Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Menonaktifkan Quick Access atau Membersihkan History File di Windows 10

0

Cara Menonaktifkan Quick Access atau Membersihkan History File di Windows 10 – Untuk mengakses dan mencari berbagai file yang ada di Windows maka kita bisa menggunakan aplikasi “File Explorer”. Aplikasi ini sudah ada dari zaman Windows terdahulu dan tentunya setiap Windows terbaru pasti memunculkan fitur baru juga untuk meningkatkan manajemen file. Pada file explorer di Windows 10 kali ini memiliki fitur yang sudah ditambahkan dari yang sebelumnya tidak ada, yakni fitur “Quick Access”. Apa fungsi dari fitur tersebut? Fungsinya adalah untuk memberikan akses cepat terhadap file atau folder yang baru saja diakses dan dikelola. Sebenarnya jika ditelaah kembali fitur ini layaknya sebuah riwayat bak browser tentang aktivitas yang baru saja dilakukan.

Quick access ini terletak pada menu sebelah kiri dipaling atas dengan ikon bintang biru. Jika dibuka, maka akan muncul recently file dan folder yang telah selesai digunakan. Fitur ini memang dapat memberikan akses cepat namun beberapa orang tidak menyukainya dikarenakan dianggap mengganggu kerapihan tampilan pada file explorer. Selain itu apabila ada file penting dan sifatnya rahasia dikhawatirkan dapat bocor karena akses cepat yang langsung menampilkan nama file.

Cara Menonaktifkan Quick Access atau Membersihkan History File di Windows 10

Cara Menonaktifkan Quick Access atau Membersihkan History File di Windows 10

Bagi kamu yang merasa ingin menonaktifkan atau membersihkan recently file di quick access Windows 10, silakan untuk gulirkan halamannya ke bawah untuk melihat langkah demi langkahnya dan tentu saja cara ini mudah untuk dilakukan. Mari simak informasinya berikut ini.

  1. Buka file explorer di Windows kamu kemudian klik kanan quick access dan pilih options.Quick Access dan Options
  2. Setelah jendela options terbuka kamu akan langsung berada pada menu general. Pada menu tersebut, silakan klik clear pada opsi “clear file explorer history”.Clear History File
  3. History file pun sudah hilang namun suatu saat bisa kembali lagi apabila kamu mengakses suatu file lagi. Apabila kamu ingin menonaktifkan juga, maka caranya adalah dengan hilangkan ceklis pada opsi Show recently used files in Quick access dan Show frequently used folders in Quick access.Hilangkan Ceklis
  4. Selesai.

Kesimpulan

Fitur terbaru pada file explorer di Windows 10 yakni quick access memang memberikan kelebihan yang dapat digunakan untuk akses file secara cepat. Namun, sebagian orang tidak menyukainya dikarenakan dianggap tidak rapih atau dapat membocorkan dokumen-dokumen penting dengan memunculkan nama filenya. Oleh karena itu di quick access masih dapat dilakukan penonaktifan serta pembersihan history file.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More