2 Cara Mudah Mengubah File Word ke PDF Secara Offline atau Online

Beri Nilai Informasi

2 Cara Mudah Mengubah File Word ke PDF Secara Offline atau Online – Ada banyak sekali dokumen Word (atau .docx) yang tersebar di internet. Dokumen tersebut dapat memuat konten yang dapat dijadikan referensi seseorang dalam membuat dokumen yang baik dan benar. Lalu perkembangan teknologi yang semakin maju sehingga menghasilkan dokumen yang berupa Word atau .docx, dapat lebih membuat pengelolaan tugas menjadi efisien, mudah dan cepat.

Namun, selain adanya Word sebagai “softcopy” dari dokumen, ada juga yang namanya PDF. Sedikit ulasan, PDF atau Portable Document Format adalah jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Sekarang, format ini sering digunakan untuk keperluan administrasi perkantoran dengan alasan karena kemudahan, fleksibilitas dan kompatibel.

2 Cara Mudah Mengubah File Word ke PDF Secara Offline atau OnlineCara Mengubah File Word ke PDF

Maka dari itulah mengapa saat ini orang lebih memilih mengubah dokumen Word-nya ke PDF. Selain ketiga alasan yang telah disebutkan, penggunaan format PDF dianggap lebih formal dibandingkan dengan Word, karena tampil layaknya “e-book”. Lalu bagaimana jika seseorang ingin mengubah dokumen Word ke PDF yang sebelumnya telah dibuat melalui Microsoft Word? Beruntung sekali kamu berkunjung ke situs ini, karena Java’sTech telah menyediakan tutorialnya dibawah ini.

Dengan Microsoft Word (Offline)

  1. Silakan buka Microsoft Word kemudian gunakan tombol kombinasi CTRL + O untuk membuka dokumen yang sebelumnya telah dibuat. Atau kamu juga bisa membuat dokumen baru.Buat atau Buka Dokumen
  2. Kemudian, silakan kamu simpan dokumennya dengan memilih Save As dan pilih PDF.Ubah Word ke Format PDF
  3. Selesai.

Dengan Website “smallpdf.com” (Online)

Jika kamu tidak memiliki Microsoft Word atau memilikinya namun dengan vversi 2007 ke bawah yang mana tidak bisa “Save As”, maka kamu bisa menggunakan cara alternatif yang satu ini namun secara online. Tentunya cara ini membutuhkan peramban atau browser dan internet agar bisa berjalan dengan baik penkonversiannya. Berikut tutorial selengkapnya dibawah ini.

  1. Silakan akses situs smallpdf.com di peramban atau browser kamu.
  2. Jika situs tersebut sudah terbuka, maka tampilannya akan seperti ini. Silakan klik “Pilih File” untuk mengambil file Word (.docx) untuk dirubah ke PDF.
  3. Kemudian situs akan mengupload dan otomatis mengubah Word ke PDF. Silakan, tunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Apabila kamu memililki IDM (Internet Download Manager), maka secara otomatis akan mengambil unduhan tersebut. Jika tidak memilikinya, maka silakan unduh manual dengan cara klik tombol downloadnya.

Catatan: Selain bisa unduh, kamu juga bisa langsung simpan filenya ke Dropbox atau Google Drive. Bahkan hingga mengirim via email dan edit PDF tersebut

Demikian pembahasan mengenai bagaimana caranya mengubah Word ke PDF dengan dua cara yang sudah disediakan. Memang menjadikan dokumen ke PDF terlihat profesional, fleksibel dan layaknya e-book, sehingga ketika dibaca lebih terasa memiliki etika karena rapih dibandingkan dengan Word. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.