Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

HP Kamu Lagi Begini? Artinya HP Kamu Sedang di Sadap!

0

Ciri-Ciri HP Sedang di Sadap – Kini HP bukan hanya sekedar alat berkomunikasi saja, melainkan HP sudah menjadi alat yang lebih daripada itu. Bayangkan saja mulai dari belanja, beli makanan, menonton film bahkan hingga bisnis semua bisa dilakukan hanya dengan satu genggaman saja. Oleh karena itulah mengapa sekarang HP menjadi perangkat yang paling penting sehingga harus dijaga baik-baik. Bukan karena masalah HP-nya yang bagus, melainkan kebutuhan terhadap HP tersebut.

Karena menjadi suatu barang yang penting dan harus dijaga maka kamu juga perlu memperhatikan dari aspek kinerjanya. Kadang, kinerja HP suatu saat bisa berubah menjadi hal yang tidak biasanya. Seperti ketika mengapa baterai HP menjadi cepat panas dan habis, padahal sedang tidak digunakan sama sekali. Disini ada anggapan bahwa bisa saja terkena sadap. Namun, jika panas dan habis secara wajar maka bisa saja terkena malware saja.

HP Kamu Lagi Begini? Artinya HP Kamu Sedang di Sadap!Ciri-Ciri HP Disadap

Sebenarnya ciri-ciri HP terkena sadap atau dihinggapi malware hampir tidak jauh berbeda. Karena cara kerjanya memang hampir sama. Seperti tadi baterai HP cepat panas dan habis, kemudian ada lagi yakni aplikasi terinstall dengan sendirinya. Atau diam-diam HP ternyata merekam semua aktivitas kamu dan dikirim ke pengguna pihak ketiga. Lalu dari yang telah disebutkan sebenarnya ada apa saja ciri-ciri HP sedang disadap? Berikut ini adalah ciri-cirinya.

1. Teks dan Pesan yang AnehTeks dan Pesan Aneh Pada HP

Salah satu ciri-ciri pertama yang bisa kita kenali adalah munculnya teks dan pesan aneh pada HP kamu. Biasanya teks dan pesan yang aneh berupa spam berisi karakter, angka atau simbol yang mengacak seperti teks enkripsi. Disini kebanyakan kita sebagai pengguna mengabaikannya. Bahayanya ketika hal ini diabaikan adalah pembajak bisa mengirimkan pesan tersebut ke orang-orang tanpa sepengetahuan kita.

2. Iklan dan Aplikasi yang Terus BermunculanIklan yang Bermunculan

Iklan dan aplikais yang terus bermunculan ini tidak bermunculan secara deras. Namun, muncul dengan beberapa periode sekali. Nah, disinilah kita sebagai pengguna sudah harus waspada. Karena untuk melakukan penyadapan bisa juga dengan mengirimkan sebuah malware ke perangkat. Salah satu malware adalah hummer. Malware ini akan mengganggu smartphone pengguna dengan cara memunculkan iklan yang menutupi layar baik penuh atau sebagian. Kemudian malware ini ternyata menghasilkan uang untuk si penjahat dalam 24 jam sehari!

3. Aplikasi Tiba-Tiba TerinstallAplikasi HP

Wajarnya pengguna akan menginstall aplikasi apabila membutuhkannya. Caranya dengan download terlebih dahulu lewat toko aplikasi yang tersedia. Nah, apabila HP kamu sedang tidak digunakan namun tiba-tiba dimenu ada aplikasi yang tidak diinginkan disini kamu sudah harus curiga. Karena para pembajak HP bisa menyadap dengan cara menginstall aplikasi secara diam-diam. Kemudian aplikasi ini juga langsung berjalan tanpa harus dibuka oleh penggunanya.

4. Baterai Cepat Habis dan PanasBaterai Cepat Habis

Mungin memang baterai yang cepat habis dan panas wajar-wajar saja. Karena sehari-hari kita selalu menggunakan perangkat tersebut untuk kebutuhan. Tapi pada masalah ini kamu juga harus memperhatikan dari aspek lainnya. Bisa saja baterai yang mengalami hal tersebut ternyata karena imbas HP yang tengah disadap. Hal ini karena beberapa aplikasi berjalan dibelakang layar tanpa dibuka oleh penggunannya, sehingga mengakibatkan penggunaan baterai yang panjang.

5. Penggunaan Data Internet MeningkatData Seluler Meningkat

Kita bisa memantau penggunaan data internet dengan melalui pengaturan HP. Disini kita juga harus memantau penggunaan data internet dengan memperhatikan juga aplikasi mana yang menggunakan data paling banyak. Apabila ada penggunaan data internet yang meningkat tidak seperti biasanya, maka sudah patut curiga. Silakan kamu cek pada penggunaannya khususnya pada aplikasinya. Karena bisa jadi HP kamu sedang disadap dengan cara penggunaan internet yang terus berjalan dibelakang layar.

Penutup

HP sudah menjadi barang kebutuhan yang paling penting di era ini. Oleh karena itulah kita sebagai pengguna selain cerdas dalam menggunakan kita juga harus cerdas dalam memperhatikan kinerja smartphone kita. Karena berbagai kejahatan sudah bisa dilakukan dan salah satunya adalah dengan cara penyadapan HP. Kenali ciri-cirinya dan tetap waspada karena hal ini dapat mengakibatkan kerugian untuk diri sendiri. Apalagi pada smartphone kita terdapat data pribadi yang sensitif yang dapat disalahgunakan apabila sampai dicuri.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More