Makin Aman! Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari Untuk Android dan iPhone

Beri Nilai Informasi

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari – Keamanan memang merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap orang. Karena hal ini ada kaitannya dengan privasi dan hal sensitif seseorang. Apalagi dalam dunia teknologi sekarang ini, hampir semua orang memanfaatkan kemajuan tersebut untuk keperluan pribadinya tersendiri seperti contohnya keperluan komunikasi. Komunikasi sendiri pun walaupun kita hanya sebatas mengetik kalimat atau menelpon disitu terdapat celah keamanan yang perlu diperhatikan.  Kita pasti kenal dengan aplikasi WhatsApp, siapa yang tak kenal dengan aplikasi perpesanan instant populer yang satu ini?

Beberapa bulan yang lalu WhatsApp sempat menghadirkan fitur kunci sidik jari tapi hanya untuk versi beta saja. Setelah fiturnya diuji dan bekerja dengan baik, akhirnya “Fingerprint Lock” rilis secara global untuk seluruh pengguna WhatsApp. Dengan adanya fitur fingerprint lock pengguna dapat mengunci dan membuka aplikasi WhatsApp dengan sentuhan sidik jari. Yang perlu diingat adalah untuk bisa menggunakan fitur tersebut pastikan perangkat yang digunakan sudah support sensor sidik jari juga.

Makin Aman! Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari Untuk Android dan iPhone
Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Fitur ini memang sangat melindungi pengguna WhatsApp, sebab aplikasinya hanya bisa diakses oleh si pengguna itu sendiri dengan sidik jarinya. Lalu bagaimanakah cara mendapatkan dan menggunakan fitur tersebut untuk mengunci WhatsApp? Simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini!

  1. Pastikan smartphone kamu sudah mendukung fitur sensor sidik jari. Tentunya juga jangan lupa untuk update terlebih dahulu WhatsApp ke versi terbaru di Google Play Store atau App Store.
  2. Jika poin nomor satu sudah terpenuhi, silakan untuk buka aplikasi WhatsApp -nya.
  3. Ketuk tiga titik disudut kanan atas kemudian pilih opsi Pengaturan (Settings).Buka Pengaturan WhatsApp
  4. Selanjutnya pilih menu Akun (Account) > Privasi (Privacy).Akun dan Privasi WhatsApp
  5. Setelah berada dalam menu privasi, gulirkan halamannya sampai paling bawah dan temukan opsi FIngerprint Lock (Kunci Sidik Jari). Fingerprint Lock WhatsApp
  6. Nyalakan fiturnya kemudian kamu akan diminta untuk konfirmasi sidik jari yang telah digunakan pada smartphone.Aktifkan Fitur Fingerprint Lock
  7. Pilih kunci otomatisnya apakah kamu ingin segera menguncinya, setelah 1 menit atau 30 menit. Kamu juga bisa menyetel apakah ingin ditunjukan konten dari notifikasi WhatsApp atau tidak.Pilihan Otomatis Kunci WhatsApp
  8. Silakan tes kuncinya dengan cara keluar dari aplikasi WhatsApp dan masuk kembali.Tampilan Kunci Sidik Jari WhatsApp

Kesimpulan

Keamanan merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan apalagi jika menyangkut soal privasi pribadi. Hal ini sampai menyebar ke dunia teknologi dimana keamanan harus juga terjaga. Salah satu contohnya adalah pembaruan WhatsApp yang sudah merilis fitur fingerprint lock. Fitur ini dapat melindungi privasi WhatsApp hanya dengan sentuhan sidik jari dari si pengguna. Alhasil orang lain yang ingin mengakses aplikasi tersebut tidak bisa dilakukan tanpa dari si penggunanya. Namun, untuk dapat memanfaatkan fitur tersebut tentu smartphone yang digunakan haruslah memiliki sensor fingerprint dan telah update WhatsApp ke versi terbaru.

error: Salin konten dilarang