Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Mudah Menginstall Sistem Operasi Windows Tanpa CD atau Flashdisk

0

Cara Mudah Menginstall Sistem Operasi Windows Tanpa CD atau Flashdisk – PC membutuhkan sebuah sistem operasi, apa fungsinya? Fungsinya adalah untuk menghubungkan seluruh perangkat keras yang terhubung pada PC seperti kartu grafis, RAM, hardisk, printer atau speaker sehingga menghasilkan sesuatu yang dapat dirasakan penggunannya.

Namun sistem operasi tersebut butuh di-install ke dalam hardisk agar dapat mengoperasikan seluruhnya. Cara install ini bermacam-macam, bisa menggunakan CD atau flashdisk untuk zaman sekarang. Tetapi apakah kamu tahu? Ternyata ada cara lain untuk menginstall sistem operasi Windows tanpa menggunakan CD atau flashdisk dan cara ini terbilang cukup efisien dan sederhana. Selengkapnya mari gulirkan halamannya ke bawah.

Cara Mudah Menginstall Sistem Operasi Windows Tanpa CD atau Flashdisk: (Persiapan)Menginstall Windows Tanpa CD atau Flashdisk

Untuk melakukan instalasi sistem operasi langsung dari hardisk, kamu memerlukan diantaranya

  1. File sistem operasi Windows berekstensi .iso
  2. Software EasyBCD. Kamu bisa mendapatkannya disini  DOWNLOAD (2MB)
  3. Partisi hardisk yang memiliki ruang kosong sebesar 5GB/6GB. Cara membuat partisi, kamu bisa klik disini.
  4. WinRar. Untuk mengekstrak isi dari file sistem operasi.

Cara Mudah Menginstall Sistem Operasi Windows Langsung Dari Hardisk Internal: (Tutorial)

Jika persiapan diatas sudah terpenuhi, maka kamu sudah bisa mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Ekstrak file Windows ke dalam partisi hardisk yang baru.Ekstrak File Windows

    Catatan:  Disarankan memilih opsi Extract Files saja agar file hasil ekstrak terpisah dari file master. Kemudian file yang sudah diekstrak jangan dimasukan ke dalam folder.

  2. Install software EasyBCD. Kamu cukup next beberapa kali sampai selesai.
  3. Setelah selesai menginstall, buka programnya dan pilih Add New Entry.Add New Entry

    Catatan: Jika membuka program kemudian muncul dialog “EasyBCD Community Edition”, maka kamu klik saja OK.

  4. Pada menu Portable/External Media, pilih tab menu WinPE dan jangan lupa untuk beri nama seperti pada gambar dibawah ini.Menu Portable atau External Media
  5. Kemudian pada kolom Path, temukan file Windows dengan nama boot. Untuk mencarinya ikuti langkah berikut: Buka Partisi yang Baru Dibuat > Sources > Boot.Installer Windows Folder Sources boot wim

    Catatan: Format file harus Windows Image Files atau .wim. Kamu bisa lihat keterangannya dengan melihat penunjuk arah digambar.

  6. Jika sudah, maka klik Add Entry dan tunggu prosesnya sekitar satu menit.boot Sudah Ditambahkan
  7. Untuk mengecek hasilnya, silakan buka menu View Settings dan keterangan hasilnya muncul seperti gambar berikut.
    Keterangan Hasil Membuat Installer
  8. Terakhir, silakan restart PC kamu dan jika muncul dua booting berbeda, pilihlah booting yang telah kamu buat sebelumnya.Tampilan Saat Booting

Ada satu hal penting yang perlu kamu ingat. Ketika sedang proses instalasi Windows khususnya saat pemilihan partisi, Jangan Menghapus installer yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu dapat menghapusnya setelah semua proses instalasi selesai 100%.

Demikian tutorial tentang cara mudah menginstall sistem operasi Windows langsung dari hardisk internal. Semoga dengan adanya tutorial ini, masalah yang kamu alami seperti Admin dapat teratasi ditambah lagi kamu sudah mendapatkan ilmu baru mengenai metode install dengan cara seperti ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More