Trik: Berikut Cara Mengecek Windows Asli atau Bajakan dengan Mudah

5/5 - (1 vote)

Cara Mengecek Windows Asli atau Bajakan – Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Apakah kamu juga salah satunya? Bagaimana tidak sebab sistem operasi ini memiliki banyak sekali kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pekerjaan atau sekedar hiburan saja. Lalu, kemampuan yang disediakannya dapat dioperasikan oleh penggunanya dengan mudah. Hal ini karena Windows memiliki tampilan yang berbasis GUI (Graphics User Interface) sehingga memberikan tampilan yang user friendly.

Karena memiliki keunggulan tersebut, tak jarang banyak oknum nakal yang melakukan tindak kejahatan dengan cara membajak sistem operasi tersebut demi meraup keuntungan pribadi. Cara melakukan pembajakan tersebut yakni dengan memasukan sebuah program “crack” yang terdapat script-script yang mampu memanipulasi lisensi ke server Microsoft. Alhasil, script yang berhasil memanipulasi tersebut berubah menjadi lisensi yang seakan-akan seperti lisensi asli dari Microsoft.

Berikut Cara Mengecek Windows Asli atau Bajakan dengan MudahCara Mengecek Windows Asli atau Bajakan

Padahal jika kita mengetahui hal ini tentu akan berdampak pada keamanan Windows. Kemudian, apabila Windows yang kamu gunakan ternyata berlisensi palsu maka kamu tidak akan mendapatkan layanan Microsoft, resiko tersisip virus, tidak mendapatkan dukungan teknisi dan tidak ada pembaruan OS maupun patch keamanan. Nah, bagi kamu yang akan membeli PC atau sedang ingin install sebaiknya membaca informasi berikut terlebih dahulu agar dapat mengecek Windows apakah asli atau bajakan.

1. Cek Aktivasi Windows

Cara paling jitu yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian Windows adalah dengan menggunakan CMD. Karena CMD melakukan fungsi berdasarkan perintah program untuk komputer. Nah, sekarang yang perlu kamu lakukan adalah silakan buka CMD/Command Prompt seperti biasa tanpa harus “as administrator”. Apabila sudah terbuka, masukan perintah berikut tanpa tanda kutip: “slmgr /xpr” lalu tekan “Enter” untuk menjalankan perintah tersebut.Masukan Perintah Melihat Lisensi Windows

Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela dari Windows Script Host dengan keterangannya “The Machine is Permanently Actived”. Berikut ini adalah hasilnya untuk lebih jelas.Dialog Windows Aktif

Itu adalah langkah dasar untuk mengecek keaslian Windows kamu. Sebenarnya. masih ada langkah lebih lanjut lagi untuk mengecek keaslian Windows secara detail dibandingkan yang sebelumnya. Langkahnya pun tetap sama dan mudah untuk dilakukan. Namun, bedanya adalah hanya perubahan pada perintah saja. Berikut ini adalah perintah yang bisa kamu gunakan untuk cek keaslian Windows lebih detail lagi.

  • slmgr /ato (Untuk mengetahui aktivasi Windows beserta key)
  • slmgr /dli (Untuk mengetahui aktivasi Windows beserta partial product key)
  • slmgr /dlv (Untuk mengetahui aktivasi Windows secara lengkap dan detail)

2. Cek Product Key Windows

Setelah kamu mengecek aktivasi Windows, maka selanjutnya kamu bisa juga mengecek product key atau nomor serial dari Windows yang kamu gunakan. Untuk tutorialnnya adalah diawali dengan membuka Command Prompt atau CMD namun dijalankan dengan “as administrator”.

Lalu ketika CMD sudah dibuka, maka langkah selanjutnya adalah masukan perintah berikut ini tanpa menggunakan tanda kutip “wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey”. Setelah memasukannya, silakan tekan “Enter” untuk dijalankan perintah tersebut. Hasilnya adalah seperti pada gambar berikut yang terdapat product key dari Windows yang dimiliki.Product Key Windows

Product key tersebut bisa kamu catat agar sewaktu-waktu bisa digunakan kembali ketika ingin menginstall sistem operasi Windows.

Kesimpulan

Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi yang paling populer. Hal ini karena ulasan dari para pengguna yang mengatakan bahwa Windows memiliki tampilan yang friendly kemudian kemampuan teknologi yang bisa diandalkan. Namun, tak jarang Windows versi bajakan juga menyebar karena dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Windows versi bajakan memiliki dampak negatif yang dapat mengakibatkan terganggunya proses dan fungsi pada sistem operasi. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut maka kita bisa menggunakan mengecek keaslian Windows dengan menggunakan tools Command Prompt yang nantinya menggunakan perintah untuk menjalankannya.

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.