Cara Mudah Menggunakan VPN di Perangkat PC, Android dan iOS

Ilustrasi Cara Kerja VPN
Ilustrasi Cara Kerja VPN

Sebagai orang yang sering berselancar di internet tentu kita kenal dengan yang namanya VPN. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang merupakan sebuah metode koneksi yang membuat jaringan internet yang digunakan dapat lebih aman karena terenkripsi. Metode ini tak hanya digunakan oleh pribadi saja, melainkan perusahaan besar pun juga menggunakannya demi menjaga data dan rahasia perusahaan.

Apa alasannya menggunakan metode VPN? Alasannya adalah agar sambungan internet lebih aman dengan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Dengan seperti ini maka peretas, virus dan malware lebih sulit mengetahui sambungan internet yang tengah digunakan oleh pengguna.

Apa Fungsi dari VPN?

Fungsi dari VPN
Ilustrasi Fungsi VPN

Diawal kita sudah mengetahui apa alasan menggunakan VPN beserta pengertiannya. Nah, sekarang kita akan mengetahui apa sebenarnya fungsi dari sebuah VPN. Oleh karena itu mari ketahui lebih lanjut dengan simak infonya dibawah ini.

Pertukaran Data Disembunyikan

Khususnya ketika kamu menggunakan jaringan WiFi, penggunaan VPN tentu disarankan. Hal ini karena jaringan WiFi publik bisa digunakan oleh siapa saja dan untuk keperluan apa saja. Oleh karena itu dengan menggunakan VPN maka pertukaran data yang terjadi di WiFi publik bisa lebih aman karena disembunyikan.

Menyembunyikan Lokasi

Tahukah kamu bahwa lokasi dimana kita berada bisa diketahui karena jaringan WiFi atau jaringan data pribadi. Sehingga jika ada seseorang yang berniat jahil lewat internet, hal tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan jaringan tersebut. Nah, dengan kita menggunakan VPN maka kita bisa memilih alamat IP dari negara lain. Alhasil tidak ada yang mengetahui lokasi kita sebenarnya.

Menyembunyikan alamat IP

Dengan kita menggunakan metode koneksi VPN, maka kita tidak bisa dilacak oleh publik karena VPN tidak bergantung pada satu alamat IP saja, melainkan bisa diacak-acak sesuai dengan pilihan optimal dari penyedianya. Dengan begitu privasi dalam berinternet lebih aman.

Dapat Mengakses Situs yang Diblokir

Tidak semua situs bisa masuk serta diterima oleh negara dan akhirnya beberapa harus diblokir karena alasan tertentu. Nah, dengan kita menggunakan VPN maka kita bisa mengakses sebuah situs yang diblokir. Hal ini berkat VPN yang bisa mengubah alamat IP kita ke negara lain sehingga akses dapat terbuka.

Jenis Layanan VPN

Perlu kita ketahui bahwa layanan VPN terbagi menjadi dua jenis, yaitu VPN gratis dan berbayar. Keduanya tentu memiliki perbedaan sehingga kamu wajib mengetahui bagian yang satu ini.

VPN Gratis

VPN dengan jenis yang gratisan artinya bebas digunakan oleh siapa saja tanpa dikenakan biaya sepeser pun. Biasanya VPN jenis ini dapat kita temukan dengan mudah melalui smartphone karena tersedia juga melalui toko aplikasi seperti Google Play Store atau App Store.

Beberapa aplikasi VPN yang tersedia di toko aplikasi tersebut antara lain Turbo VPN, TunnelBear, Thunder VPN dan Hola Free VPN. Namun, kekurangannya dalam menggunakan VPN gratisan adalah terdapat iklan, penggunaan data dibatasi dan koneksi internet yang terkadang lambat.

VPN Berbayar

Bagi kamu yang bergelut di bisnis maka penggunaan VPN berbayar adalah langkah yang tepat dilakukan karena layanan yang diberikan tentu lebih berkualitas daripada yang gratisan.

Contohnya adalah tidak ada iklan, penggunaan data tak terbatas dan koneksi internet yang stabil. Untuk harganya sendiri beragam karena tergantung dari penyedia layanannya juga yang memberikan seberapa bagusnya kualitas yang dimiliki untuk pengguna.

Beberapa VPN berbayar antara lain seperti CyberGhost VPN, Express VPN, Hotspot Shield VPN dan Nord VPN. Tak jarang juga VPN versi gratis memiliki opsi bisa di upgrade menjadi premium.

Cara Menggunakan VPN

TunnelBear VPN
TunnelBear VPN

Cara menggunakan VPN tentu mudah dilakukan karena langkah-langkahnya sederhana saja, yaitu download, install, buka aplikasinya dan ikuti cara pemakaiannya. Biasanya tutorial menghidupkannya sudah dipilih optimal oleh layanannya. Namun, beruntung karena judul ini cara menggunakan VPN di PC, Android dan iOS maka semuanya bisa dibaca disini.

*Note: Tutorial berikut ini menggunakan aplikasi VPN dari TunnelBear

Cara Menggunakan VPN di PC

Tutorial cara untuk PC ini bisa dilakukan untuk Windows dan Mac. Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkannya.

  1. Kunjungi situs TunnelBear untuk download VPN di tunnelbear.com/download-devices.
  2. Pilih salah satu perangkat PC kamu apakah pengguna Windows atau Mac.
  3. Download aplikasinya hingga selesai.
  4. Buka hasil download -nya dan lakukan instalasi.
  5. Buka aplikasinya kemudian silakan mendaftar terlebih dahulu.
  6. Nyalakan tombol ON/OFF menjadi ON.
  7. Secara otomatis, TunnelBear langsung terhubung.

Cara Menggunakan VPN di Android dan iOS

  1. Silakan download aplikasi TunnelBear di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS
  2. Buka aplikasinya kemudian silakan mendaftar terlebih dahulu. Jika sudah punya akun, kamu bisa langsung login saja.
  3. Ketika sudah masuk aplikasi, didalamnya tersedia peta dunia, negara dan tombol ON/OFF. Silakan tentukan negara mana ingin kamu gunakan sebagai koneksi VPN.
  4. Setelah memilih negara, maka secara otomatis TunnelBear langsung aktif dan terhubung.

Demikian informasi mengenai cara mudah menggunakan VPN di PC, Android maupun iOS. Silakan bagikan informasi ini kepada teman-teman kamu apabila sedang membutuhkannya. Semoga bermanfaat!

error: Salin konten dilarang