Cara Mudah Melihat Spesifikasi dan Kecepatan Prosesor di Komputer

Cara Mudah Melihat Spesifikasi dan Kecepatan Prosesor di Komputer

Cara Mudah Melihat Spesifikasi dan Kecepatan Prosesor di Komputer – Prosesor atau sebutan lainnya adalah CPU merupakan salah satu komponen terpenting yang tertanam di komputer. Benda berbentuk kotak ini memiliki fungsi untuk memproses tugas-tugas yang dioperasikan oleh komputer. Prosesor yang kita sangat kenal saat ini berasal dari dua produsen yang saling bersaing, yakni Intel dan AMD. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dalam spesifikasi prosesor yang mereka produksi. Mulai dari spesifikasi prosesor kelas biasa hingga kelas gaming.

Meskipun kita sudah tahu misalkan prosesor ini adalah prosesor kelas gaming, tetapi tidak semua prosesor tersebut memiliki spesifikasi yang sama. Karena prosesor ini sekelas, terkadang kita hanya mengandalkan seri prosesor itu saja tanpa mengetahui spesifikasi dan kecepatannya. Misalnya Intel Core i9-990HK dan AMD Ryzen 5 3600. Daripada kita hanya menebak-nebak saja, alangkah baiknya menggunakan cara ini untuk melihat spesifikasi dan kecepatan prosesor di komputer.

Cara Mudah Melihat Spesifikasi dan Kecepatan Prosesor di KomputerCara Mudah Melihat Spesifikasi dan Kecepatan Prosesor di Komputer

Untuk melihat spesifikasi dan kecepatan prosesor di komputer, kita tidak perlu menggunakan software pihak ketiga untuk melihatnya. Cukup menggunakan tools yang sudah ada pada Windows, maka hal tersebut sudah dapat dilakukan. Berikut cara-caranya.

Untuk Windows 10

  1. Buka “settings” pada komputer kamu. Bisa menggunakan tombol kombinasi WinKey + i atau akses langsung ikon settings yang berlogo “gear”. Kemudian buka menu “System”.Device Spesification
  2. Temukan submenu “about” yang letaknya dipaling bawah. Buka submenu tersebut dan kamu sudah menemukan spesifikasi prosesor yang tertanam di komputer.Device SpesificationTernyata tak hanya itu saja, ia juga bisa melihat nama perangkat, jumlah RAM, tipe sistem dan sebagainya yang tertera.
  3. Untuk melihat kecepatan prosesor, kamu bisa melihatnya di “task manager”, lalu bagaimana caranya? Caranya adalah kamu bisa gunakan tombol kombinasi CTRL + Shift + Esc atau klik kanan pada taskbar kemudian pilih “task manager”.
  4. Buka tab menu “performance” dan informasi kecepatan prosesor pun terlihat.Kecepatan Prosesor

Untuk Windows 7

Bagi kamu pengguna Windows 7, poin nomor tiga dan empat berlaku sama untuk sistem operasi ini. Hanya saja yang membedakannya adalah cara melihat spesifikasi prosesornya, yaitu dengan buka menu Start > Control Panel > System and Security > System. System Windows

Cara Alternatif Melihat Spesifikasi dan Kecepatan Prosesor di Komputer

Masih ada cara dalam melihat spesifikasi dan kecepatan prosesor di komputer. Caranya adalah kamu gunakan aplikasi pihak ketiga, yakni CPU-Z. Dengan kamu menggunakan aplikasi ini, maka informasi yang tersaji pun lebih lengkap dan detail. Untuk download, silakan klik disini.

Begitulah cara dalam melihat spesifikasi dan kecepatan prosesor di komputer. Semoga informasi ini bermanfaat!

error: Salin konten dilarang