Berikut Cara Menghindari SMS “Chat-V” yang Berbahaya Untuk Data Pribadi

Teknologi yang semakin maju memang memberikan dampak positif untuk manusia. Namun, siapa sangka dibalik positifnya ternyata ada sisi negatifnya yang dapat merugikan manusia itu sendiri. Sebenarnya teknologi tidak salah, namun yang salah adalah para pelakunya. Seperti salah satunya yakni beredarnya kasus penipuan dan tindakan spam dengan menggunakan layanan SMS. Didalam SMS yang dikirimkan oleh penjahat ini, berisi sebuah teks biasa namun terdapat sebuah link. Nah, link ini ternyata berisi perintah untuk menginstall aplikasi yang tidak jelas untuk mencuri data pribadi pengguna.

Modus kirim SMS dengan berisi link ini bernama “Chat-V”. Mengapa dinamakan demikian? Karena tautan atau link yang dikirimkan si pelaku memiliki awalan “Chat-V”. Jika kamu membuka SMS ini sebenarnya tidak masalah, namun jika kita klik tautan tersebut maka secara diam-diam HP kamu akan terinstall oleh aplikasi Android yang berbahaya. Disinilah setelah aplikasi terinstall maka secara diam-diam juga aplikasi akan berjalan dengan sendirinya dibelakang layar untuk mulai mencuri data pribadi.

Bagaimana Cara Mengetahui Ciri-Ciri SMS “Chat-V”?

Ini menjadi salah satu pertanyaan utamanya, karena SMS Chat-V ini sekilas tak mencurigakan karena sifatnya seperti chat orang yang sudah akrab. Lalu bagaimanakah kita mengetahui adanya SMS Chat-V ini?

SMS Chat-V dikirimkan menggunakan nomor telepon pada umumnya dan provider nomornya pun bisa kita kenali dengan mudah. Seperti contohnya nomor “0896” yakni Tri, “0813” Telkomsel dan lain sebagainya. Namun, jika ada nomor yang tidak terdaftar dikontak kamu dan masuk ke SMS disinilah kamu sudah harus curiga.Contoh SMS Chat-V

Kemudian perhatikan isi pesan SMS tersebut. Jika isi pesan seperti sapaan atau obrolan seperti orang akrab maka kamu perlu mencurigainya. Terutama mengapa SMS ini terlihat akrab namun nomornya tidak ada didaftar kontak HP. Dan yang paling penting adalah perhatikan linknya, jika ada kalimat “Chat-V” pada linknya, maka sudah dipastikan itu adalah SMS “Chat-V”.

Namun, walaupun kita blokir nomor telepon tersebut para pelakunya masih bisa mengirimkan SMS Chat-V dengan nomor telepon lainnya. Ciri-cirinya pun masih sama seperti sebelumnya yang dijelaskan. Oleh karena itulah kamu harus waspada mengenai SMS Chat-V dengan mengenali ciri-cirinya.

Cara Menghindari Spam SMS “Chat-V” yang Berbahaya Untuk Data PribadiCara Mengetahui dan Menghindari SMS Chat-V

Baru saja kamu telah mengetahui tentang ciri-ciri dari SMS Chat-V. Lalu bagaiamana cara menghindari SMS Chat-V agar kamu tidak menjadi korban tindakan pencurian data? Berikut ini tips-tipsnya.

  1. Jika menemukan pesan SMS dari nomor tidak dikenal, maka disini kamu sudah perlu curiga.
  2. Curigalah dengan isi pesan yang bersifat akrab namun dari nomor yang tidak dikenal.
  3. Jangan percaya dengan isi pesan yang sifatnya seperti ajakan.
  4. Apabila di SMS tersebut berisi link dengan awalan “Chat-V”, maka jangan diklik dan langsung saja hapus. Karena disitu sudah mengindikasikan bahwa itu adalah SMS “Chat-V” yang berbahaya.

Lalu bagaimana bagi yang sudah terlanjut klik link tersebut? Nah, disinilah permasalahannya terkadang bagi orang awam yang tidak begitu paham mengenai modus-modus kejahatan seperti ini telah menjadi korbannya. Ada dua langkah yang bisa kamu gunakan apabila link tersebut sudah terlanjur dieksekusi.

Cara Mengatasi SMS “Chat-V” (Bagi yang Terlanjur Klik Link)

Langkah pertama adalah kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus. Berdasarkan informasi dari SAFEnet salah satu perusahaan keamanan informasi milik AS mengatakan antivirus yang bisa digunakan adalah Malwarebytes. Ketika sudah mendapatkan aplikasi tersebut, langsung saja pindai HP-nya. Ketika ada program semacam aplikasi yang dianggap berbahaya oleh Malwarebytes, maka antivirus akan memberitahu kamu untuk segera menghapusnya.Antivirus Malwarebytes

Jika aplikasi berbahaya yang terinstall ternyata terlalu bandel untuk dihapus, maka langkah keduanya adalah lakukan reset data pabrik (factory reset). Dengan melakukan reset data pabrik yang mengharuskan hapus seluruh data dan aplikasi, maka HP akan kembali kepada kondisi awalnya.Reset Data Pabrik HP

 

Bagaimana jika masih tidak bisa juga? Maka langkah terakhir kamu bisa meminta bantuan service center atau membeli ponsel baru. Biasanya jika meminta bantuan service center disana memiliki beragam tindakan yang lebih serius dibandingkan yang kita lakukan ketika mendapati masalah HP.

Penutup

Zaman sekarang tindakan kejahatan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya melalui layanan SMS. Meskipun sebatas pesan singkat namun efek yang diberikan bisa menimbulkan kerugian baik dari segi materi atau non-materi. Oleh karena itulah kita sebagai pengguna selain pandai mengoperasikan HP, kita juga harus pandai dalam menjaga kemanan HP. Karena seperti yang kita tahu saat ini sebagian besar data pribadi terdapat pada sebuah HP saja. Tentu sensitif sekali bukan? Oleh karena itu tetaplah waspada untuk diri kita.