Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Mudah Membatalkan Email yang Terkirim di Layanan Gmail

0

Selain menggunakan aplikasi chatting, email juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Layanan ini juga mirip dengan aplikasi chatting karena bisa mengirim audio, gambar, video atau file dokumen lainnya. Namun, yang membedakannya layanan email dengan aplikasi chatting adalah pesan yang sudah dikirim tidak akan bisa dihapus atau dibatalkan lagi ketika sudah klik tombol kirim.

Tentu saja bagi orang-orang yang akan berkomunikasi melalui layanan ini sebaiknya harus teliti dan cross-check kembali mengenai pesan yang akan dikirim. Karena mungkin rasanya akan aneh saja jika kita mengirim pesan kembali namun hanya untuk mengkoreksi sebuah kesalahan. Akibatnya disini bisa menimbulkan miskomunikasi. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp yang dapat membatalkan pesan apabila salah kirim atau pesan kurang jelas.

Cara Mudah Membatalkan Email yang Terkirim di Layanan GmailCara Membatalkan Pesan Email yang Terkirim

Bagi kalian yang terkadang mengalami masalah seperti diatas nampaknya diartikel ini terdapat pencerahan untuk kamu. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk membatalkan email yang terkirim di layanan Gmail. Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah informasinya.

1. Cara Pertama: Gunakan Fitur “Undo Send”Undo Send di Gmail

Jika kamu tahu Gmail memiliki fitur yakni “Undo Send” dimana ketika kita sudah mengirim pesan maka pesan tersebut masih bisa dibatalkan selama beberapa detik. Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut silakan akses ikon “gear” didekat foto profil. Kemudian buka All Settings (Lihat Semua Setelan) > Settings (Setelan). Lalu pada tab menu General kamu akan menemukan fitur Undo Send.

Kamu sendiri bisa menyetel berapa detik waktu yang diinginkan untuk memiliki kesempatan membatalkan pesan yang sudah dikirim. Waktu yang tersedia antara lain 5, 10, 20 dan 30. Sebaiknya kamu memilih 30 detik saja karena waktu ini cukup untuk meninjau kembali pesan apakah terdapat kesalahan atau tidak.

2. Cara Kedua: Gunakan Fitur “Schedule Send”Pesan Terjadwal di Gmail

Jika 30 detik masih dirasa kurang untuk meninjau kembali pesan email, maka kamu dapat menggunakan fitur yang kedua yakni schedule send. Fitur ini bisa diakses ketika kamu akan membuat pesan email dan letak fiturnya sendiri tepat berada ditombol dropdown menyatu dengan tombol “kirim/sent”.

Fitur ini berfungsi untuk menjadwalkan kapan pesan akan terkirim ke email tujuan. Nah, dengan waktu yang telah dijadwalkan ini kita sebagai pengirim bisa meninjau kembali pesannya sebelum jadwal yang telah ditentukan.

Penutup

Demikian informasi mengenai tips untuk membatalkan email yang terkirim melalui layanan Gmail. Tips ini memang tidak sepenuhnya membatalkan pesan namun setidaknya meminimalisir terjadinya kesalahan pengiriman yang dilakukan. Silakan share informasi ini bagi yang memerlukannya dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More