Cara Mudah Membuat Installer Multiboot Sistem Operasi Windows Dengan Flashdisk

Cara Mudah Membuat Installer Multiboot Windows
Beri Nilai Informasi

Cara Mudah Membuat Installer Multiboot Sistem Operasi Windows Dengan Flashdisk – Komputer membutuhkan sebuah sistem operasi agar dapat menjalankan program serta fungsi pada perangkat keras dan perangkat lunak didalamnya. Tentu dengan pernyataan tadi artinya sistem operasi perlu dipasang atau di install didalam komputer tujuan. Sebenarnya sistem operasi ini sama halnya seperti software yang kita download lalu di install seperti biasanya karena ia memiliki ekstensi “.exe” Akan tetapi disini ada perbedaan dalam tata cara menginstallnya.

Untuk menginstall sistem operasi dibutuhkan media perantara untuk menjembatani sebuah proses tersebut. Media ini bisa menggunakan CD atau flashdisk, tetapi saat ini orang-orang sudah lebih banyak menggunakan flashdisk karena lebih efisien dan mudah dalam penggunaannya ketimbang menggunakan CD. Mengenai flashdisk kita tahu bahwa alat ini bisa menyimpan file apa saja termasuk salah satunya file sistem operasi Windows yang dijadikan sebuah installer dengan lebih dari satu sistem operasi.

Bagaimana bisa flashdisk dijadikan installer dengan lebih dari satu sistem operasi? Untuk menjawab pertanyaan ini silakan gulirkan halamannya ke bawah.

Cara Mudah Membuat Installer Multiboot Sistem Operasi Windows Dengan FlashdiskCara Mudah Membuat Installer Multiboot Windows

Sebelum membuat flashdisk menjadi installer multiboot ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan, diantaranya adalah:

  1. Flashdisk dengan ukuran minimal 4GB. (Rekomendasi 8GB atau lebih)
  2. File sistem operasi dengan ekstensi file “.iso”. 
  3. Software untuk membuat multiboot. Silakan klik tombol untuk mendownloadnya DOWNLOAD (2MB)

Setelah semuanya sudah dipersiapkan, kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

  1. Colokan flashdisk kamu ke komputer.
  2. Buka program YUMI yang sudah kamu download. Kemudian klik “I Agree”.Klik I Agree
  3. Selanjutnya langkah pertama pilih flashdisk yang sudah kamu hubungkan ke komputer. Kemudian pilih jenis distribusi file sistem operasinya dan terakhir ambil file sistem operasi berekstensi “.iso” Setelan Membuat Multiboot

Catatan

  • View or Remove Installed Distors: Untuk melihat file distribusi apa saja yang sudah ada pada flashdisk yang kamu gunakan dan kamu juga bisa menghapus salah satunya.
  • Pilih “Fat32 Format E:” dan “We Entire (Disk 1)” untuk menghapus file yang ada didalam flashdisk sebelum dijadikan installer multiboot.
  • Jika kamu ingin membuat multiboot dengan berbagai seri Windows yang berbeda (Windows 10, 8/8.1 atau 7) pilih distribusinya dengan keterangan “-bootmgr”
  1. Klik “Create” dan setelah itu akan muncul peringatan seperti ini sebelum membuat installer multiboot. Klik “Yes” untuk lanjut.Peringatan Sebelum Membuat Multiboot
  2. Tunggu proses pembuatannya hingga selesai.Proses Membuat Installer Multiboot

Setelah proses pembuatan installer multiboot selesai, kamu akan diberikan tawaran apakah kamu ingin menambah file distribusi lagi. Jika iya, maka langkah-langkahnya kamu cukup mengambil file .iso saja dan buat kembali. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

error: Salin konten dilarang