman utama atau home.

5. Kontrol Smart Home di Tombol DayaKontrol Smart Home di Tombol Daya

Mulai di zaman ini semuanya sudah tersentuh dengan teknologi bahkan hingga soal rumah yang kini bisa disebut “smart home”. Pada Android 11 ini memiliki fitur untuk mengontrol rumah yang terdapat perangkat rumah pintar. Letak fitur ini terdapat di tombol daya dan fungsinya untuk mempermudah pengguna untuk kendali rumahnya hanya dengan genggaman smartphone saja. Bahkan fitur ini juga bisa menyimpan kartu untuk keperluan transaksi.

6. Mode “Do not Disturb”Mode Do not Disturb

Mode ini sebelumnya sudah tersedia di Android 9 dan 10. Namun, pada Android 11 sebagai sistem operasi teranyar fitur ini diperbarui lagi dengan opsi yang lebih spesifik dari sebelumnya. Disini kamu bisa menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang dianggap kurang prioritas atau sering diabaikan. Cara mengaktifkan menu ini mudah saja, yakni cukup ke menu pengaturan kemudian cari mode “do not disturb”. Kemudian nyalakan dan pilih aplikasi apa saja yang ingin dibungkam.

7. App PermissionApp Permission Android 11

Fitur ini dapat memberikan izin kepada pengguna apakah aplikasi yang dibuka ingin diberikan aksesnya atau tidak seperti akses menggunakan kamera, mikrofon, buku telpon atau lainnya. Dengan fitur ini privasi pengguna dapat lebih aman sehingga aplikasi tidak bisa langsung mengakses perangkat begitu saja.

8. Kontrol MediaKontrol Media

Fitur ini mempermudah pengguna untuk mengontrol media yang sedang berjalan. Bisa juga digunakan untuk beralih ke output suara dari speaker phone, speaker bluetooth atau perangkat output lainnya. Fiturnya bisa dikatakan mirip dengan AirPlay milik iOS pada fitur Control Center iOS.

9. Emoji Baru di Android 11Emoji Baru Android 11

Chattingan kali ini bakal lebih seru karena terdapat penambahan emoji baru dan perubahan tampilan yang semakin menarik. Beberapa emoji terbaru diantaranya ada bubble tea (boba), ekspresi wajah kucing tersenyum dengan air mata, kebab, bumerang, jari yang terjepit, hewan bison, tongkat sulap, orang berpelukan, dan masih banyak lagi seperti yang ada digambar.

10. Dark ThemeDark Theme Android 11

Fitur mode gelap ini lebih diperbarui daripada sebelumnya. Yang baru adalah selain berubahnya nama dari dark mode menjadi dark theme, yakni cara mengaktifkannya yang mengikuti terbit-terbenamnya matahari. Akan tetapi kamu bisa diberikan opsi kustom untuk menyalakan mode gelap sesuai jam yang kamu inginkan.

11. Bisa Mengubah Ukuran “Picture-in-Picture”Picture in Picture Android 11

Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam berpindah dari satu aplikasi ke apliaksi lainnya tanpa harus menutup aplikasi yang sedang berjalan saat ini. Selain itu pada Android 11 kini ukuran dan posisi picture in picture dapat diubah sesuai keinginan pengguna.

12. Screenshot PanjangScreenshot Android 11

Memiliki chat penting namun harus screenshot satu persatu? Di Android 11 kini tak perlu khawatir, karena tersedia fitur screenshot yang bisa dipanjangkan sesuai keninginan kamu. Panjang screenshot yang diinginkan sesuai guliran layar kamu.

13. Notifikasi PrioritasNotifikasi Prioritas Android 11

Di Android 11 terdapat dua kategori notiifkasi, yakni notifikasi prioritas dan utama. Ketika kamu memiliki notifikasi yang datangnya dari aplikasi itu-itu saja contohnya WhatsApp, maka kamu bisa membuat notifikasi dari aplikasi tersebut menjadi prioritas. Alhasil, notifikasi yang sudah dilabeli sebagai “prioritas” akan muncul dipaling atas.

14. Pin Item di Menu SharePin Item di Menu Share Android 11

Fitur ini dapat membuat kamu untuk menentukan menu apa saja yang bisa di pin di menu sharing ketika ingin berbagi file. Sehingga pengguna tidak perlu scroll lagi untuk mencari menu apa saja yang biasanya digunakan untuk berbagi file seperti WhatsApp, Instagram atau email.

15. Akses ke Mini GameAkses Mini Game Android 11

Yang terakhir adalah fitur mini game, apa fungsinya? Fungsinya dapat dipakai untuk menunjukkan alur permainan. Untuk membuka game ukuran kecil ini cukup mudah, yakni dengan menekan lama tombol daya lalu klik ikon tiga titik untuk langsung menjajal permainan tersebut.

Penutup

Demikianlah fitur-fitur terbaru dari Android 11 ini. Sistem operasi ini memang terbilang masih sangat baru dan baru beberapa perangkat saja yang menerimanya. Semoga saja Android 11 ini bisa cepat menyebar ke berbagai vendor untuk menikmati beragam fitur terbarunya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More