Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur “Private DNS” Di Android Pie Agar Dapat Mengakses Situs yang Diblokir

0

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur “Private DNS” Di Android Pie Agar Dapat Mengakses Situs yang Diblokir – Android telah menjadi sistem operasi terlaris dan paling banyak digunakan orang-orang diseluruh dunia. Berbagai fitur dan kelebihan yang ditawarkan dari Android menjadi salah satu pendongkrak naiknya sistem operasi ini untuk merajai sistem operasi yang digunakan oleh smartphone. Kemudian pengembangannya yang selalu berkesinambungan, selalu melihat apa yang dibutuhkan oleh orang dalam era globalisasi ini dan selalu ada hal baru yang ditanamkan pada Android berikutnya menjadikan sistem operasi besutan Google ini difavoritkan banyak orang.

Salah satunya adalah Android terbaru, yakni Android 9.0 atau yang berjulukan “Pie”. Sistem operasi ini diperkenalkan pada Agustus 2018 silam, namun sudah banyak sekali vendor smartphone yang menggaet Android Pie sebagai basis sistem operasi untuk smartphone yang mereka produksi.

Banyak sekali fitur yang disediakan oleh Android Pie seperti yang pernah Admin bahas beberapa waktu lalu mengenai 9 fitur baru dari Android tersebut. Kini ada fitur lagi dari Android 9.0 yang wajib kamu ketahui, yakni Private DNS.

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur “Private DNS” Di Android Pie Agar Dapat Mengakses Situs yang DiblokirAndroid P Logo

Sebelumnya apa itu “Private DNS?”

Private yang berarti privasi atau pribadi, sedangkan DNS memiliki singkatan “Domain Name System”. Jad jika semuanya disatukan memiliki maksud kamu dapat mengakses suatu penamaan publik dari situs atau website tetapi ini bersifat privasi atau tidak bisa diakses sama sekali, contohnya adalah situs yang diblokir.

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna smartphone dengan Android Pie dapat mengkustomisasi atau mengubah DNS diperangkatnya sendiri. Kemudian apa yang terjadi setelah pengguna dapat mengkustom DNS? Yang terjadi adalah penyedia layanan tidak dapat melihat DNS perangkat kamu pada saat mengakses internet dikarenakan sudah terkenkripsi. Sederhananya adalah, ketika private DNS aktif, maka kamu dapat mengakses situs yang diblokir tanpa harus menggunakan Virtual Private Network (VPN).

Untuk cara menggunakan fitur ini, kamu dapat simak langkah demi langkahnya berikut ini.

  1. Masuk ke pengaturan smartphone kamu kemudian pilih menu “Network & Internet” (Jaringan & Internet).Pilih Network & Internet
  2. Buka menu “Advanced” lalu pilih lagi opsi “Private DNS”.Advanced Network & Settings
  3. Selanjutnya masukan konfigurasi 1dot1dot1dot1.cloudflare.dns.com pada kolom yang telah tertera.Konfigurasi DNS

Mengapa Cloudflare membuat konfigruasi 1.1.1.1? Tujuannya adalah agar dapat digunakan secara gratis oleh banyak pengguna smartphone. Untuk mengecek apakah konfigurasi private DNS ini sudah aktif atau belum kamu bisa mengunjungi bantuan ini dengan klik tautan yang sudah disediakan. Silakan klik 1.1.1.1/help

Demikian tutorial mengenai bagaimana caranya mengaktifkan fitur private DNS di Android Pie agar dapat mengakses situs yang diblokir. Artinya sekarang kamu sudah dapat mengakses situs-situs yang sebelumnya telah diblokir oleh pemerintah.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More